Circular Economy dan #BijakBerplastik, Langkah Danone-AQUA Kurangi Plastik

pengertian-circular-economy
Meningkatnya pertumbuhan penduduk di banyak negara termasuk di Indonesia dengan beragam pola hidup masyarakat memicu tingginya timbunan sampah. Data dari Sustainable Waste Indonesia (SWI) mencatat bahwa ada sekitar 65 juta ton sampah yang diproduksi di Indonesia setiap hari.

Ada 24% sampah di Indonesia yang belum dikelola dengan baik sehingga ada sekitar 15 ton juta sampah yang mengotori ekosistem dan lingkungan kita. Sementara itu, hanya 69% yang berakhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan 7% sisanya didaur ulang.
Masih dari laporan SWI, jenis sampah yang paling banyak dihasilkan yakni sampah organik 60%, plastik 14%, kertas 9%, metal 4,3%, kayu dan bahan lainnya 2,7%. Khusus untuk sampah plastik, setidaknya ada 1,3 juta sampah plastik per tahun yang tidak dikelola dengan baik.
circular-economy-adalah
Lantas, apa yang dapat kita lakukan untuk mengatasi permasalahan sampah plastik ini? Dalam ilmu ekonomi dikenal konsep ekonomi Circular Economy dan Linear Economy. Di Indonesia, istilah Linear Economy atau ekonomi linear telah digunakan selama bertahun-tahun oleh banyak industri.

Untuk membuat sebuah produk perusahaan akan memesan bahan-bahan mentah serta material pendukung untuk diolah. Setelah itu, produk yang telah jadi akan dikemas dan dikirim ke konsumen. Ketika tidak lagi digunakan, maka produk tersebut akan dibuang sehingga hanya berakhir sebagai sampah.

Sebaliknya, Circular Economy tidak membuang produk yang telah digunakan, tapi mendaur ulangnya untuk digunakan kembali. Jika dibandingkan, Circular Economy jauh lebih ramah lingkungan dan tidak menimbulkan masalah apapun.

Konsep Dasar Circular Economy

konsep-circular-economy
Bagi kamu yang belum tahu, Circular Economy atau ekonomi sirkular adalah sebuah sistem ekonomi yang membangun dengan memanfaatkan kembali apa yang telah digunakan di awal. Hasilnya, tidak ada bagian yang terputus dalam manajemen rantai pasokan.
Adapun tujuan dari ekonomi sirkular yakni mempertahankan nilai sebuah produk agar bisa digunakan berulang-ulang tanpa menghasilkan sampah. Pasalnya, permasalahan sampah memang sangat kompleks.

Hal ini akan sulit jika hanya diselesaikan dengan satu solusi. Konsep ekonomi sirkular pun bisa menjadi salah satu alternatif pendekatan yang baik dalam mengatasi permasalahan sampah plastik yang ada.

Setidaknya ada tiga bagian penting yang terlibat pada ekonomi sirkular, yakni produsen sebagai penghasil produk, konsumen yang menggunakan produk-produk, serta pengelola sampah dalam hal ini individu, pemerintah, dan industri.
Di dalam ekonomi sirkular ketiganya wajib untuk berkolaborasi antara satu dengan yang lainnya sehingga proses konsumsi produk yang terjadi tidak menghasilkan sampah yang terbuang begitu saja di lingkungan. Selain itu, proses bisnis dapat bersifat jangka panjang bahkan membuka banyak lapangan kerja.

Circular Economy Danone-AQUA

langkah-circular-economy
Di Indonesia, salah satu perusahaan terkemuka yang menerapkan konsep ekonomi sirkular dalam proses bisnisnya adalah Danone-AQUA. Sebagai pelopor air minum dalam kemasan (AMDK) pertama di Indonesa, Danone-AQUA telah berdiri sejak 1973 dengan mengerjakan bisnis yang lebih ramah lingkungan.
Setidaknya ada 3 proses penting yang dilakukan oleh Danone-AQUA dalam menjalankan konsep ekonomi sirkular. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya:

1. Komitmen #BijakBerplastik

Pada pertengahan 2018 lalu, bertepatan dengan perayaan Hari Lingkungan Hidup, Danone-AQUA meluncurkan sebuah gerakan bernama #BijakBerplastik. Langkah ini digagas atas dasar komitmen untuk mengatasi masalah sampah plastik yang ada di Indonesia.

Gerakan #BijakBerplastik sendiri mengusung tiga pilar untuk mengatasi permasalahan sampah plastik di Indonesia, yakni pengembangan infrastruktur pengumpulan sampah, edukasi konsumen, serta inovasi produk.

Pasalnya, kemasan plastik telah menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat saat ini. Plastik-plastik yang digunakan dan dihasilkan setiap harinya akan membawa dampak negatif jika setiap orang tidak memperlakukan plastik tersebut dengan benar.

2. Botol Plastik 100% Daur Ulang Pertama di Indonesia

Salah satu pilar penting #BijakBerplastik yaitu inovasi produk. Jika selama ini air mineral Aqua tersedia dalam botol plastik 50% daur ulang dan galon 70% daur ulang, maka baru-baru ini Danone-AQUA menelurkan botol plastik 100% daur ulang pertama yang ada di Indonesia.

Botol ini dihasilkan dari botol plastik bekas AQUA yang telah dipilah, dibersihkan, dan dicacah untuk kemudian diproses dengan memanfaatkan teknologi tinggi menjadi material pellet atau recycle PET. Olahan inilah yang menjadi bahan baku botol plastik 100% daur ulang.

Hadirnya botol ini pun sebagai upaya pengejawantahan konsep 3R, termasuk gaya hidup minim sampah atau Zero Waste. Botol plastik yang digunakan tidak terbuang percuma di lingkungan karena setiap botol tersebut bisa diubah menjadi sumber daya berharga untuk digunakan kembali.

Sejak 2010, Danone-AQUA memang telah membangun infrastruktur pengumpulan sampah dan bekerja sama dengan pengumpul serta bank-bank sampah yang ada. Setiap tahunnya Danone-AQUA mengumpulkan 12.000 ton sampah plastik untuk didaur ulang menjadi botol melalui enam pusat pengumpul sampah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pada bank sampah inilah botol plastik 100% daur ulang dihasilkan. Selain sebagai upaya konkret dari ekonomi sirkular, botol plastik 100% daur ulang ini akan membantu pemerintah dalam upaya mengurangi sampah plastik di lautan sebesar 70% pada 2025.

3. Smart Drop Box Danone-AQUA
Untuk mendukung gerakan #BijakBerplastik dibutuhkan kolaborasi lintas sektoral sehingga akan menghasilkan solusi berupa penyelesaian sampah di Indonesia. Dalam mewujudkan langkah ini, Danone-AQUA pun berkolaborasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLKH), Alfamart, Telkomsel, serta Smash.

Adapun bentuk kolaborasi yang dihasilkan yakni Smart Drop Box yang diluncurkan sejak Mei 2018 lalu. Smart Drop Box sendiri merupakan tempat sampah pintar yang dilengkapi oleh sistem pemindai (barcode) botol plastik.

Tempat sampah pintar ini dihubungkan dengan aplikasi untuk mencatat sampah botol yang dikumpulkan bernama mySmash. Melalui aplikasi ini pula, kamu akan mendapatkan imbalan dalam bentuk poin T-Cash yang dapat digunakan untuk berbelanja di berbagai retail dan gerai di seluruh Indonesia.

Hadirnya Smart Drop Box ini akan melibatkan peran aktif konsumen mulai dari proses awal daur ulang dan mengedukasi konsep ekonomi sirkular sehingga botol plastik yang selesai digunakan tidak lagi terbuang ke lingkungan.

Pasalnya, botol plastik yang terkumpul di Smart Drop Box akan diolah kembali menjadi botol plastik baru. Selain membantu mengurangi sampah, Smart Drop Box pun mampu mendukung aktivitas perekonomian di masyarakat. Smart Drop Box ini sendiri telah tersebar di sekitaran Jakarta dan Bekasi.

Sementara untuk mengedukasi masyarakat terkait pengelolaan sampah plastik, Danone-AQUA juga telah menempatkan Drop Box ini di beberapa titik di CocoMart Bali, seperti di daerah Ubud, Gianyar, serta Jimbaran.

cara-kerja-circular-economy

Lantas, apa yang bisa kita lakukan untuk mendukung gerakan #BijakBerplastik? Beberapa langkah kecil yang sebaiknya kita mulai dari diri sendiri yakni dengan membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya, memilah sampah sesuai jenisnya, serta memberikan sampah ke bank sampah terdekat.

Langkah ini akan membuat sampah plastik jadi lebih bernilai dan bermanfaat bagi orang lain untuk didaur ulang kembali sehingga kita pun dapat terlibat dalam membantu mewujudkan konsep ekonomi sirkular.

Nah, itu tadi beberapa informasi mengenai ekonomi sirkular dan beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam mendukung gerakan #BijakBerplastik untuk Indonesia yang lebih bersih serta bumi yang lebih baik ๐Ÿ˜Š

Yuk, ajak yang lain untuk terlibat!

Rupa-Rupa Rumah Impian di Indonesia Properti Expo

Indonesia Properti Expo

Sebagai seorang milenial dan perantau di Jakarta, saya selalu dibayang-bayangi dengan istilah tempat tinggal atau rumah.

Rumah bisa di mana saja, tapi kemampuan untuk membeli rumah ini yang tidak membiarkan kita untuk memilih di mana saja.

Pertengahan tahun lalu saya baru saja menikah. Ade dan saya menikah di Makassar, tapi kami harus kembali ke Jakarta sesudah akad dan resepsi.
Iya, kami berdua menjadikan Jakarta sebagai tempat berlabuh dan meninggali sebuah kamar kos sebagai tempat beradu. Ashiapp!
Setelah merasakan nikmatnya berbulan madu di Jakarta dan Bali, menyongsong tahun baru kami menyatukan tekad, memadukan harapan agar #2019PunyaProperti.
Logikanya begini, jika kami menghabiskan 2 juta rupiah setiap bulannya selama 12 bulan untuk ngekos, bukankah total jumlahnya ini hanya akan memperkaya si empunya kos yang tiap tanggal 10 selalu berkirim pesan Whatsapp, “Jangan lupa ditransfer, ya mbak.”
Toh, ngekos juga tidak akan membantu kami kaya raya. Jadi, ya sudah, kami memilih untuk punya properti berupa rumah di tahun ini. Maka dari itu, kami menyusun daftar tentang hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli rumah.

Nah, berikut beberapa di antaranya:

Lokasi yang Tepat

Jarak antara tempat tinggal kami dan kantor merupakan hal utama untuk dipertimbangkan. Selain menghemat ongkos, kedekatan jarak tempat tinggal dengan kantor akan menghemat waktu.

Hasilnya, kami akan punya banyak waktu untuk ehm..

Eh, kamu tahu sendiri kan macetnya Jakarta kian tak terduga?
Oiya, saya mengingat seorang kawan yang memilih tempat tinggal berdasarkan argo ojek daring. “Pokoknya maksimal sepuluh ribu aja.”
Fasilitas-fasilitas umum lainnya seperti akses transportasi umum (halte atau stasiun), rumah sakit atau klinik kesehatan, kantor pemerintahan, sekolah, serta pasar juga patut diperhatikan.

Semua itu kalau bisa, harus dekat dari rumah untuk menghindari kerepotan suatu saat nanti.

Fasilitas yang Ditawarkan

Bukan hanya lokasi, pilihan fasilitas perlu kami perhatikan. Pasalnya, setiap developer menawarkan fasilitas yang berbeda-beda.
Sebagai contoh, developer ABC menawarkan rumah dengan kolam renang umum dan tempat gym, sedangkan developer XYZ memberikan supermarket, ATM Center, dan jogging track.
Nah, kalau ada yang menawarkan semuanya, kenapa tidak? Iya gak?

Intinya, jangan lelah riset ๐Ÿค”

Perbandingan Harga

Kalau sudah ada yang klop dua hal sebelumnya, maka kami baru bisa bicara harga.

Membandingkan harga rumah yang satu dengan rumah yang lainnya juga sangat penting. Ya iyalah, kita bayarnya pakai uang ๐Ÿ’ธ

Trus, kami tidak mau jika suatu saat nanti ada teman yang juga milenial bilang, “Eh, rumahku lebih murah dan punya beragam fasilitas dong.”
Oiya, satu lagi! Biaya-biaya lainnya yang harus dibayarkan.

Misalnya nih, iuran bulanan, uang keamanan, serta tambahan biaya administrasi saat pembayaran. Maka dari itu, jangan malu bertanya adalah kunci.

Rumah yang Instagramable

Hm.. kalau yang ini sudah tidak perlu dijabarkan lagi. Sebagai milenial, impian rumah kami adalah yang jika di foto setiap sudutnya, akan tampak artsy di beranda Instagram dan bikin betah untuk tinggal.

Salah satu gaya yang kami idam-idamkan adalah rumah berdesain dan berdekorasi minimalis. Gaya yang satu ini memang tengah digandrungi oleh banyak orang.

Beberapa kelebihan desain rumah minimalis antara lain tampak elegan dan modern, jumlah barang lebih sedikit, serta pencahayaan alami yang melimpah.

Mbokya, selama ini saya tinggal dan dibesarkan di rumah orang tua yang sebenarnya luas, tapi karena terlalu banyak lemari, kursi, meja dan kamar-kamar yang tidak terpakai, makanya tampak sempit dan minim pencahayaan.
Eh tapi, seorang teman juga pernah nyeletuk kayak gini, “Kamu cari rumah minimalis atau memang anggarannya yang terbatas?”
Duh, mulut-mulut ini memang paling mengerti ya ๐Ÿ˜…
Nah, setelah daftar-daftar tersebut telah terpenuhi, maka sebulan terakhir ini kami menghabiskan lebih banyak waktu dengan mencari-cari rumah yang cocok.

Karena waktu kami yang terbatas dan apa-apa sekarang sudah digital, pencarian melalui internet pun kami lakukan.

Trus hasilnya gimana?
Hingga sekarang masih nihil ๐Ÿ˜•
Indonesia Properti Expo

Jalan Keluar Itu Bernama Indonesia Properti Expo

Kepada siapa pun yang punya ide Indonesia Properti Expo (IPEX), Ade dan saya berterima kasih.

Begini, jika sedang mencari rumah atau apartemen atau rumah toko (ruko), maka ada baiknya kamu mengunjungi pameran properti terbesar dan terlengkap di Indonesia ini.

Indonesia Properti Expo

Kenapa?

Seperti namanya, ajang ini merupakan pameran properti terbesar di Indonesia.

Tidak sekadar ajang pamer, kamu bisa memilih, melelang, dan membeli properti sesuai dengan kebutuhanmu.

Kamu tahu sendiri kan kalau harga properti kian merangkak dari waktu ke waktu. Membeli perumahan di awal tahun ini tentu merupakan langkah tepat.

Saya pun selalu percaya dengan kalimat Feni Rose, “Senin harga naik!”

Bukankah itu merupakan sebuah kata kunci agar kita tidak lagi menunda?

Indonesia Properti Expo

IPEX melibatkan 150 developer dengan menampilkan 600 proyek properti yang tersebar di seluruh Indonesia.

Mulai dari Bali, Balikpapan, Bandung, Serang, Banten, Bekasi, Bogor, Garut, Depok, Karawang, Jakarta, Tangerang, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Kendari, Manado, Makassar, Medan, hingga Samarinda.
Alternatif harga yang beragam juga menjadi alasan kenapa IPEX wajib untuk kamu kunjungi.

Pilihan harga ini dimulai dari Rp 130 juta dengan jangka waktu kredit hingga 30 tahun.

Indonesia Properti Expo

Eh, harga tersebut pun ternyata masih mendapatkan promo khusus selama pameran berlangsung seperti suku bunga KPR mulai 6,69% serta uang muka 1%.

Belum lagi, kamu akan terbebas dari biaya provisi, biaya administrasi, serta bebas pengendapan dana.

Bagi kamu yang belum punya asuransi jiwa, maka kamu akan mendapatkan diskon asuransi jiwa sebesar 20%.

Nah, loh? Kurang apa coba? Daripada kamu membeli langsung ke developer tanpa mendapatkan potongan harga apa-apa, iya kan?

Karena salah satu tuan rumah Indonesia Properti Expo adalah PT. Bank Tabungan Negara (BTN) Persero Tbk, maka pameran ini pun dibuat dengan tajuk Pesta KPR BTN.

indonesia properti expo

Bagi para milenial seperti Ade dan saya, kita berkesempatan untuk mendapatkan program KPR Gaeess yang menjanjikan kemudahan cicilan dan uang muka serta pelayanan KPR yang bisa dilakukan via online melalui situs www.btnproperti.co.id yang terus menerus diperbarui fitur-fiturnya sehingga lebih memudahkan kita dalam bertransaksi.

Indonesia Properti Expo

Indonesia Properti Expo

Masuk ke sini bayar gak sih?
Gratis! Setiap pengunjung tidak dikenakan biaya masuk apapun. Kamu hanya perlu mengisi form yang tersedia di sebuah LCD yang tersedia di depan ruang pamer.

Setelah itu, cetak dan masukkan tiketmu ke dalam sebuah kotak kaca.

Nah, di akhir pameran nanti tiket tersebut akan diundi sehingga kamu berhak untuk mengikuti undian berhadiah satu unit Daihatsu Ayla.
Beh, masuk-masuk gratis. Pulang-pulang bawa mobil ๐Ÿ˜
Indonesia Properti Expo

Acaranya di mana dan sampai kapan?


Hehe.. Hampir lupa kasih tahu kalau pagelaran ini diadakan di Hall A dan B Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta dan berlangsung mulai dari 2 – 10 Februari 2019.

Sebenarnya, IPEX akan digelar sebanyak tiga kali selama 2019 ini, yakni di bulan Februari, Juli, dan November.

Namun saran saya, ada baiknya jika kamu datang dulu yang di Februari ini. Mumpung masih berlangsung ye kan?

Indonesia Properti Expo

Nanti kalau belum ada yang sreg, boleh datang lagi di dua waktu berikutnya. Tapi masa’ iya dari 600 proyek properti itu tidak ada yang nyangkut?
Untuk mendukung Indonesia Properti Expo 2019, ada berbagai acara lain yang digelar, seperti seminar yang berkaitan dengan milenial, properti, dan perencanaan keuangan, talkshow Fengshui, atraksi barongsai, lomba menggambar dan mewarnai bagi anak-anak, opera anak, lomba foto Instagram, beberapa live music, hingga bincang-bincang dekorasi rumah ala Instagram.

Indonesia Properti Expo

Agar Rumah Lebih Instagramable

Nah, yang terakhir ini tidak kalah menarik nih! Pasalnya, para pembicaranya yakni Adelya Vivin Kumidaninggar dan Irma Alaydrus  memang merupakan seorang praktisi.

Hal ini bisa kamu selidiki dari feed Instagram mereka. Sungguh sangat menyerupai foto-foto rumah ala Pinterest.
Indonesia Properti Expo

Lah, kok bisa sih? Bukannya yang ginian hanya ada di negara Jepang dan Skandinavia sana?

Bisa dong! Adel dan Irma membagikan beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar rumahmu dapat tampil lebih Instagramable. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Tentukan dulu tema rumah. Tema-tema tersebut antara lain minimalis, Japanese, bohemian, serta industrial.
  2. Pakai warna-warna netral atau lembut untuk cat rumah dan warna perabotan.
  3. Manfaatkan pencahayaan alami
  4. Jangan malas untuk mengubah tata letak barang-barang yang ada di dalam ruangan
  5. Letakkan tanaman hidup seperti rubber tree, fiddle leaf, palm tree, atau monstera

Oiya, yang paling penting selalu sesuaikan budget yang ada ketika akan membeli perabotan atau dekorasi rumah, ya!

Dengan rumah yang nyaman, saya tidak perlu lagi menghabiskan banyak uang untuk nongkrong cantik di kafe.

Bayangkan, tiap Sabtu Minggu, Ade dan saya selalu menjadikan kafe sebagai tempat kerja dan ngumpul dengan teman-teman.
Padahal, jika punya rumah yang nyaman dengan pengaturan sedemikian rupa, bukan tidak mungkin kami justru bisa mengajak teman-teman untuk nongkrong di rumah. Iya gak?

Indonesia Properti Expo

Indonesia Properti Expo

Atau jika tidak ingin repot-repot, ada banyak kok rupa-rupa rumah impian yang sudah ditata sedemikian rumah sehingga tampak Instagramable yang tersedia di Indonesia Properti Expo 2019.

Tinggal pilih!

***

5 Alasan Jatuh Cinta Pada Pucuk Coolinary

pucuk-coolinary

Konon, salah satu pagelaran yang tidak akan pernah sepi adalah festival kuliner. Alasannya sederhana. Semua orang membutuhkan makan dan hampir semua orang suka makan-makan, termasuk saya.

Saya beruntung. Lidah saya hanya tahu 2 kategori makanan; enak dan enak sekali.
Hal ini barangkali disebabkan oleh aturan mama kepada anak-anaknya yang melarang adanya sisa-sisa makanan di piring. Jika ada sisa, maka saya dipaksa menghabiskannya. Oh, belum lagi kejadian semasa pesantren kilat di SMP yang mewajibkan saya menghabiskan sisa-sisa makanan hingga ke kobokan.
Bayangkan, saya pernah meminum air kobokan hingga habis. Syukurnya, saya tidak jijik!
Ah sudahlah, itu masa lalu. Kejadian-kejadian seperti ini akan lebih jika disimpan baik-baik di memori terdalam sahaja.

pucuk-coolinary

Jadi begini, sebenarnya, kemarin (21/12) Pucuk Coolinary Festival telah dibuka. Saya baru datang hari ini (22/12) bersama teman-teman dari Bloggercrony. Rencananya, gelaran ini akan berlangsung hingga tahun depan, 1 Januari 2019 tepatnya.
Saya telah menyusun daftar alasan kenapa saya jatuh cinta pada Pucuk Coolinary Festival. Apa saja? Kuy, cek 5 di antaranya:

Konsep Areanya

pucuk-coolinary

Kebayang gak sih kalau kamu datang ke suatu tempat yang sangat luas dan ramai namun tidak ada petunjuk apa-apa mengenai tempat tersebut?

Saya pernah mengalaminya berkali-kali.

Waktu makan yang terbatas, area yang luas, pengunjung yang ramai, dan kelaparan yang melanda. Hal ini diperparah  dengan tidak adanya petunjuk apapun tentang di sana ada itu, di sini ada ini.
Tenang saja, di Pucuk Coolinary, hal ini tidak akan terjadi.
Lokasi wisata kuliner akhir tahun terbesar di Jakarta ini telah dibagi ke dalam 3 zona, yakni zona manis, zona gurih, dan zona pedas.

Jadi, jika kamu tidak suka pedas, tapi mau yang agak pedas, bisa langsung ke zona gurih.

Dari gerbang, kamu tinggal ambil sebelah kanan. Di sana terdapat gerbang lagi bertuliskan Zona Gurih.

Bagi kamu yang mau manis saja, bisa langsung ke sebelah kiri setelah melewati gerbang. Ada gerbang lagi kok dengan tulisan Zona Manis.

Tapi, kalau kamu cari zona nyaman, itu di luar tanggungan saya, ya! Euh ๐Ÿ˜

Ruang Terbuka yang Luas

pucuk-coolinary

Selama merantau ke Jakarta, saya telah mendatangi beragam festival kuliner. Beberapa di antaranya menawarkan makanan-makanan yang enak-enak. Sayangnya, areanya tidak mendukung untuk makan sambil ena’-ena’.

Jika ada yang memungkinkan para pengunjungnya ena’-ena’, tapi pasti makanannya tidak enak. Kalau yang satu ini, boleh dibilang paket komplit (dalam istilah kuliner).

Enak makanannya dapat, ena’ suasananya jangan diragukan.

Saya selalu suka ruang terbuka yang luas di mana kita bisa menatap birunya langit secara langsung.
Bayangkan, saya bekerja selama 8 jam dalam 5 hari di ruangan yang tertutup. Pertukaran udaranya dibantu oleh Air Conditioner (AC).

Sebagai anak dari mama saya, saya merasa ini tidak seru! Dan Pucuk Coolinary ini mewujudkan keseruan itu dengan menata kursi dan meja bertenda payung di tengah area yang luas.

Di sekelilingnya terdapat beragam varian makanan yang telah dibagi-bagi ke dalam zona rasa tadi.

Tenan-tenannya

pucuk-coolinary

Tahu gak sih kalau di tiga zona-zona tadi ada total lebih dari 100 tenan yang siap mengisi perut dan memanjakan lidahmu?

Ga percaya? Silakan dihitung sendiri. Saya mau makan saja ๐Ÿ˜‹

Sebagai seorang penggemar mie-mie-an, saya terpuaskan dengan hadirnya Bakmi Gang Kelinci dan Bakmi GM.

Trus, yang paling membekas di kerongkongan saya hingga saat ini adalah Soto Bogor.

Rasanya gurih, rempahnya berasa, trus dagingnya empuk dan tidak alot. Porsinya juga gede.

Sebagai seorang yang suka makan makanan yang bercampur jeruk nipis dan sambal, Soto Bogor ini menjawab kebutuhan saya sih.

pucuk-coolinary

Oiya, bagi kamu pencinta durian garis keras. Di tengah area Pucuk Coolinary ada tenda raksasa.

Nah, di dalamnya berderet pedagang durian dari berbagai daerah yang duriannya jelas tersohor.

Sekali lagi, tenan-tenan Pucuk Coolinary itu enak tenan!

Sistem Pembayarannya

Pertama, saya mau membuat pengakuan bahwa saya sebenarnya tidak digital-digital amat untuk masalah pembayaran.

Kedua, saya selalu kepikiran tentang 2 ribu perak yang dijadikan biaya admin jika harus top up dompet digital.

Iya,  2 ribu perak itu jika dikalikan 5, maka bisa dapat seporsi ketoprak yang kacangnya meleleh itu di dekat kosan saya. Belum lagi jika dikalikan 15โ€”bisa makan nasi padang kita!
Beruntung, di Pucuk Coolinary ini tidak menggunakan sistem pembayaran digital. Haha. Kamu tinggal bawa uang secukupnya saja. Harga makanannya mulai dari 5 ribu hingga 35 ribu.

Trus, kalau uang kamu habis tapi masih mau nyobain makanan lainnya gimana?

Tinggal ke ATM depan antrian masuk saja.

Duh, Diskon Khusus

pucuk-coolinary

Kamu mau makan-makan di Pucuk Culinary, tapi lagi berhemat untuk liburan akhir tahun? Tenang! Sini saya kasih tahu rahasianya.

Datanglah pada jam 13.00 – 15.00 atau 17.00 – 20.00. Kamu cukup beli 1 paket Teh Pucuk Harum seharga 20 ribu.

Nanti akan dapat 1 lembar voucher dengan potongan harga spesial 10 ribu.

Voucher-voucher ini bisa diakumulasi dan digunakan di semua tenan selama festival makan-makan ini berlangsung. Menarik bukan? ๐Ÿ˜€
***

Lokasi Pucuk Coolinary

Saya sempat kebingungan untuk mencapai lokasi Pucuk Coolinary. Soalnya, ini kali pertama saya ke JIEXPO Kemayoran. Hehe

Jadi, dari kosan saya naik Transjakarta ke Grogol. Di Grogol transit ke Harmoni. Nah, di Harmoni saya kebingungan.

Di Trafi, aplikasi transportasi Jakarta, menunjukkan 2 pilihan. Pertama, tunggu Transjakarta ke arah Ancol lewat Pasar Baru. Kedua, naik Transjakarta jurusan Kota, di sana naik angkot ke JIEXPO Kemayoran.

Konyolnya, saya memilih opsi kedua.
Turun di Kota. Saya jalan kaki ke Museum Bank Indonesia. Trus, pesan Gojek ke Gedung Pusat Niaga soalnya titik kumpul dengan Bloggercrony di sana.

Di perjalanan, perasaan saya tidak enak. Di Google Maps kok jauh? Tapi, ya sudahlah ya.

Saya tiba tepat pukul 14.00 di gerbang JIEXPO Kemayoran. Pas tanya di satpam, eh, saya ternyata melewati gedungnya. Jadilah saya harus jalan kaki di tengah terik matahari dan gedung-gedung tua.
Oke, ini kesalahan saya.

pucuk-coolinary

Jadi, kalau kamu mau ke Pucuk Coolinary dengan menggunakan Transjakarta, kamu cukup ke Halte Harmoni. Naik yang arah Pasar Baru.

Di Pasar Baru, kamu sebaiknya naik Gojek atau Grab saja ke Gedung Pusat Niaga, Kemayoran.

Ongkosnya, cuma 5 ribuan.
Karena JIEXPO Kemayoran ini luas sekali, maka masuklah dari Pintu 9. Ingat, Pintu 9! Bukan gerbang utama.
Kamu tinggal jalan lurus ke Gedung Pusat Niaga. Nanti jika sudah sampai, tinggal masuk saja.

Ada pintu pemeriksaan di sana dengan satpam yang stand by. Tinggal bilang, “Mau ke Pucuk Coolinary, Pak.”

Masuknya bayar gak?
Nah, ini sebenarnya agak tricky. Pucuk Coolinary ini kebetulan bersamaan dengan kegiatan lainnya yakni Bing Bang Jakarta.

Lokasi festival kuliner ini sendiri berada di dalam Big Bang Jakarta. Sementara kalau kamu mau masuk, harus bayar 25 ribu.

Simpelnya, Pucuk Coolinary ini sebenarnya gratis ๐Ÿ˜Š
Kalau kamu sedang mencari alternatif liburan murah akhir tahun di Jakarta, kenapa tidak ke Pucuk Coolinary saja?

Siapa tahu bisa nemu zona nyaman dan bisa jatuh cinta seperti saya? Iya gak?

***

Gedung Pusat Niaga

Lawan Berita Hoax? Polda Metro Jaya Punya PMJnews

Tampilan web PMJnews
Maraknya berita bohong atau hoax akhir-akhir ini ternyata menjadi perhatian banyak orang, tak terkecuali Polda Metro Jaya.
Hal ini bukan tanpa alasan. Jumlah penduduk Indonesia menempati urutan keempat dalam daftar negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Secara otomatis, situasi ini berimbas kepada masifnya penggunaan teknologi terutama internet di kalangan masyarakat.
Dalam laporan We Are Social bekerjasama dengan Hootsuite mengenai perkembangan digital di Indonesia yang dirilis Januari 2018 kemarin menyebutkan bahwa ada 132,7 juta pengguna internet.
Sementara 130 juta di antaranya adalah pengguna aktif media sosial. Keberadaan hoax pun bak jamur di musim hujan.
Data We Are Social & Hootsuite tentang industri digital di Indonesia Januari 2018.

Yang lebih memprihatikan lagi adalah hoax kini menjadi konsumsi sehari-hari masyarakat dan malah telah dianggap sebagai informasi atau berita yang benar adanya. Sayangya, masyarakat tidak memiliki pengetahuan dan sumber yang jelas untuk membedakan informasi yang benar atau salah.

Hal inilah yang kemudian mendasari Polda Metro Jaya menghadirkan sebuah terobosan baru untuk melawan hoax, yakni dengan meluncurkan portal berita dan aplikasi bernama PMJnews.

Baca juga: Kacamata Kuda & Gerak #SebarkanBeritaBaik

Sambutan Kapolda Metro Jaya pada peluncuran PMJnews di Polda Metro Jaya

Apa itu PMJnews?

“Polda Metro Jaya harus mampu mengelola informasi dengan baik dan mengemas informasi menjadi sebuah berita yang bermanfaat untuk masyarakat,” Kombes Pol Argo Yuwono, Kabid Humas Polda Metro Jaya.

Berkembangnya revolusi industri 4.0 membuat Polda Metro Jaya terus menghasilkan terobosan. Jika sebelumnya Polda Metro Jaya membuat sistem informasi dan dokumentasi berbasis elektronik bernama Si Doel, kali ini institusi yang berkantor di daerah Semanggi ini merilis PMJnews.
Sambutan Kabid Humas Polda MetroJaya

PMJnews hadir dengan tujuan untuk mengintegrasikan seluruh informasi di lingkungan Polda Metro Jaya untuk mendorong transparansi dan akuntabilitas pelayanan dari kepolisian. Hasilnya, informasi dan dokumentasi jauh lebih terencana dan terpercaya dengan format berita standar media nasional.

Dalam acara launching PMJnews (15/11) yang dihadiri oleh para pejabat kepolisian di dalam lingkup kepolisian daerah Metro Jaya ini, Kapolda mengharapkan inovasi terbaru Humas Polda Metro Jaya ini bisa dijadikan kekuatan penyebaran informasi.

Baca juga: #HormatiPerbedaan 4 Tokoh Lintas Agama Ikut Bukber Bareng Kapolda Metro Jaya

Nah, untuk menjaga akurasi dari portal berita dan aplikasi ini, maka kesesuaian akan kaidah-kaidah jurnalistik akan dikedepankan. PMJnews juga mendapat apresiasi dan dukungan dari Komisi Penyiaran (KPI) dan Dewan Pers sebagai lembaga yang memiliki konsen terhadap hal ini.

Humas Polda Metro Jaya tampaknya sadar betul bahwa penggunaan internet di Indonesia melalui smartphone tidak boleh dianggap sebelah mata. Pasalnya, PMJnews juga dihadirkan dalam bentuk aplikasi yang bisa kamu download di Playstore.
Hasilnya. berita-berita PMJnews bisa dapat dengan cepat diposting, diunggah, dan diakses oleh semua orang. Pembaruan informasi pun dapat kamu lakukan dengan cepat baik dari sisi konten maupun redaksional.
Mantap gak tuh? ๐Ÿ˜
Tampilan PMJWnews di smartphone
***

Seperti Rindu, Plastik Tak Boleh Dimusuhi

plastik

Seumpama rindu yang tak berujung, seperti itulah permasalahan plastik yang kita hadapi hingga hari ini. Bukan untuk memusuhi, tapi untuk mencoba bijak terhadap plastik.


Tahukah kamu apa penemuan terbesar manusia sepanjang sejarah? Yap, bola lampu.

Eh, salah ding! Penemuan tersebut adalah plastik. Pasalnya, jika kamu memerhatikan sebuah bola lampu, maka pada bagian luar insulation dan screw thread contact terbungkus oleh plastik.
Oh, ini masalah berat. Kamu tidak paham? Oke, bagaimana kalau kita ganti menjadi tupperware mama?
Tahukah kamu tupperware terbuat dari plastik low-density polyethylene (LDPE atau plastik tipe 4) dan polipropilene (PP atau plastik tipe5)?
Kedua bahan plastik ini aman untuk digunakan secara berulang-ulang sebagai wadah makanan. Itu hanya dua contoh kecil penggunaan plastik di kehidupan sehari-hari ๐Ÿ˜‰

Apa itu plastik?

Bagi kamu yang sering bertanya, plastik adalah senyawa polimer di mana kata polimer terbagi ke dalam dua kata, yakni poly yang berarti banyak dan meros yang berarti bagian. Secara umum, plastik terdiri dari polimer karbon atau terdiri dari oksigen, nitrogen, chlorine atau belerang.

Apa kelebihan plastik?

Setidaknya, ada beberapa sifat yang merupakan kelebihan plastik sehingga akrab dengan kehidupan kita hari-hari. Beberapa di antaranya, yakni:
  1. Bisa dibentuk sesuai keinginan
  2. Tahan terhadap kotoran
  3. Tahan terhadap perubahan
  4. Daya tahan yang kuat
  5. Persisten dan resistan terhadap korosif
  6. Konduktivitas listik dan panas yang rendah

Apa jenis dan manfaat plastik?

Plastik bukan hanya kantong kresek dan sedotan yang kita gunakan saat minum-minum cantik di kafe. Plastik terdiri dari beberapa jenis sehingga kita pun kadang samar dengan kebedaraannya.

Nah, apa saja jenis-jenis plastik dan bagaimana penggunannya? Berikut daftarnya:
  1. PETE (Polyethylene Tetrapthalate) digunakan pada botol minuman soft drink, minyak goreng, bungkus kecap, dan obat.
  2. HDPE (High Density Polyethylene) dipakai untuk botol susu, cairan, botol air kemasan, kantong belanja, dan tutup plastik.
  3. PVC (Polyvinyl Chloride) dimanfaatkan pada bahan baku pipa, mainan, ember, dan mainan anak-anak.
  4. LDPE (Low Density Polyethylene) digunakan pada botol madu, wadah yogurt, kantong kresek, serta plastik tipis.
  5. PP (Polyprophylene) dipakai untuk cangkang baterai dan tutup botol.
  6. PS (Polystyrene) dimanfaatkan pada komponen listrik atau elektronik serta wadah makanan siap saji.

Masalah plastik

plastik

Permasalahannya sebenarnya tidak terletak pada si plastik. Hal ini terkait dengan pengelolaan sampah plastik yang tidak tepat. Pengertian sampah sendiri menurut Undang-undang Nomor 18 tahun 2008 menerangkan bahwa sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia dan/atau proses alam yang berbentuk padat.


Jadi, jika kamu menyalahkan keberadaan plastik, itu sama saja dengan kamu menyalahkan perasaan rindu yang muncul. Maksudnya? Iya, siapa yang bisa mencegah rindu? ๐Ÿ˜ฅ

“Plastik merupakan material yang tidak lepas dari kehidupan kita. Di balik manfaatnya, plastik dapat mengakibatkan ancaman polusi apabila tidak dikelola dan dibiarkan terbuang ke lingkungan,” Emenda Sembiring, Enviromental Engineering & Quantitative Social Research ITB.

Sejak kita bangun di pagi hari, mandi, menggosok gigi, di sekolah atau di kantor, hingga sebelum tidur lagi, kita selalu bersentuhan dengan plastik. Bahkan saking banyaknya, sangat sulit untuk  meninggalkan minimarket tanpa setidaknya membawa satu jenis barang tanpa bungkusan plastik.

Oiya, handphone atau laptop yang kamu gunakan untuk membaca tulisan ini pun tidak terpisahkan dari plastik.

plastik di indonesia

Berdasarkan komposisi ini, terlihat bahwa limbah plastik setiap tahunnya tidak dikelola dengan baik, padahal dibutuhkan waktu ratusan bahkan ribuan tahun untuk mengurai sampah plastik. Situasi ini tidak hanya berpotensi merusak ekosistem lingkungan, tapi juga berdampak bagi kesehatan manusia.

Solusi plastik

plastik di indonesia


Lantas, jika semuanya kamu anggap masalah, bagaimana dong solusinya?


Saya teringat perbincangan Dr. Imam Musthofa Zainudin, Director of Marine and Fisheries Program World Wildlife Fund Indonesia dengan seorang podcaster asal Amerika Serikat yang membahas mengenai solusi sampah plastik. 

Untuk menyelesaikan hal ini, dibutuhkan setidaknya peran dari konsumen, pemerintah, dan industri agar mau berkomitmen dan mengimplementasikan program-program penyelesaian masalah yang telah dirancang.

Di Indonesia, salah satu industri yang menggunakan plastik adalah Aqua. Jika kamu tidak tahu, maka kamu kurang minum ๐Ÿ˜…

Sebagai perusahaan yang memiliki misi untuk membawa kesehatan bagi banyak orang, Aqua di bawah Danone Indonesia telah berupaya untuk berkontribusi mengentaskan masalah sampah.

Langkah ini dimulai sejak 1993 oleh Bapak Tirto Utomo selaku pendiri Aqua dengan menggelar program Aqua Peduli di mana perusahaan akan membeli kembali botol bekas dari konsumen untuk didaur ulang.

plastik di indonesia

Dari #BincangBijakBerplastik yang digelar di Kinosaurus, Kemang (18/10/2018), saya juga baru bahwa Aqua merupakan pelopor aktivitas memulung sampah-sampah plastik.

Hal ini sejalan dengan komitmen pemerintah untuk mengurangi sampah di lautan pada tahun 2025 melalui komitmen #BijakBerplastik.

Program ini mengusung 3 pilar utama, yakni pengumpulan sampah plastik, edukasi serta inovasi,” Karyanto Wibowo, Sustainable Development Director Danone Indonesia.

Tidak hanya itu, sebagai sebuah perusahaan air mineral nomor 1 di Indonesia, Aqua menjalankan beragam kontribusi nyata dengan menginisiasi 6 Recycling Business Unit (RBU) dan berkolaborasi dengan perusahaan fashion H&M Indonesia dalam mengembangkan program #BottleFashion yang mengubah sampah botol plastik dari Kepulauan Seribu menjadi produk fashion.

Seperti Rindu, Plastik Tak Boleh Dimusuhi

plastik di indonesia

Beh, jika Aqua dan pemerintah telah bergerak dalam mengatasi plastik, bagaimana dengan kita?

Sebagai konsumen, apa yang bisa kita lakukan?

Tenang saja, kamu tidak usah sekhawatir itu. Hal ini sangat bisa kita mulai dari lingkungan terkecil seperti rumah tangga. Atau jika kamu belum berumahtangga, kamu juga bisa kok melakukan beberapa langkah kecil.

Sebagai contoh, jika sedang nongkrong cantik, usahakan untuk tidak menyertakan sedotan plastik di minumanmu. Menyeruput langsung minuman tidak akan membuat harga dirimu lantas turun kok.

Atau yang paling mudah deh, kalau memesan kopi-kopi take away, sangat disarankan untuk tidak mengikutkan sedotan plastiknya. Biar lebih keren, kamu bisa membeli sedotan stainless steel yang bisa dipakai berulangkali hingga maut memisahkan kita.

Lagi nih, jika berbelanja di minimarket, tolak kresek plastik yang diberikan. Kamu bisa mengganti kresek tersebut dengan membawa tote bag unyu-unyu sehingga jauh lebih fashionable. Iya gak?

Cara-cara ini sebenarnya terlihat sepele. Tapi masa’ iya kamu tidak mau memulainya dari sekarang? Plastik tidak usah dimusuhi, kamu hanya butuh untuk bijak dalam menggunakannya.

Hal ini sama saja dengan rindu, kamu tidak perlu menafikannya, kamu hanya butuh untuk mengakuinya. Kalau orangnya masih bisa kamu hubungi via Whatsapp kenapa tidak mengajaknya ngopi?

***

Solusi Jitu Mandiri Tunas Finance Jawab Kebutuhan Konsumen

Mandiri Tunas Finance

“Ma, pembayaran mobil yang kemarin sisa berapa bulan ya? Total yang harus dibayarkan berapa lagi ya?
Pertanyaan yang muncul 2 tahun lalu ini kembali mencuat di ingatan saya. Kala itu, pagi kami menjadi repot karena harus membuka lagi lemari brankas tempat penyimpanan berkas-berkas, memeriksa satu per satu dokumen, dan mencari bukti pembayaran cicilan mobil.
Keadaan ini menjadi lama karena dokumen tersebut tercampur dengan banyak berkas lain mulai dari ijazah TK, SD, SMA, Universitas, Akta Kelahiran, dan masih banyak lagi dokumen penting lainnya yang  dimiliki oleh semua penghuni rumah. Ada 5 penghuni rumah yang disatukan berkas-berkas pribadinya ke dalam satu bundel dokumen.
Hanya untuk dua lembar kertas kami sampai harus berpeluh menghambur dan memeriksa satu per satu kertas yang ada di lemari di pagi di mana kami harus beraktivitas. Repot gak tuh? ๐Ÿ˜’
Mandiri Tunas Finance

Siapa Itu Mandiri Tunas Finance? 

Ingatan tentang pertanyaan tadi tidak meledak begitu saja tanpa sebab. Adalah Mandiri Tunas Finance (MTF) yang menjadi pelatuknya. Di Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) 2018, tepatnya 4 September 2018, Mandiri Tunas Finance sebagai perusahaan pembiayaan yang didirikan pada 6 Februari 2009 unjuk gigi sebagai bukti nyata apresiasinya mereka terhadap jutaan pelanggannya.
Bisa dibayangkan, perusahaan yang sahamnya dipegang oleh dua BUMN terbesar di Indonesia, yakni PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (51%) dan PT Tunas Ridean Tbk (49%) telah bergerak dan terus tumbuh selama 9 tahun dengan 99 kantor cabang MTF yang tersebar di seluruh Indonesiaโ€”serta fokus pelayanan pada pembiayaan di sektor otomotif dan multiguna.
Pembiayaan yang diberikan MTF meliputi antar lain, pembiayaan mobil baru, motor besar, kendaraan niaga, alat berat, serta multiguna. Rentang waktu 9 tahun bukan waktu yang singkat untuk melayanimu, cuy! Berat. Nih, biar Mandiri Tunas Finance saja yang terus melayanimu ๐Ÿ˜Ž
Mandiri Tunas Finance

Mandiri Tunas Finance punya MTF GO

“Iya pak, jadi selama ini kita kan sering bingung, “Jumlah cicilan saya tinggal berapa sih? Sisa berapa bulan lagi sih sebenarnya?” dengan aplikasi ini bapak tinggal klik-klik, muncul nih semua informasinya,” terang Rini dengan senyum di bibirnya tiap kali mengakhiri kalimatnya.

Baca juga: Go Food Festival, Go Cashless

Beh, masih ingat pertanyaan yang di awal paragraf tadi kan?
Jadi, di era digital saat ini di mana apa-apa serba melalui smartphone dan internet MTF ternyata tidak tinggal diam. Mereka sekarang punya MTF Go, cuy!
Aplikasi ini sebenarnya sudah lama. Cuma baru dioptimasi dengan fitur MTF Aksesku dan disiarkan ke publik melalui momen Hari Pelanggan Nasional 2018 ini. Bukannya apa, MTF Aksesku ini untuk memudahkan pelanggan untuk mendapatkan informasi mengenai MTF, baik tentang produk, rate bunga yang berlaku, harga dan spesifikasi kendaraan, alamat cabang maupun simulasi kredit.
Mandiri Tunas Finance
Mandiri Tunas Finance
Mandiri Tunas Finance
Dengan fitur MTF Aksesku, pelanggan dapat melihat keadaan angusaran pembayaran kredit kendaraan yang sedang berlangsung. Trus, ada berbagai macam menu yang ada di dalam MTF Aksesku antara lain, informasi pembayaran angsuran, menu asuransi perpanjangan STNK, dan pengambilan BPKB.
Begini, kita tuh sering pusing dengan perpanjangan STNK, nah, di MTF Aksesku ini bisa kamu gunakan untuk menyelesaikannya sehingga tidak perlu lagi repot-repot. Nanti kalau sudah selesai, kamu bisa mengambil STNK barumu di kantor Mandiri Tunas Finance terdekat. Caraya? Nih ๐Ÿ˜
Mandiri Tunas Finance
Eh tapi, bagaimana kalau belum menjadi pelanggan dari MTF? Tenang saja, kamu tetap bisa mengunduhnya di Play Store dan App Store.
Untuk apa? Ya, untuk mengetahui informasi produk, promo-promo yang sedang berlangsung, serta simulasi kredit pembiayaan kendaraan bermotor. Jadi, tunggu apalagi?
Mandiri Tunas Finance

Mandiri Tunas Finance di Hari Pelanggan Nasional 2018

Saya tersentak ketika menyaksikan video yang menampilkan proses pengantaran mobil yang dilakukan oleh Harjanto Tjitohardjojo, seorang Sales and Distribution Director MTF kepada pelanggan.

Bagaimana bisa seseorang dengan tingkat jabatan Director mau mengantarkan langsung mobil pelanggan?

“Tepat di Hari Pelanggan Nasional, secara serentak jajaran Direksi MTF dan Kepala Cabang di 99 Kantor Cabang MTF turun langsung melayani customer. Selain itu, Direksi MTF juga mengantarkan sendiri mobil yang dipesan hingga ke alamat customer, sekaligus bersilaturahmi dengan customer dan keluarganya,” papar Arya Suprihadi, Direktur Utama Mandiri Tunas Finance.

Dan cuy, tidak hanya itu, ada lagi berbagai macam pelayanan yang diberikan MTF di Harpelnas.

Apa saja? Mari kita runut satu-satu:

  1. Promo Harpelnas DP 9%, gratis coklat untuk pembayaran angsuran di Alfamart.
  2. Bonus Asuransi Personal Accident dengan nilai pertanggungan hingga Rp 100 juta berlaku 1 tahun untuk 4500 polis pertama selama bulan September.
  3. Voucher promo untuk produk Vkool untuk para pelanggan se-Jabodetabek.
  4. Bonus cashback KADOMTF melalui Tokopedia.
  5. Program loyalty MTF berupa Fiestapoin Bank Mandiri untuk setiap aktivitas yang dilakukan selama tenor pembiayaan di MTF.
Mandiri Tunas Finance

Mandiri Tunas Finance
Mandiri Tunas Finance

Jadi begitulah kira-kira daya dan upaya yang dilakukan Mandiri Tunas Finance untuk melayani para pelanggannya.
Bapak Arya Suprihadi menutup bincang-bincang yang diadakan dengan para pelanggan MTF, bloger, dan jurnalis dari berbagai media di Mandiri Inkubator Bisnis (4/9) dengan kalimat syahdu, “Pada akhirnya pelanggan bukan hanya sekadar angka. Ini adalah bukti nyata kami untuk membangun Indonesia dengan memberikan pelayanan yang terbaik.”
***

#HormatiPerbedaan 4 Tokoh Lintas Agama Ikut Bukber Bareng Kapolda Metro Jaya

Hingga 21 ramadan, saya belum pernah bukber. Sekalinya bukber, bareng Kapolda Metro Jaya. Mengejutkannya lagi, bareng dengan 4 tokoh lintas agama. Bum!

Jadi, beberapa hari sebelumnya saya mendapatkan undangan dari Bang Udin, seorang teman dari Kelas Blogger, untuk hadir dalam silaturahmi dengan Kapolda Metro Jaya (6/6/18) di Gedung Promoter Polda Metro Jaya.
Selain saya (haha penting banget sih), ada warganet lainnya yang terdiri dari bloger dan vlogger yang ikut di acara ini. Oh, satu lagiโ€”ada wartawan dari pelbagai media lokal dan nasional.
“Macet gak?” sapa Bang Udin setibanya saya di Gedung Promoter tepat pukul 16.00 WIB, sesuai dengan jadwal.

“Ya, lumayan. Setengah jam perjalanan dari Blok M.”

Akhir-akhir ini Jakarta sering macet, khususnya kitaran Blok M menuju arah Semanggi. Beberapa jam sebelum acara dimulai Bang Udin melalui grup Whatsapp memang berulangkali mewanti-wanti mengenai macet yang terjadi. Pun dengan laporan dari teman-teman yang lain.

Eh, tapi kapan sih daerah itu tidak macet? Haha. Sorry, it’s my fault ๐Ÿ˜ด

Saya menghabiskan setengah jam mutar-mutar di dalam ruangan sebelum acara dimulai. Ada beberapa wartawan yang berdatangan, di antaranya menenteng tripod dan kamera. Di bawah tangga gedung ada banyak anak-anak yang tengah bermain, mereka adalah sahabat anak cinta Polri.

Yang menarik perhatian saya, ketika memasuki pintu, di sebelah kanan, ada empat orang yang bercakap-cakap dengan pakaian keagamaan masing-masing duduk mengitari meja bundar. Tak lama setelahnya, bergabung seorang lagi.

Sekira pukul 17.00 WIB, acara dimulai. Beberapa orang dengan pakaian berbeda tadi diperkenalkan sebagai tokoh lintas agama. Mereka adalah pendeta Datulon Sembiring, biksu Syailendra Virya, romo RD Aloysius Tri Harjono, pedanda Gede Nyenengin, dan ustaz H. Muhammad Ali.

Hormat untuk Polda Metro Jaya yang mendudukkan kami di bukber yang sama. 

Berbeda dengan Morning Coffee yang digelar bulan lalu dengan mengambil tagar #SebarkanBeritaBaik, silaturahmi dengan Kapolda Metro Jaya kali ini mengambil tema #HormatiPerbedaan.

Baca lebih lanjut mengenai Kacamata Kuda & Gerak #SebarkanBeritaBaik di sini.

#HormatiPerbedaan ini sengaja dijadikan tajuk karena bertepatan dengan bulan suci ramadan. Momentum ramadan sebagai bulan yang baik ini diharapkan agar kita semuaโ€”termasuk kamu,  bersama-sama membangun toleransi, saling menghargai dan menghormati perbedaan yang ada agar kita tetap #BersatuDalamMenjagaNKRI.

Ustaz H. Muhammad Ali dalam tausiyahnya mengingatkan mengenai ayat Al-Quran bahwa islam adalah sebagai rahmatan lil ‘alamin, rahmat bagi seluruh alam.

Nah, dengan kehadiran warganet, para awak media, serta tokoh lintas agama, besar harapan agar kita semua menjadi corong untuk tagar #HormatiPerbedaan. Sekali lagi, termasuk kamu ya!

Bukannya apa, Indonesia dibangun tidak oleh satu kelompok atau suku tertentu saja, Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terbanyak ke empat di dunia. Sekurang-kurangnya ada 1.340 suku yang tercatat dan tersebar di 16.056 pulau di seluruh Nusantara. Indonesia juga punya setidaknya 700 bahasa daerah. Beh, bisa kamu membayangkannya? ๐Ÿ˜’

Itulah kenapa tagar #HormatiPerbedaan menjadi penting untuk disebarkan melalui dunia maya. Pasalnya, dunia maya juga akhir-akhir ini tengah digiring untuk hanya mengakui kelompok tertentu saja. Gak bisa dong seperti itu. Iya kan?

Membicarakan perbedaan dan keragaman yang ada di Indonesia mengingatkan saya akan adagium, “Indonesia diciptakan ketika Tuhan sedang tersenyum.”

Kacamata Kuda & Gerak #sebarkanBeritaBaik

sebarkan berita baik

Alkisah,

Di sebuah hutan hiduplah seekor kuda bernama Horas. Perawakannya yang kekar dengan badan yang hitam mengilap membuatnya terlihat sangat jantan. Pun dengan reputasinya yang termashyur seantero hutan.
Masih di hutan yang sama, seekor kuda lain bernama Bidak pun hidup dan tinggal bersama penghuni hutan lainnya. Berbeda dengan Horas, Bidak tak setersohor itu. Posturnya cenderung gemuk dengan warna cokelat.
“Kutantang kau berlomba mengitari bukit itu, Bidak,” Horas dengan sombongnya.
“Buat apa? Kamu jelas adalah kuda tercepat di hutan ini. Ketangguhan dan kecepatanmu tak terkalahkan,” tangkas Bidak.
“Aku tidak mau tahu, kutunggu kau besok pagi!”
Sambil membayangkan kemenangannya yang diarak oleh para penghuni hutan, Horas menyambangi sebuah toko untuk membeli kacamata sebagai persiapan agar tampil lebih percaya diri.
Keesokan harinya, seluruh penghuni hutan berkumpul untuk menyaksikan adu cepat antara Bidak dan Horas.

Padahal semua sudah tahu siapa yang akan keluar sebagai yang tercepat.

Di garis start telah ada Horas dengan kacamata hitamnya, sementara Bidak tidak memakai apa-apa.
Sesaat setelah perlombaan dimulai, Horas langsung melesat ke depan.

Semakin berlari, semakin kecepatannya bertambah dan Bidak pun tertinggal jauh dengan larinya yang lamban namun teratur.
Mendekati garis finish, tanpa disangka kaki kiri Horas terperosot ke lubang yang tepat di sampingnyaโ€”tulang keringnya patah menembus kulit mengucurkan darah. Dia terpelanting ke sisi bukit, kacamatanya entah terlempar kemana.
Alhasil, Bidak yang tak berkacamata pun memenangkan adu cepat ini.
Seisi hutan bersorak sorai untuk kemenangan Bidak. Horas yang angkuh lagi sombong harus mengakui kekalahannya.
***

Foto oleh @jumardanm. Boleh kak, IG-nya difollow. Fotonya bagus-bagus loh ๐Ÿ’–

Rabu (9/5/18) pagi kemarin ingatan saya dilempar ke kisah Horas dan kacamatanya ini, tepat di Gedung Promoter, Polda Metro Jayaโ€”Jakarta.

Adalah Irjen Pol. Drs. Idham Aziz, M.Si selaku Kapolda Metro Jaya yang menginginkan acara Morning Coffee antara dirinya dengan Netizen yang dalam bahasa Indonesia disebut warganet digelar.

Kegiatan ini juga menjadi corong untuk lomba dengan hadiah yang tidak main-main. Saya akan menceritakan bagian ini nanti.

Jadi begini, pertanyaan pertama adalah kamu tahu kan berapa jumlah pengguna internet di Indonesia?

Trus, untuk keperluan apa mereka mengakses internet? Berapa jumlah pengguna internet yang juga aktif di media sosial?
Jika kamu adalah seorang warganet, kamu tentu paham betul betapa panasnya dunia maya saat ini. Banyaknya berita bohong yang berseliweran, berita palsu yang menyebar, berita tentang ujaran kebencian, serta beragam berita-berita negatif lainnya membuat semua orang gerah.

Pasalnya, dunia maya kini sudah dianggap sama dengan dunia nyata. Ada beberapa orang yang tidak bertanggungjawab menyebar semua berita-berita tadi. Parahnya, tidak sedikit orang yang terhasut dan hal ini tentu saja membahayakan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Well, am I sound so patriotic? ๐Ÿ˜›

Man, I tell you the truth! The internet sounds horrible.

Maka dari itu, Polda Metro Jaya mengajak pengguna internet aktif untuk minum kopi bersama sambil membincangkan hal ini. Omong-omong, bukan hanya kopi sih, ada juga nasi daging, kue-kue, serta singkong yang sialnya saya kehabisan.

Membicangkan dampak internet hari ini memang sungguh melelahkan, kita butuh lebih dari sekadar kopi. Hehe

Oiya, hadir pada hari itu yang memberi sambutan Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, Kapolda Metro Jaya yang diwakili oleh Inspektorat Pengawasan Daerah (Irwasda) Kombes Pol. Drs. Komarul Zaman, serta Ndorokakung yang mewakili teman-teman Blogger, Vlogger, serta Content Creator.

Nah, sambutan dari Pak Irwasda inilah yang meningatkan saya tentang cerita Horas tadi. Kamu masih ingat kan?

Tips ketika mendapatkan sebuah berita di internet atau di grup-grup Whatsapp dari Pak Komarul ini, “Cek dulu beritanya, lakukan klarifikasi, dan jangan langsung sebar!”

irwasda polda metro jaya
Grafis oleh @jumardanm. Boleh kak, IG-nya difollow (teteup). Fotonya bagus-bagus loh ๐Ÿ’–

Dua hal menarik dari Morning Coffee Polda Metro Jaya ini, yaitu:

Lawan Hoax dengan #SebarkanBeritabaik

Polda Metro Jaya merilis tagar #SebarkanBeritaBaik yang sempat menjadi Trending Topic di Twitter hingga menjelang sore hari.

Tagar ini sebagai perwujudan keamanan dan ketertiban dunia maya dan dunia nyata yang memanas hari ini. Pihak kepolisian sadar betul akan perannya mengenai hal ini dan berupaya sekeras mungkin untuk bisa menangkal segala bentuk berita negatif, ujaran kebencian, dan tentu saja hoaks.

Epik, Dan! โœŒ

Lomba Blog, Lomba Vlog, Lomba Konten Media Sosial Mei Juni 2018

Upaya lain yang dilakukan oleh Polda Metro Jaya untuk menyejukkan dunia maya adalah menggelar lomba konten kreatif. Lomba konten ini terdiri dari lomba blog, lomba vlog, serta lomba konten di Instagram dan Facebook yang dapat berupa foto, video, meme.

Seluruh lomba ini mengambil tema besar Bersatu Dalam Menjaga NKRI. Sementara periode lombanya berlangsung dari 9 Mei hingga 22 Juni 2018.

Trus, hadiahnya apa?

Nah, ini dia yang tadi saya bilang tidak main-main.

Lomba konten kreatif ini berhadiah smartphone, laptop, kamera, trofi, serta hadiah utama berupa motor dan undangan untuk meliput Kapolda patroli di udara menggunakan helikopter. Kemana? Keliling Jakarta, cyn.

Pengumumannya kapan? Tenang, pengumumannya tanggal 1 Juli 2018. Kamu tahu kan itu hari apa?

Yap, hari Minggu!

Eh, bukan ding, Hari Bhayangkara ๐Ÿ˜‚

Yasudahlah ya, saya mau siap-siap untuk bikin materi lomba kontennya. Doakan saya menang! Supaya kita bisa Morning Coffee bareng ๐Ÿ˜™

Jika lomba tadi kurang jelas. Nih.. Nonton nih!

Masih kurang jelas? Astagah ๐Ÿ˜’

Cek media sosial Humas Polda Metro Jaya di Facebook, Twitter, dan Instagram. Kirimkan pertanyaanmu melalui DM. Ingat, jangan jualan obat peninggi badan dan pemutih wajah di kolom komentarnya!

***