5 Cara Mudah Jualan Online untuk Pemula

cara jualan online untuk pemula

Memulai bisnis tentu tidak mudah, apalagi bagi mereka yang sebelumnya tidak punya pengalaman berjualan. Faktanya, kecanggihan teknologi dan perkembangan internet membuat semua orang sebenarnya bisa berjualan.

Caranya? Jualan online.

Satu lagi kali saya mendengarkan podcast di mana podcast tersebut menekankan sebuah kalimat bahwa tidak ada barang yang tidak biasa jual. Yang ada hanyalah, kita tidak tahu cara memasarkannya.

Omong-omong tentang hal ini, saya gatal untuk membagikan beberapa cara mudah jualan online untuk pemula: something that I am passionate about.

Pahami Apa yang Akan Dijual

cara mudah jualan online untuk pemula

Hampir di seluruh Indonesia bahkan di pelosok desa sebenarnya mempunyai banyak hal yang bisa dijual. Beberapa barang yang bisa dijual online yakni antara lain kerajinan tangan mulai dari patung-patung hingga tenun, makanan khas setempat, kue kering yang bisa dijadikan camilan, hingga wisata alam.

Yang perlu kamu lakukan adalah memahami dengan baik barang dagangan apa yang dijual.

Rancang Logo dan Desain Kemasan

cara mudah jualan online untuk pemula

Ada banyak pameran yang saya datangi di Jakarta, mulai dari pameran yang bersifat konvensional hingga pameran popup.

Benang merah yang bisa saya tarik dari barang-barang yang menyita perhatian banyak orang adalah barang dengan kemasan yang menarik. Saya mengingat seorang dosen saya di kampus, “Jualan itu yang penting presentasinya.”

Iya, soalnya ada banyak barang dagangan yang sejenis dan yang membuat kita berbeda adalah kemasan. Mulailah dari merancang logo dan mengolaborasikannya ke desain kemasan sehingga tercipta sebuah produk yang kalau para pengunjung pameran bilang, “Ih.. Lucu banget!”

Bangun Media Sosial

cara mudah jualan online untuk pemula

Selain menerapkan logo ke desain kemasan, kamu juga perlu menerapkan logo dan perintilan-perintilan desain tersebut ke media sosial.

Media sosial menjadi syarat wajib dari sebuah toko yang akan berjualan dengan cara online, apalagi jualan online untuk pemula. Media sosial tersebut antara lain Facebook, Twitter, dan Instagram.

Ketiga saluran ini pun mempunyai cara penggunaan yang berbeda.

Sebagai contoh, Instagram lebih kuat pada foto-foto yang ditampilkan, sedangkan Twitter bisa menjadi cara untuk menjelaskan produk kamu ke orang-orang.

Oiya, saya tidak menyarankan kamu untuk beli followers karena apa gunanya banyak followers kalau pembelian tidak ada. Iya kan?

Bangun media sosialmu sendiri, isi dengan foto-foto produk dan konten-konten yang berkaitan dengan daganganmu. Gunakan hastag agar orang bisa dengan mudah menemukanmu.

Foto dan Video

cara mudah jualan online untuk pemula

Di banyak riset menyebutkan kalau orang-orang di internet, kita menyebutnya netizen, itu adalah makhluk yang visual. Netizen lebih menyukai foto-foto yang indah serta video-video yang menarik.

Maka dari itu, kamu wajib menginvestasikan waktumu untuk membuat foto dan video yang bagus terkait barang daganganmu. Cara ini akan membuat netizen percaya dengan toko online, mengikuti semua media sosialmu, dan melakukan pembelian.

Dari satu orang follower akan memberitahukan ke temannya yang lain sehingga di akhir akan ada banyak orang yang mengikuti media sosialmu, dan membeli barang-barang yang kamu tawarkan.

Butuh kesabaran dan waktu memang karena tidak ada yang benar-benar instan.

Belajarlah Copywriting

cara mudah jualan online untuk pemula

Jika diumpakan, Copywriting sebenarnya sama dengan penjual obat yang biasa kita temui di pasar-pasar tradisional hanya saja mereka melakukannya dengan verbal. Kamu juga barangkali tidak asing dengan tulisan-tulisan di pantat truk.

Nah, itulah Copywriting!

cara mudah jualan online untuk pemula

 

Copywriting secara sederhana diartikan sebagai sebuah teknik menulis untuk memengaruhi pembaca agar mau melakukan apa yang kita perintahkan, misalnya membeli produk.

Untuk menjual barang secara online, kamu memerlukan Copywriting.

Buatlah judul yang menarik, jelaskan kelebihan produk yang dijual, berikan penawaran menarik, serta rancang sebuah urgensi kenapa calon konsumen kamu perlu membeli barang yang dijual. Copywriting akan sangat berguna untuk media sosial kamu, baik untuk di foto, video, serta caption.

cara mudah jualan online untuk pemula

Banyak toko online di Instagram yang menjual produk tapi tidak menjelaskan hal-hal tersebut sehingga calon pembeli akan sangat mudah meninggalkan akunmu.

Intinya, buatlah Copywriting semudah mungkin untuk dicerna dan jangan berbohong.

Nah, itu tadi beberapa cara mudah jualan online untuk pemula yang bisa kamu lakukan. Penuhi hal-hal tersebut sebelum melangkah ke cara menjual berikutnya. Atau jika kamu telah sukses meraup banyak keuntungan jual online tanpa menerapkan cara-cara di atas, bolehlah kamu berbagi di kolom komentar 😉

***

Author: Ardan

Hi! Ardan seorang Lifestyle Blogger di Jakarta. Untuk kolaborasi atau sekadar bertanya, Ardan dengan sangat senang dihubungi di email jumardanmuhammad(at)gmail.com 😎

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *