Wednesday, 19 December 2012

Packaging Bolu Kukus





BOLKUS bersama dengan kemasan makanan yang lain.


Dalam pembuatan tugas mata kulah Grafika 2 saya memilih bolu kukus sebagai makanan yang akan dikemas. Bolu kukus merupakan cemilan manis yang berbahan dasar tepung terigu dan gula dengan bentuk dan warna yang beraneka ragam.

Material bahan kemasan :
Desain kemasan di print di sticker ritrama.
Karton duplex dengan ketebalan 400gsm.
Double tip dan lem lilin.

Biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan sebuah kemasan adalah 25K untuk sticker ritrama, 4K untuk karton duplex, serta 4K double tip dan lem lilin. Sehingga total keseluruhan adalah  33K.

Monday, 17 December 2012

Hari jumat, hari yang mulia bagi mereka yang berpulang.

Al-Fatihah untuk istri Muhary Wahyu Nurba.


Terima kasih untuk sambutan senyum hangat pada perjumpaan pertama kita di rumahmu, bu. Terima kasih untuk menu indomie goreng dan telur mata sapi yang kau sajikan tepat ketika aku lapar, bu.

Dua hari belakangan ini saya memang selalu berhubungan lewat telepon genggam dengan suamimu, bu. Bukan untuk berbicara mengenai kesehatan ibu tapi, pembuatan foto prewedding satu geng kami. Senja kemarin, dua pucuk pesan singkat dari teman tentang ibu yang katanya harus dilarikan ke rumah sakit, di ICU pula. Kekasihku yang sementara belajar di dunia medis mengatakan bahwa orang yang dirawat di ICU itu adalah orang yang memang betul-betul kritis.

Kita memang tidak begitu akrab, pembicaraan kita hanya dua atau tiga patah kata saja. Tapi entah kenapa, sejak saya menerima pesan singkat itu, saya tak henti mengingat raut wajah sumringah ibu ketika kita bertemu.

Saya kemudian teringat Inna dan adik-adiknya. Empat orang anak perempuan dari buah pernikahan ibu. Mereka masih kecil menurut saya. Pikiran terburuk saya muncul. Bagaimana seandainya ibu benar-benar meninggal? Cara membesarkan anak oleh seorang ibu, berbeda dengan cara membesarkan anak oleh seorang ayah.

Kekasihku membangunkan sekitar pukul setengah delapan. Setelah mengirim pesan selamat pagi ke kekasihku, saya kemudian membuka twitter hanya untuk sekedar mondar-mandir mencari tahu tentang kejadian apa pagi ini. Melalui akun seorang penulis, saya menemukan pikiran burukku telah menjadi kenyataan.
Hari jumat, hari yang mulia bagi mereka yang berpulang. Begitu kira-kira dalam agama, saya tak tahu pasti. Maaf bu, kurasa pemahaman agamu tentu lebih dalam dariku.

"Nak, sampaikan ke ibumu kalau ayah sangat mencintainya."

Kalimat terakhir di ujung percakapan telepon antara suami dan anakmu yang selalu membuat saya cemburu ketika mengingatnya, bu. Dari situ, saya akhirnya tahu  bahwa betapa suamimu sangat mencintaimu. Dan betapa kehilangannya dia hari ini! Tapi ah, sudahlah. Orang hebat seperti suamimu itu tak kan berduka dalam waktu yang lama, yakinlah. Saya melihat semangatnya yang luar biasa dan itu menular.

Kuakhiri tulisanku ya bu, selamat beristirahat!



Parangtambung, 7 Desember 2012

Sunday, 9 December 2012

Siapa Kau!


siapa kau yang menelponku dengan berbisik lembut?
siapa kau yang tiba-tiba menghambur di kamar-kamar rumahku tanpa mengetuk pintunya?
siapa kau yang tiba-tiba memanggilku dengan sapaan nak?
bahkan ibuku saja tak pernah memanggilku dengan sapaan itu.

adakah kau duri?
yang pandai bicara tentang cinta
yang berhasrat mengumpulkan keping-keping kenangan.

pergi lalu tutup kembali pintunya dari luar!
sebab tak ada kepingan kenangan disini,
tak ada cinta disini
mereka baru saja pergi dengan hujan desember.

Pelita Raya, 9 Desember 2012

Tuesday, 13 November 2012

Invitation Handmade




Spesifikasi Bahan :

Untuk bagian luar, saya menggunakan kertas kingstruk 260gsm + laminating doff.
Untuk bagian dalam sebagai hardcover, saya menggunakan karton 30".
Jilid yang saya pergunakan adalah jilid spiral besi.

Monday, 22 October 2012

Children

Location : Desa Saloppokko, Kecamatan Sabbangparu, Kabupaten Wajo

Location : Danau Tempe, Kabupaten Wajo

Tuesday, 16 October 2012

Personal Profile

Sampul

Profile

Skill

Portofolio I

Portofolio II

More Portofolio

Contact

Logo
Setelah 2 kali asistensi oleh dosen dan asistennya serta beberapa kali gonta-ganti desain, akhirnya selesai. Gambar di atas adalah tugas mata kuliah Grafika 2, namanya Personal Profile. Dimana mulai desain hingga produk cetaknya ditangani sendiri. Terdiri dari 16 halaman ditambah sampul.

"Setiap designer  harus punya personal profile"
-Irfan Arifin, dosen pengampuh mata kuliah grafika2- 


# Produk Desain
   Personal Profile : Cetak / Print
# Ukuran 24cmx24cm
# Sampul berbahan kertas kingstruk 260gsm + Laminating Doff
# Isi berbahan kertas kingstruk 210gsm
# Timbal balik / 2 sisi
# Jilid buku

Saturday, 6 October 2012

Selamat Ulang Tahun (Rectoverso)


Miliaran panah jarak kita
Tak jua tumbuh sayapku
Satu-satunya cara yang ada
Gelombang tuk ku bicara
...

Tahanlah, wahai waktu
Ada "selamat ulang tahun"
Yang harus tiba tepat waktu
Untuk dia yang terjaga
Menantiku
...

Tengah malamnya lewat sudah
Tiada kejutan tersisa
Aku terlunta,tanpa sarana
Saluran 'tuk ku bicara
...

Jangan berjalan, waktu
Ada "selamat ulang tahun"
Yang harus tiba tepat waktunya
Semoga dia masih ada
Menantiku
...

Mundurlah, wahai waktu
Ada "selamat ulang tahun"
Yang tertahan 'tuk kuucapkan
Yang harusnya tiba tepat waktunya
Dan rasa sayang yang s'lalu membara
Untuk dia yang terjaga
Menantiku



*Selamat ulang tahun buat kamu! Ini kadonya
 http://youtu.be/WiUg78C6gbY*

Tuesday, 11 September 2012

Dendy Mike's - 2 Manusia

Ini adalah satu OST. Perahu Kertas dan saya (eh, kami) sangat menyukainya. 


Meski jalan ini masihkan terus berputar 
Ujung jalan ini kau dan aku yang tahu
Semua yang tertawakan kita kan berbalik,
berharap menjadi kita..
Meski awan ini masih kan terus membayangi,
Warna langit ini sejatinya kita tau
Ada dua bintang tuk kau dan aku
Menanti kita tuk kembali bersama..

Refrain :

Di angkasa terlukislah kisah kita
2 manusia yang berputar demi cinta 
Mungkin cuma aku dan kamu
Tak terperdaya berkat badai ini
Mungkin cuma aku dan kamu
 Yang percaya ini semua kan jadi nyata
Kan jadi nyata..
Meski langkah ini kadang bertambah berat
Sudikah kau tunggu, relakah kau melepasku?


Refrain :
Di angkasa terlukislah kisah kita
2 manusia yang berputar demi cinta
 Mungkin cuma aku dan kamu
Tak terperdaya berkat badai ini
Mungkin cuma aku dan kamu 
Yang percaya ini semua kan jadi nyata

Kan jadi nyata..

Mungkin cuma aku dan kamu 

-Bersama Dee Lestari, Penulis Novel Perahu Kertas-

-Ini, kami. 2 Manusia-
-Bersama Pemain Film Perahu Kertas-

Tuesday, 4 September 2012

Pintar Memotret atau Cerdas Memotret?

Re-blogged : seribukata [dot] com : Pintar Memotret atau Cerdas Memotret?


Sepenggal paragraf yang kembali saya tegaskan bahwa fotografi itu memang adalah sebuah kenikmatan. Selalu ada kenikmatan tersendiri ketika kita menekan tombol rana. Dan pada akhirnya, kita akan orgasme melihat hasilnya.


Friday, 17 August 2012

Sebuah cita-cita dari seorang anak desa

Photo by : Jumardan Muhammad

Photo by : Jumardan Muhammad
Cita-cita sederhana dari anak yang polos. Tapi, perhatikan tujuannya! Mengubah Indonesia. Hingga akhirnya, saya masih harus optimis bahwa Indonesia akan jauh lebih baik ke depan. Itu saja. 

Photo by : Jumardan Muhammad
Dirgahayu Republik Indonesia Ke-67 (dengan berbagai masalah yang tak berujung).

Tuesday, 7 August 2012

Suatu waktu, hari bercerita tentang anak.

Berdoa

Berpikir

Berkhayal?

Menulislah!

Hasilnya?
Location : Kantor Desa Goarie Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng

Saturday, 28 July 2012

Sabtu di sebuah pagi.

-hanya ada biru, hijau dan merah muda yang manis-
Lokasi : Donri-Donri Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan.
Tak ada apa-apa di Danau Tempe tapi, kekasihku mencari itu.
Saya telah menjanjikan banyak hal, banyak mimpi.

Wednesday, 11 July 2012

Setelah menyeruput kopi susu, mulailah diskusi itu

Semalam saya mengikuti bincang-baca buku @hurufkecil di kafe ininnawa (11/06/12). Dari awal hingga akhir diskusi saya hanya tertarik dengan konsep ruang dan waktu di bugis dan makassar yang mereka paparkan.
"Selalu berpikir tentang masa lalu, seolah-olah yang ideal itu hanyalah masa lalu. Bagaimana dengan masa depan? Apakah kita tidak pernah berpikir tentang masa depan?" Setidaknya begitu sebuah pertanyaan yang tak terjawab (bagi saya) yang muncul malam itu.

Sementara kemarin malam di Graha Pena (10/06/12), Nunding Ram ditestimoninya dalam rangka memperingati 10 tahun yayasan esensi dan launching buku Mata Badik Mata Puisi milik Kiai D. Zawawi Imron mengemukakan bahwa sudah sebuta itukah mata kita akan budaya bugis makasssar? Sehingga tidak bangga akan budaya dan masa lalu kita?
Nenek moyang kita telah melahirkan sebuah karya luar biasa dan terpanjang di dunia, Sureq Lagaligo,  bahkan mengalahkan kisah Ramayana dan Mahabrata. Selain itu, jauh sebelum ditemukannya teori demokrasi, orang bugis sudah jauh lebih dulu menerapkannya.

Hingga akhirnya, nampak jelas perbedaan dua generasi yang saling mempertentangkan interpretasi tentang masa lalu dan masa depan. Setidaknya kebanggaan akan masa lalu dapat dijadikan pelejit untuk masa depan yang akan lebih jauh membanggakan, itu saya. Lantas, bagaimana dengan anda?

Diana Mini, #ttymkdsc, #pelukan, Mata Badik Mata Puisi

Tuesday, 5 June 2012

Selamat datang, Juni!
Saya hanya ingin menuliskan beberapa kalimat dari pekerjaan mendengarkan saya belakangan ini (agar dapat menjadi penyemangat).


Dari pentas Festival Kala Monolog IV 28-30 Mei 2012 di Gedung Societeit De Harmonie :

"Kita bahkan lupa cara menangis yang baik!" Pidato-Putu Fajar Arcana.


Dari pendokumentasian kegiatan Vierra selama di Makassar tanggal 1 Juni 2012, saya sempat menguping kesimpulan percakapan event organizernya tentang cara berhenti merokok, m-e-r-o-k-o-k.

"Gue udah enam bulan berhenti merokok bro, insyaf deh gue!. Caranya gampang, pertama,  ubah mindset lo tentang rokok. Bahwa betapa rokok itu emang beracun, mematikan. Kedua, pelan-pelan aja berhenti, kurangin-kurangin, lama-lama akan berhenti sendiri kok. Kalo berhenti langsung sih, emang gak bakalan bisa tapi kalo pelan-pelan dan emang sudah niat, bakalan bisa kok."


Dari KELASPAGI HASBULLAH MATHAR tanggal 3 Juni 2012.

"Selamat datang di kelas pagi. Kelas yang tak punya kelas, kelas yang tak punya tempat. Dimana semua tempat adalah kelas." -BANG IBUL-

"Kesendirian dalam jendela bidik memang, tapi mampu merekam keramaian." -BANG IBUL-


Dari kegiatan HEALTHY WITH GREEN CAMPUS oleh KompasKampus dan Tupperware tanggal 4-5 Juni 2012 di UIN ALAUDDIN MAKASSAR.

"Jangan takut setan! Bersahabatlah dengan setan tapi jangan tiru kelakuannya." -DIK DOANK-

"Dinding auditorium ini sangat bersih, mana karya mahasiswanya?!" (menggelitik bagi saya) -DIK DOANK-

"Muda, kita yang jaga kesehatan. Tua, kesehatan yang jaga kita." -SHAHNAZ HAQUE-


Terima kasih, selamat malam! Project final DKV saya menumpuk. Deadline? Minggu depan mungkin. Ya Rahman!
-Sesuatu Tentang Kertasnya-

Monday, 21 May 2012

Desain Komunikasi Visual

Tugas Bahasa Indonesia membuat deskripsi mata kuliah. Nah, kebetulan sekali. Ada mata kuliah Desain Komunikasi Visual yang terbagi menjadi part 1, part 2, part 3, sampai part 4 (mungkin). Tapi, di semester tua.

Makassar?

Kota Makassar dengan brandnya akhir-akhir ini.
Foto dari gedung tua depan Mall Panakukang. Diolah di photoshop CS4. Hanya itu? Ya, hanya itu. MAKASSAR MENUJU KOTA DUNIA (katanya).

Wednesday, 25 April 2012

Untitled

Duduk menikmati senja dengan sisa jalan yang basah, nikmat bukan?
Sambil menikmati aroma tanah yang tersiram hujan.
Menyeruput moca sambil bicara mimpi.
Kita yang dipertuan mimpi,
Kita berbuat,
dan Tuhan melihat!

Setelah mimpi ini tuntas,
Kita lanjut ke mimpi selanjutnya!


Circle K Losari, 23 April 2012.

Wednesday, 11 April 2012

Mahasiswa Tahun 3

Sayang, kita mahasiswa di tahun 3.
Jangan bilang waktu telah berubah, ini masih tahun 3.
Zaman dimana mahasiswa disekat oleh gelar senior-junior.
Zaman senior-junior dimana junior harus tundukhormat terhadap seniornya.
Zaman dimana junior tidak boleh banyak bicara atau senior akan bersatu menghujatmu kemudian wajah dan perutmu adalah taruhannya.

Sayang, kita kuliah di tahun 3.
Senior-junior, tiap persoalan harus diselesaikan dengan kekerasan.
Senior itu adalah Tuhan dan junior hanyalah budak.
Sayang, jangan pernah mencari kesalahan seniormu, sebab mereka adalah Tuhan Yang Maha Benar.

Sayang, kuliah di tahun 3 itu begitu.
Jangan pernah bercanda dengan seniormu. Bicaralah hanya ketika kau ditanya.
Itupun, jangan kau tatap matanya, tunduklah!

Sebuah catatan, saya juga pernah kalah.
Pelita Raya, 11 April 2012 (-19hari ORANGEFEST)

Monday, 9 April 2012

Senin

Senin minggu lalu harus kecewa, persiapan sudah matang tapi rencana gagal. Senin ini, rencana juga sudah matang tapi lagi-lagi, harus gagal. Nampaknya, saya tidak berjodoh dengan senin! Oh, maaf. Saya tidak boleh men-judge begitu saja (ada hikmah dibalik gagalnya rencana-rencana senin).
Saat tulisan ini saya ketik, hari masih sore tapi udara panas bikin berkeringat. Kurasa, saya tidak akan menemukan apa-apa hari ini, tapi duduk sambil minum kopi susu kesukaanku membuat saya menemukan tulisan ini dan penulisnya, hebat! Lagi-lagi saya kalah dalam menuliskan sesuatu yang benar.

"Belajarlah pada sudut-sudut pasar tradisional, pada lengangnya tengah malam, pada teduhnya cahaya rembulan atau pada goyangan dedaunan ketika ditiup angin. Bukalah hatimu, kau akan banyak belajar dari itu semua. Orang-orang sukses banyak menemukan kesuksesannya dari sejumput hal-hal kecil yang mampu ia rangkaikan menjadi hal-hal besar."
(saya menyukai angle ini)

Kompasiana, inspiratif! Baca tulisan lengkapnya disini.

Sunday, 1 April 2012

Ma', saya mencintai Ade

Bulan Desember di akhir tahun 2011. Aku menemukannya kembali Ma'. Bahagia yang tak mampu kutuliskan sebab aku kehilangannya selama tiga tahun. Bukan tanpa sebab, karena itu adalah kesalahanku sendiri, kesalahan terbesar yang kulakukan. Menduakannya dengan perempuan lain. Wajar saja, perempuan mana yang mau dimadu?

Aku menemukannya kembali Ma'. Aku menemukannya saat sedang bersama perempuan yang kusebut kekasih.

Sesaat setelah menghabiskan senja, aku mengantarnya pulang. Diakhir pertemuan itu, aku mengatakan bahwa aku masih sayang dia. Hal yang membuatku terkejut adalah saat dia menjawab bahwa selesaikan dulu apa yang harus saya selesaikan! Beberapa hari setelahnya, kuselesaikanlah apa yang harus kuselesaikan. Memutuskan semua kekasih-kekasihku sebelumnya. Sebab, apa yang kucari, telah aku temukan.

Dia perempuan dengan senyum dan mata yang teduh. Hal yang membuatku selalu nyaman saat bersamanya Ma'. Perempuan dengan semangat yang tak pernah surut saat mencita-citakan sesuatu. Kami selalu saling mendukung satu sama lain. Kadang, dia selalu saja memberikan sesuatu yang bermanfaat pada tiap ketertarikanku. Dia adalah penasihat, pendengar, pengingat, serta penyemangat setelahmu Ma'. Dia perempuan hebat, mampu menjaga dirinya saat saya sedang tidak bersamanya Ma'. Dia senang menulis, membaca, menonton film, mendengar musik, dia juga anak dan cucu yang berbakti Ma'. Dan satu lagi, dia perempuan apa adanya Ma'.

Saya mahasiswa desain dan dia mahasiswi keperawatan. Agak tidak nyambung kedengarannya Ma'. Tapi, kami senang, kami senang berbagi. Dia telah mengajarkan banyak hal tentang hidup Ma'. Olehnya itu, saya selalu merasa kagum dengannya.

Beberapa hari lalu dia "dingin". Mungkin setelah keseringan membaca blog dari mantan kekasihku. Saya menyebutnya, dia sedang merasa bersalah, menganggap dirinya telah merebut kekasih orang. Ah, percayalah itu memang hanyalah bagian dari alur sebuah kisah cinta. Jalani saja!

Ma', umurku sudah 20 tahun dan dia yang mendampingiku memasuki 20 tahun itu. Saya sudah harus berpikir dewasa. Menjalani hubungan juga dengan sikap dewasa. Satu hal yang juga Heldi titip ke saya waktu pulang Sengkang. Berhenti bermain perempuan dan jalani hubunganmu dengan serius, jadikan dia yang terakhir! Itu juga doaku saat menutup 20 Maret Ma' dan setelah kubaca, kau merestuinya. Insya Allah!

Tuesday, 13 March 2012

Work in Progress

Pettarani, 13 Maret 2012. Tepat ketika adzan subuh berkumandang.


Tidak Sedang Menunggu

Aku menemukan diriku bangun dari lelap.
Mungkin karena kelelahan mengurus orangefest atau mungkin
bosan menunggu anak-anak dari fakultas senidesain
balik menyerang
atas kejadian di sebuah senja di awal malam jumat.

Tepat ketika sore mulai menyapa,
aku meninggalkan kampus.
Pulan makan sore, mandi, 
lalu menjemput kekasihku! Ah...

Ketika pasangan lain memilih tempat sunyi dan gelap untuk kencan,
maka kami memilih motor kotor dan jalan macet
sebagai tempat kencan paling romantis.



Rusunawa UNHAS, 12 Maret 2012. Tepat ketika saya sedang tidak menunggu.

Thursday, 8 March 2012

DIPONEGORO

Penggalan puisi Chairil Anwar dengan judul Diponegoro yang dijadikan bahan tugas mata kuliah tipografi II.

Monday, 5 March 2012

Traditional Dance

GTC Makassar, 3 Maret 2012.

Friday, 2 March 2012

Melintas Makassar-Pelita Raya

kemarin (tadi malam)
ketika angka 3 jauh sebelum menginjakkan kaki
menikmati senja,
makan malam,
menghadap Tuhan,
serta melumat habis film dari sebuah novel
Negeri 5 Menara, inspiratif!

Dan yang paling nikmat,
adalah ketika hal-hal itu
kita habiskan bersama perempuan yang kusebut kekasih.
Aku merasakannya!

Malam merangkak,
kuhabiskan dengan menikmat secangkir kopi susu
lengkap dengan diskusi tanpa ujung pangkal.
Tapi, kekasihku telah jauh dalam mimpinya.

Melintas makassar ke pelita raya subuh ini,
aku merasakan dikerumuni wanita cantik, mulus.
Mereka terhidang, tinggal dicicipi saja.
Dan kurasa,
inilah yang bisa membuatku orgasme sejadi-jadinya.
Ah... Ilmu!


Pintu Nol UNHAS-Pelita Raya, 3 Maret 2012. Tepat pukul 03.28
Salam terima kasihku bang Adi Graph.

Wednesday, 29 February 2012

Di Gazebo

Aku menemukan kampus
yang mengap siang ini.

Tak ada yang berarti.

Hanya ada spanduk pemilihan rektor
Hanya  ada kelompok-kelompok
kecil yang berbisik
ngalor ngidul.

Akan berakhir sebagai
apa bisikannya?


Parangtambung, 29 Februari 2012

Monday, 27 February 2012

Kaligrafi Photoshop

Ayat di atas terdapat di al-quran surat Al-Qalam ayat 1, digunakan sebagai semboyan Ikatan Pelajar Muhammadiyah yang dulu Ikatan Remaja Muhammadiyah.

Tugas perdana dari mata kuliah TIPOGRAFI II, menuliskan suatu ayat dan artinya di software grafis kata pak dosen. Selamat datang semester 2, selamat datang tugas-tugas yang membuat kita harus selalu perang ide dan kreatifitas. Mari berdekave!

Pancasila

Hunting pada sebuah minggu di pagi hari bersama teman-teman di boyaboya photo hunting club, aku menemukan pancasila mengalir dan sesekali singgah diantara seonggok sampah di sungai yang warnanya hijau. Inikah pancasilaku sekarang?

Friday, 13 January 2012

Akhir 2011

Akhir 2011 saya tutup di Surabaya dengan hujan.

Apa? Siapa? Dimana? Kenapa? Kapan? Bagaimana? Pertanyaan klasik untuk kalimat di atas.
Bertolak dari Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya tepat di sebuah senja 27 Desember 2011 bersama teman-teman 19 orang Rumah Foto Makassar. Yak, Jambore Fotografi Mahasiswa Indonesia Ke IV. Ajak kumpul bagi mahasiswa Indonesia penggemar fotografi. Pelaksanaannya tiap tahun dan tahun 2012 dilaksanakan di Lombok (Hasil kongres di malam tahun baru). And u know? Pada kongres itu, Lombok harus bersaing ketat dengan Makassar pada voting pemilihan tuan rumah jambore tahun 2012 pemirsa! Kami (Makassar) siap, tapi hasil perhitungan suara masih belum berpihak ke kami. Dan Jambore Fotografi Mahasiswa Indonesia Ke V dilaksanakan di Lombok.
Rundown acaranya, seminar oleh para pakar foto Jawa Timur di gendrenya masing-masing. Dan saya baru tahu bahwa ada gendre foto dokumenter. Foto dokumenter itu adalah foto yang ada setelah foto-foto straight news (read: foto jurnalistik). Selain seminar, ada juga hunting foto kota Surabaya, lokasinya berada tepat di Jembatan Merah.
Acara berakhir tepat di sebuah pagi bernama minggu 1 Januari 2012. Dan perjalanan keliling Jawa Timur dilanjutkan ke Malang, Batu dan berakhir di hunting Gunung Bromo bersama teman-teman UKM Panorama Universitas Islam Malang.
Hari-hari yang indah di Jawa Timur dihabiskan di hari selasa. Dan bandara Juanda adalah saksi kepulangan kami Rumah Foto Makassar. Pesan dari perjalanan akhir tahun ini adalah motretlah dengan menggunakan mode P pada kamera. Dan itu yang membuat kami, masih selalu bertanya-tanya tentang fungsi dari kamera DSLR.


                          #FOTO BERSAMA RUMAH FOTO MAKASSAR DENGAN ERIC IRENG#

                   #FOTO BERSAMA RUMAH FOTO MAKASSAR DENGAN PANITIA JMFI Ke IV#