Begini 5 Cara DokterBabe Menjadikan Internet & Hidup Sehat Itu Mudah



"Mulai sekarang kamu harus berhenti minum jus tomat. Tidak baik untuk kesehatan," telpon mama tiba-tiba.

"Siapa bilang tomat tidak baik?" saya penasaran.

"Itu di internet. Bapakmu sudah baca. Pokoknya mulai sekarang kamu harus berhenti!"

Saya berusaha diam hingga mama menutup telepon.

Sejak tiga bulan terakhir saya memang setiap pagi mengonsumsi jus tomat atau wortel dan roti untuk sarapan. Dari situ, banyak perubahan yang terjadi terhadap tubuh saya. Dua diantaranya adalah tubuh yang meringan dan konsentrasi yang meningkat.

Iya, hanya berbekal sarapan tersebut, saya merasa bahwa oh, ternyata, hidup sehat itu mudah. Karena tidak perlu lagi repot memasak makanan berat. Sayangnya, pagi itu saya dibangunkan oleh mama yang menelpon seolah ada sesuatu yang sangat penting.

Oh, man, bagaimana mungkin tomat tidak baik untuk kesehatan? Justru malah internet yang kadang tidak baik untuk kesehatan, saya rasa. Tapi wajar saja ketika mama memercayai internet. Kami merupakan generasi yang berbeda, dia baby boomers dan saya millenials. Mama masih merasa bahwa semua informasi dari internet adalah kebenaran yang hakiki karena apa-apa tersedia di sana.

Beberapa hari setelahnya, bapak mengirimi saya pesan broadcast di Whatsapp dengan judul "Sebarkan! Berikut bahaya mengonsumsi air putih" yang mengarah ke sebuah domain blogspot.id. Nah, loh? 😔
***


Hasil survei yang dilakukan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) sejak Februari 2016 hingga Februari 2017 menunjukkan bahwa hoaks atau berita bohong tertinggi di Indonesia adalah kesehatan.

Tentu saja, tingginya tingkat penyebaran hoaks ini juga disebabkan oleh semakin banyaknya jumlah pengguna internet. Dari hasil survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada 2016, setidaknya ada 132,7 juta pengguna internet dari total penduduk 263,5 juta orang. Hal ini kemudian menempatkan Indonesia di peringkat kelima negara dengan jumlah pengguna internet terbanyak.

Trus, apa sih alasan utama orang Indonesia mengakses internet?

Pendataan yang dilakukan oleh APJII pada 2016 menemukan bahwa ada 25,3% atau 31,3 juta orang mengakses internet dengan alasan untuk update informasi. Kedua adalah terkait pekerjaan yang presentasinya 20,8% atau 27,6 juta. Dan 13,5% atau 17,9 juta orang Indonesia mengakses internet untuk mengisi waktu luang.
Jadi bisa dibayangkan, saat orang tua saya berkabar tentang dua info kesehatan tadi, barangkali karena mereka memang ingin mendapatkan informasi tentang kesehatan, yang sayangnya—bersumber dari blog atau web yang abal-abal.

Sampai di sini, sebagai anak yang paham internet, saya merasa bersalah belum mengajari mereka menyaring informasi dengan benar 😑

Nah, sejak 2017 kemarin saya merasa lega. Kenapa? Karena urusan pekerjaan saya harus berpindah dari Makassar ke Jakarta. Otomatis, jarak antara saya dan orang tua pun semakin jauh dan kesempatan saya untuk mengajari mereka mencari informasi yang valid di internet pun mengecil.

Namun, hal ini kemudian diatasi oleh DokterBabe. Caranya saya hanya perlu mengirimi orang tua saya link website DokterBabe karena di dalamnya sudah memuat semua hal terkait kesehatan yang mereka butuhkan. Ada banyak sekali layanan yang situs kesehatan terdepan ini berikan, di antaranya sebagai berikut:

Kamus Lengkap 1001 Penyakit dan Obat



Di sudut kiri atas berjejer menu website dimulai dari glosarium penyakit dan glosarium obat. Keduanya menu seperti kamus kesehatan yang lengkap dimana jika kamu mengkliknya akan muncul beragam istilah yang diurut sesuai abjad mulai A sampai Z. Atau jika buru-buru mencari sebuah istilah, ada kotak pencarian yang bisa kamu ketikkan langsung dan dapatkan hasilnya.

Sehingga ketika menemukan sebuah istilah medis yang asing, kamu bisa lebih cerdas dengan mencari tahu dulu artinya. Di era keterbukaan informasi di internet saat ini, kemampuan untuk menyaring informasi pun harus sering dilakukan.

Artikel Kesehatan oleh Dokter

Inilah fitur andalan saya yang linknya saya berikan ke orang tua. Bukannya apa, di dalamnya telah memuat informasi yang sangat beragam dan tentu saja—terverifikasi oleh dokter. Saya rasa apa yang dibutuhkan Indonesia di tengah tingginya berita bohong tentang kesehatan adalah Artikel Kesehatan terbaru yang disediakan oleh DokterBabe—yang tidak hanya memberikan jawaban terkait persoalan kesehatan tapi juga mengedukasi masyarakat.

Ada banyak sekali pilihan artikel yang tersedia dengan beragam kategori di antaranya gaya hidup sehat, kecantikan, ibu dan bayi, keluarga, kesehatan, serta hubungan intim. Kebayang gak sih ketika kamu punya bayi yang mengalami demam dan tidak tahu harus berbuat apa? Hati-hati! Ketika orang tua mengalami kepanikan saat menghadapi bayinya yang sakit, maka hal ini juga akan berdampak negatif ke bayi.

Cara pertama yang akan kamu lakukan di era dimana anak di gendong di tangan kanan dan gawai di tangan kiri adalah mencari informasi di internet dengan kata kunci: cara mengatasi demam pada bayi. Dan voila! Lihat hasil pencarian kamu di Google.


Tidak sedikit dari hasil pencarianmu yang akan mengarahkan ke informasi yang tidak benar serta tidak kredibel dan kamu tahu sendiri dong akibatnya.

Konsultasi Dokter yang Gratis

Saat ini jika kamu masih berpikiran bahwa ketika konsultasi ke dokter membutuhkan biaya yang yang tidak sedikit, maka kamu salah besar. Di DokterBabe.com kamu bisa melakukan Konsultasi Dokter atau tanya dokter mengenai gejala penyakit yang kamu alami dan semuanya secara gratis.

Yang kamu butuhkan adalah klik layanan Konsultasi dan di sebelah kanan akan muncul kotak yang berisi Judul Pertanyaan dan Isi Pertanyaan yang bisa kamu isi sendiri dan langsung kirim ke dokternya, tunggu beberapa saat maka kamu akan mendapat balasan dari dokter yang berpengalaman.

Iya, semudah itu! Dan saya merasa memiliki dokter pribadi yang bisa ditanyai kapan saja 😎

Rumah Sakit, Apotek, dan Klinik dalam Sekali Klik

Bayangkan jika suatu waktu kamu traveling dengan mendatangi sebuah kota baru dan tiba-tiba mengalami gangguan kesehatan dan butuh pengobatan. Sementara kamu tidak tahu apapun tentang tempat berobat dan tidak punya kenalan siapapun di tempat barumu, maka hanya uuuuudengan mengakses DokterBabe.com kamu pun bisa segera menemukan petunjuk arah menuju tempat berobat lengkap dengan detail informasi berupa alamat, nomor telepon, bahkan jam buka.


Melalui salah satu layanannya bernama Cari Rumah Sakit, DokterBabe.com akan mengarahkanmu ke rumah sakit atau klinik kesehatan terdekat dari posisimu. Setelah itu, jika kamu membutuhkan obat, maka akan ada lagi petunjuk mengenai lokasi apotek terdekat.

Tampilan Visual yang Ciamik

Seluruh layanan kesehatan cuma-cuma yang diberikan oleh DokterBabe.com kemudian disajikan dengan visual yang tidak biasa. Bagaimana tidak? Penerapan flat design yang digunakan adalah sebuah usaha yang sangat baik untuk mengikuti tren kekinian agar membuat internet users nyaman dan tentu saja merupakan bukti kredibilitas dan profesionalitas yang DokterBabe.com pegang.

Tingginya hoaks kesehatan yang beredar di internet sudah sangat buruk, apalagi dengan penyajian grafis yang bikin mata sakit akibat tampilannya yang buruk, menurut saya sebagai salah satu seorang millenials—yang apa-apa harus punya visual yang ciamik, apalagi di feed instagram.

Iya dong, saya tentu saja tidak ingin menghabiskan waktu saya membaca berita kesehatan palsu dengan dengan gambar-gambar yang buruk. Bukan hanya saya, penggunaan visual juga akan memengaruhi psikologi banyak orang untuk betah berlama-lama di sebuah situs.

Oiya, bukan hanya di laptop dan aplikasi browsermu, DokterBabe.com juga sedang mengembangkan dirinya di Google Play Store sehingga kamu tidak lagi harus repot-repot mencarinya di jendela browser yang tabnya menumpuk.


Nah, kehadiran DokterBabe.com sebagai sebuah situs kesehatan paling terdepan di Indonesia adalah bukti bahwa untuk hidup sehat itu mudah, apalagi internet sehat. Iya kan?

***

Nih buat jajan