Sunday, 2 June 2013

Catatan dari pameran tugas akhir perdana DKV

Adalah lima orang mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Seni dan Desain (FSD) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang kembali membuat terobosan baru untuk dunia DKV di Indonesia Timur dengan menggelar pameran tugas akhir.
Kelima pameris ini mengangkat tema Makassar di Mata Kami dengan menyuguhkan karya tentang Makassar dengan genre yang berbeda. Sebut saja Kardi mahasiswa angkatan 2008 ini melihat Makassar dari sudut pandang fotografi. Ilmu melukis dengan cahaya yang dihadirkan pun bukan fotografi konvensional. Dia menggabungkan teknik fotografi dan digital imaging untuk menghadirkan fotografi panoshpere. Sedangkan Dian dan Tira mahasiswi angkatan 2009 berkolaborasi dengan Vivid mahasiswi angkatan 2008 dalam mengerjakan video dokumenter tentang Sokola Pesisir. Sokola Pesisir  merupakan rintisan dari seorang Butet Manurung yang berada di kawasan rumah susun Mariso. Lain halnya Erni, mahasiswa angkatan 2008 ini mencoba menyuguhkan sebuah majalah kecantikan dengan produk yang diproduksi di Makassar. Terakhir adalah Ratih, mahasiswa 2009 yang mencoba membuat sebuah biografi seniman Sulawesi Selatan, Zainal Beta. Zainal Beta seperti yang penulis kenal adalah pelukis tanah liat yang bermarkaskan di Benteng Fort Rotterdam dan telah menggeluti tanah liat selama 30 tahun dalam menghasilkan sebuah lukisan. Biografi seorang seniman, sebuah catatan perjalanan hidup, adalah apresiasi terhadap sumbangsih kehidupan seorang Zainal Beta. Keempat karya ini didisplay sedemikian rupa di Woodsy Gab, lokasi yang pas untuk melakukan pelbagai kegiatan dengan lokasi strategis dan nyaman.
Tugas akhir dari mahasiswa DKV yang notabene baru terdiri dari empat angkatan ini adalah merupakan TA kedua yang dikerjakan sebagai prasyarat untuk menyelesaikan studi dan TA pertama yang mencoba berpameran dengan display yang tidak main-main. Dengan hadirnya keempat karya ini maka adalah sebuah tantangan untuk mahasiswa DKV-DKV berikutnya dengan menyuguhkan karya yang berbeda, termasuk penulis.
Tugas akhir adalah masterpiece kita selama menempuh bangku perkuliahan, kebanggaan seumur hidup sebab tidak akan terulang. Olehnya itu, sajikanlah yang terbaik. Akhirnya, selamat untuk kelima pameris!


Dosen DKV FSD UNM (Dok.Pribadi)

Sambutan perwakilan Kaprodi DKV FSD UNM bersama pameris
(Dok. Pribadi)

Zainal Beta pada prosesi pembukaan biografi
(Dok. Pribadi)

Biografi Zainal Beta (Dok.Pribadi)

Venue pameran (Dok. Pribadi)

Venue pameran (Dok. Pribadi)

Pelita, 3 Juni 2013.

0 Comments:

Post a Comment