Infografis Tipis-Tipis untuk Blogger

belajar-infografis


Jika kau bukan anak raja, juga bukan anak ulama besar, maka menulislah!

Adagium di atas tentu tidak asing bagi para penulis. Profesi bloger yang kini banyak digeluti orang-orang dari berbagai kalangan pun akan tertohok dengan pecut semangat yang disampaikan oleh Imam Al-Ghazali ini.
Sayangnya, dunia blogging ternyata tidak semudah itu, Ferguso! 😚
Kecanggihan teknologi dan perkembangan internet menuntut para bloger untuk terus belajar dan mengasah diri.

Kemampuan menulis nyatanya tidak cukup. Kini kita telah tiba di mana banjir informasi tidak lagi terelakkan sehingga semua orang mampu menghasilkan konten.

belajar-infografis-untuk-pemula

Meski sempat kuliah desain, saya tidak pernah kepikiran memanfaatkan grafis untuk membuat tulisan di dalam blog lebih menarik. Saya baru menyadari hal ini ketika mengikuti lomba blog yang ketiga kalinya pada akhir 2017 lalu.

Ya, walaupun saya melakukan kesalahan besar dengan membuat infografis dalam bentuk landscape yang ternyata tdak efektif pembacaannya di handphone.

Untungnya, saya keluar sebagai juara ketiga! 😅

Pengertian Infografis

belajar-infografis-untuk-blogger

Beralih ke topik utama, jadi, pengertian infografis adalah istilah yang berasal dari dua kata: information dan graphic.

Informasi ini dapat berupa apa saja, baik pemberitahuan umum atau paparan data.

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa visual lebih efektif menyampaikan pesan jika dibandingkan dengan tulisan. Namun, saya sangsi melihat visual berdiri sendiri tanpa adanya teks yang menyertainya.

Beragam fakta daring menjelaskan orang-orang kini tidak lagi membaca di gadgetnya melainkan memindai. Hal ini disebabkan oleh tingginya tingkat distraksi oleh konten-konten lain yang beredar di jagat maya.

Ada beberapa kelebihan infografis yang menurut saya krusial, yakni:

  1. Menarik perhatian pembaca
  2. Memudahkan pembacaan artikel
  3. Memperindah tampilan blog

Itu hanya beberapa menurut saya. Jika kamu ingin tambahkan, silakan ke kolom komentar, ya 😊

Jenis-jenis Infografis

belajar-infografis-untuk-pemula

Pada dasarnya infografis terdiri dari berbagai macam jenis dan semuanya tergantung dari penggunaannya serta kebutuhanmu sebagai bloger.

Namun jika dilihat dari bentuknya, infografis terbagi ke dalam tiga macam: infografis statis, infografis animasi, dan infografis interaktif.

Untuk contoh yang terakhir kamu bisa berkunjung ke Visual Interaktif Kompas.

Nah, selama ini saya hanya membuat infografis statis yang terbagi ke dalam 4 jenis. Apa saja? Berikut ulasannya!

  • Informasi

Gaya infografis yang satu ini merupakan jenis yang paling gampang dibuat. Soalnya, yang perlu kamu lakukan adalah mengumpulkan kata kunci-kata kunci terkait informasi yang ingin ditampilkan, masukkan ke aplikasi pembuat grafis, dan jadi deh!

  • Visualisasi Data

Sementara untuk gaya ini cenderung bikin mumet. Keseharian kita yang berjarak dengan data sebenarnya adalah alasan kenapa infografis visualisasi data terlihat sulit.

Untuk membuat infografis jenis ini, kita perlu memberi perhatian lebih terhadap angka-angka yang muncul.

Beberapa di antaranya sering kali memiliki hubungan. Kumpul angka-angka yang menurutmu penting, beri sedikit penjelasan perihal setiap angka yang muncul, dan susun mereka dalam grafis.

Ada banyak cara menyajikan data, kamu bisa membuatnya dalam bentuk chart atau menampilkan angka saja serta icon atau gambar terkait sebagai pemanis.

  • Perbandingan

Infografis perbandingan tidak seribet visualisasi data. Jenis ini hampir sama dengan informasi. Perbedaannya terletak pada adanya dua informasi yang ditampilkan dalam satu infografis.

Yang jelas, pastikan kedua unsur yang dibandingkan adalah apple to apple. Menariknya gaya ini karena tampilan visual keduanya cenderung kontras sehingga mata akan lebih fokus.

  • Garis Waktu

Duh, infografis jenis ini yang paling berkesan bagi saya.

Tips buat kamu yang ingin membuat infografis garis waktu adalah perhatikan dengan baik penanda waktu yang ada di sebuah tulisan.

Setelah itu, susun manis mereka di dalam aplikasi pembuat infografismu. Terakhir, jangan lupa untuk memberikan sedikit penjelasan (yang penting-penting saja).

Garis waktu ini hampir mirip dengan visualisasi data.

Elemen Infografis

belajar-infografis-untuk-pemula

Lantas, apa saja sih elemen-elemen yang harus ada di dalam sebuah infografis?

Sebenarnya sama dengan sebuah blog post yang terdiri dari judul, pengantar, dan isi, sebuah infografis juga memuat ketiga hal tersebut.

Hanya saja infografis membutuhkan sumber data; dari mana sebuah data tersebut di ambil.

Hal ini untuk memastikan bahwa infografis yang kita buat bukan kaleng-kaleng atau pemanis kehidupan rumah tangga kita.

  • Judul

Bagian ini dibutuhkan sebagai penanda sebuah infografis. Tipsnya, pilihlah judul yang eye-catching serta berbeda dengan judul artikel yang kamu buat.

Oiya, untuk yang satu ini kita juga butuh ilmu Copywriting.

Jangan boros dengan menuliskan kembali judul artikel sebagai judul infografis. Judul ini akan membantu infografis agar bisa berdiri sendiri; misalnya jika dibagikan di akun-akun media sosial kita.

  • Pengantar

Mbok ya, tanpa bagian ini kita akan kehilangan arah. Pembaca butuh sedikit penjelasan tentang masalah apa yang dibahas pada infografis yang kita buat. Semacam kesimpulan tulisan, namun diletakkan di bagian bawah judul.

  • Isi

Berhasil atau tidaknya sebuah infografis dalam menyampaikan pesannya terletak pada bagian ini. Jangan sampai kamu menghabiskan banyak waktu, tapi pembaca tidak menangkap apa-apa dari karyamu.

Di sinilah dibutuhkan kemampuan untuk memilih dan memilah data atau informasi apa yang hendak dimasukkan.

Penggunaan elemen grafis juga memegang peranan penting. Soalnya, jangan sampai isinya sudah bagus tapi grafisnya merusak.

Kalau kata seorang kawan, “Infografis juga butuh rasa dan seni.”

  • Sumber

Nah, apa yang membuat sebuah infografis powerful salah satunya adalah sumbernya. Tanpa sumber yang jelas, pembaca akan ragu terhadap apa yang kita bikin.

Info-info yang kita sajikan serta data-data yang kita paparkan membutuhkan keterangan yang membenarkan bahwa apa yang kita tampilkan adalah benar-benar sesuatu yang valid.

Tampilkan sumber di bagian bawah dengan ukuran huruf yang kecil-kecil saja.

Aturan Pembuatan Infografis

belajar-infografis-untuk-blogger

Untuk memberikan panduan tentang bagaimana cara pembuatan infografis yang benar, saya mencoba menyusun 3 hal penting. Ketiganya bisa kamu terapkan, ubah, bahkan modifikasi.

  • Latar

Tidak sedikit orang yang kesulitan dalam mendesain sebuah grafis. Hal pertama yang dilakukan sering kali adalah dengan membuka aplikasi dan boom! bingung menentukan latar yang akan dipakai.

Tips saya yang selama ini saya gunakan adalah dengan memakai latar berwarna putih terlebih dahulu, jangan pakai warna atau gambar yang terlalu menarik perhatian mata, dan jangan sampai latar grafis lebih menarik sehingga menyulitkan pembaca melihat isi.

  • Warna

Tren warna yang sedang hit akhir-akhir ini adalah warna-warna pastel atau soft. Ada baiknya jika infografis yang kita rancang juga menggunakan warna-warna jenis ini.

Give Customers What They Want!

Tidak hanya itu, hindari penggunaan lebih dari 3 warna agar infografis kamu tidak norak dan membuat pembaca tetap fokus pada isi.

  • Huruf

Duh, saya paham di dunia ini ada banyak jenis dan macam-macam huruf. Namun sama seperti warna, kamu sebaiknya menggunakan maksimal 3 jenis huruf saja. Jika memungkinkan, 1 jenis huruf saja tidak masalah.

Kamu bisa memainkan pilihan bold, italic, atau ukuran sebuah jenis huruf untuk membedakan judul, pengantar, dan isi.

Beberapa rekomendasi huruf yang bisa kamu coba adalah Myrad Pro, Calibri, serta Coolvetica.

Tips Infografis

belajar-infografis-untuk-pemula

Sebagai tambahan, ada beberapa tips yang bisa kamu coba. Sekali lagi, hal-hal ini saya susun berdasarkan pengalaman selama ini.

  1. Gunakan format portrait saja karena mayoritas pembaca menggunakan handphone
  2. Mainkan kata kunci untuk memudahkan dalam memilih dan memilah informasi
  3. Selalu cantumkan sumber
Begitulah kura-kura. Yang pasti, perbanyak referensi infografismu karena ilmu yang satu ini akan terus berubah dan berkembang.

Salah satu tempat untuk mencari referensi dan berburu inspirasi adalah di Pinterest.

Jika kamu seorang bloger yang ingin membuat infografis namun terkendala dengan aplikasi Adobe Photoshop, Illustrator, atau InDesign, tidak ada salahnya jika memanfaatkan Canva.
Kita sudah cukup dibuat pusing dengan perancangan tulisan, jadi kenapa tidak kita menyerahkan urusan pembuatan infografis ke Canva?

Aplikasi daring ini menyediakan berbagai macam gaya dan pilihan template yang siap pakai.

Silakan oleh oprek sendiri karena Canva kini tersedia dalam Bahasa Indonesia. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tidak mengembangkan konten blogmu menjadi lebih menarik. Iya kan? 😉
***
Ulasan singkat materi belajar infografis untuk bloger bisa kamu unduh di sini.

Menjelajahi NESCAFÉ Mashup World, Mencicipi NESCAFÉ Lively Yuzu & Cool Coconut

Nescafe-Lively-Yuzu-Cool-Coconut


“Talent wins games, but teamwork and intelligence win championships,” Michael Jordan.

Kamu tentu tidak asing dengan nama pemain basket yang satu ini. Di Amerika Serikat dia adalah legenda yang dielu-elukan, di dunia olahraga dia didongeng-dongengkan.

Kisah hidupnya yang menyentuh dan permainannya yang menghipnotis membuatnya sulit untuk dilupakan.

Selama berkarir di lapangan basket sejak 1984 dan sebelumnya akhirnya memutuskan pensiun pada 2003, Michael Jeffrey Jordan telah mengoleksi 6 gelar juara Championship NBA, 5 trofi MVP, 12 All-Star Game, dan masih banyak lagi trofi.
Lantas, apa yang membuatnya bisa menjadi kampiun? Kerja keras dan kolaborasi.
Untuk yang terakhir ini, ingatan saya melayang ke salah satu sudut parkir Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat.
***

NESCAFÉ Mashup World

Nescafe-Lively-Yuzu-Cool-Coconut

Langit tampak gelap saat saya dan beberapa blogger tiba di mall pertama di Indonesia ini. Berada tak jauh dar trotoar jalan raya, ada sebuah bangunan non permanen berbentuk trapesium dari tampak samping.

Adalah NESCAFÉ yang menggelar bangunan bercorak biru dan kuning ini dengan mengusung konsep Mashup World.
Jika dahulu konsep yang didengung-dengungkan adalah melulu tentang kemandirian, kedaulatan, dan kesatuan, maka beberapa tahun belakangan ini kolaborasi menjadi kata yang memonopoli. Dalam banyak hal, kolaborasi tak bisa ditawar.

Tanpa kolaborasi, kita bukan apa-apa.

Konsep ini pun sejalan dengan NESCAFÉ Mashup World; perpaduan antara dua dunia yang berbeda sehingga mampu menghasilkan suatu karya yang menarik, seru, dan penuh kejutan.
NESCAFÉ Mashup World yang digaungkan oleh NESCAFÉ ini kemudian menjelma ke dalam dua produk kopi menarik, yakni Coffee dan Lively Yuzu serta Coffee dan Cool Coconut.

Nescafe-Lively-Yuzu-Cool-Coconut
Bayangkan, jika selama ini kita hanya akrab dengan campuran kopi dan susu, maka NESCAFÉ saat ini punya kopi dengan campuran yuzu (buah kecil menyerupai jeruk mandarin) serta kopi dengan campuran kelapa.

Kebayang gak tuh segarnya? 🤤

Demi mendukung kehadiran kedua produk kopi terbaru ini, NESCAFÉ pun membuat NESCAFÉ Mashup World agar kamu bisa #CobainSerunyaDuniaBaru.

Oiya, perhatikan peta di atas baik-baik agar kamu tidak kesasar dan bisa menentukan pilihan area yang akan dimasuki dengan cepat.

NESCAFÉ Cool Coconut

Nescafe-Lively-Yuzu-Cool-Coconut

Kita tentu sepakat jika memilih satu di antara dua itu tidak akan pernah mudah. Iya kan? 🤔

Memasuki NESCAFÉ Mashup World kamu akan dihadapkan pada kenyataan ini. Memilih Lively atau Cool. Saran saya, ikut suasana hati.

Pilihan saya jatuh pada area Cool terlebih dahulu. Alasannya sederhana saja; saya suka warna biru.

Jika sedang merasa keren, dan nyaman, tak ada salahnya jika memasuki area Cool terlebih dahulu. Sementara jika perasaanmu sedang bahagia dan menggebu-gebu, maka Lively jadi pilihan.

Eh, atau jika kamu bingung hendak pilih yang mana sementara antrian sudah mengular dan sesak, segeralah memasuki ruangannya secara acak.

Tak usah kelamaan mikir karena di dalamnya ada berbagai hal seru yang bisa kamu saksikan dan lakukan.

Di area Cool misalnya, ada pojok foto yang Instagramable dengan konsep Beach Summer. Bayangkan, kamu bisa punya foto ala-ala pantai di tengah pusat Kota Jakarta. Menarik, kan?

Area ini sebenarnya punya tiga konsep: NESCAFÉ Beach, Kopi x Coconut, dan Mashup Motion ✨

Nescafe-Lively-Yuzu-Cool-Coconut

Ada sebuah pojok yang menampilkan karya kolaborasi antara Kallula dan Ardy Arsyudio. Bagi yang belum tahu, Kallula adalah seorang penyanyi cantik, muda, dan berbakat dari grup band bernama Kimokal.

Pada 2018 kemarin, Kallula dan bandnya manggung di SXSW Music Festival di Austin, Texas, Amerika Serikat. Sementara Ardy adalah seorang komikus, animator, dan juga ilustrator yang aktif berkarya di dunia digital.

Musik dan visual mereka hadir dalam bentuk Mapping Wall Spot.

NESCAFÉ Lively Yuzu

Nescafe-Lively-Yuzu-Cool-Coconut

Setelah puas menjajal area Cool, saya berpindah ke Lively. Kesan pertama saat menginjakkan kaki di Lively adalah Lovely!

Iya, warna kuningnya cantik sekali kayak kamu.

Area ini terbagi ke dalam tiga konsep: Yuzu Dunk, Kopi x Yuzu, dan Silent Disco ✨

Nescafe-Lively-Yuzu-Cool-Coconut

Di pojok Yuzu Dunk, kamu akan berkesempatan untuk menyaksikan karya kolaborasi antara Naufal Abshar dengan Skynny Indonesia (kakak beradik Andovi da Lopez dan Jovial da Lopez).

Yo.. So wassap gaes? Apa kabs?

Naufal Abshar seorang pelukis yang dikenal dengan karyanya yang warna-warni dan penuh humor, sedangkan Skynny Indonesia merupakan Youtuber yang punya kecintaan besar pada permainan bola basket.
Karya yang mereka hasilkan di NESCAFÉ Mashup World pun menjadi favorit saya 💕
Oiya, yang paling menarik perhatian adalah gantungan berbentuk kopi dan yuzu dalam jumlah yang banyak di langit-langit NESCAFÉ Mashup World.

Kamu bisa berfoto sebebasnya di area ini.

Di sebelahnya Kopi x Yuzu ada Silent Disco. Pada pojoknya terdapat kacamata dengan nyala warna-warni lengkap dengan earphone dengan musik yang menghentak. Silent Disco ini seolah akan membawa kamu terbang dan berada di situasi yang memicu gelora semangat. Duh!

Nescafe-Lively-Yuzu-Cool-Coconut

Sebelum meninggalkan NESCAFÉ Mashup World, jangan lupa untuk menjajal Mashup Room. Di sini, lagi-lagi kamu harus memilih. Mau memainkan Cool Coconut atau Lively Yuzu. Ada game board digital yang bisa dimainkan, namanya Mashup Game.

Syaratnya kamu harus menekan sebanyak mungkin Coconut atau Yuzu pada layar. Mereka yang menekan sebanyak mungkin kedua campuran kopi NESCAFÉ ini akan mendapatkan nilai tertinggi. Eits, tes ketangkasan ini hanya memberi waktu kepada para pemainnya selama 15 detik.

Yang menang berhak mendapatkan Gift Box dan Shopping Voucher sebesar ratusan ribu rupiah setiap harinya. Mantap gak tuh? 😎

Nescafe-Lively-Yuzu-Cool-Coconut

Jika bermain di Mashup Game Cool, maka di akhir permainan kamu akan mendapatkan NESCAFÉ Cool Coconut. Sementara jika kamu mencoba Mashup Game Lively, kamu pun bisa mencicipi segarnya NESCAFÉ Lively Yuzu.

Akhirnya, NESCAFÉ Mashup World seluas kurang lebih 200 meter persegi ini memberikan sebuah pengalaman baru kepada saya tentang rasa dan visual.

Kamu bisa merasakan sensasi perpaduan kopi dengan kesegaran yuzu dan kelapa. Dan tentu saja, serunya karya kolaborasi dari 5 anak muda bertalenta tadi.

Nescafe-Lively-Yuzu-Cool-Coconut

Sensasi kesegaran NESCAFÉ Lively Yuzu & NESCAFÉ Cool Coconut pun sangat pas untuk para pencinta kopi atau bagi mereka yang senang mencicipi rasa baru dari sebuah minuman.

Keduanya dapat kamu temukan di supermarket atau minimarket terdekat dari tempatmu.

Nescafe-Lively-Yuzu-Cool-Coconut

Sementara NESCAFÉ Mashup World dapat dikunjungi secara gratis mulai tanggal 31 Maret hingga 7 April 2019. Oiya, hari Senin sampai Sabtu tempat ini buka pukul 11.00 – 22.00 WIB. Trus hari Minggu buka mulai pukul 08.00 – 21.00 WIB.

Tenang saja, masuknya gratis kok. Jadi, tunggu apa lagi? 😎

***

Begitulah, Michael Jordan menjadi legenda karena kerja keras dan kolaborasinya bermain dengan tim. Satu hal lagi, sepanjang usia mudanya dia selalu berpikiran positif untuk menyajikan permainan-permainan terbaik.

Semangat kolaborasi yang positif pun dapat kamu mulai dari perasaan yang muncul setelah menjelajahi NESCAFÉ Mashup World. Siap #CobainSerunyaDuniaBaru? 🔥

NESCAFÉ MASHUP WORLD

Lokasi: Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat
Mulai tanggal 31 Maret 2019 – 7 April 2019

Jam Buka:
Senin – Sabtu: Pukul 11.00 – 22.00 WIB
Minggu: Pukul 08.00 – 21.00 WIB