5 Toko Buku Indie Jakarta Tempat Cari Inspirasi

By Ardan - July 10, 2019

toko-buku-indie-jakarta

Di tepi kiri Sungai Seine, Paris, Prancis terdapat sebuah perpustakaan kecil yang juga menjual buku-buku bernama Shakespeare and Co. Jika kamu pernah dengar nama-nama Ernest Hemingway, Jean Paul Sartre, atau Simone de Beauvoir, maka toko buku ini adalah bagian dari sejarah kepenulisan mereka.

Bagaimana ceritanya? 😕


toko-buku-indie-jakarta

Pada 1951 seorang veteran perang Amerika Serikat, George Whitman, pindah dari Negeri Paman Sam ke kota romantis, Paris. Untuk menghabiskan masa tuanya, dia membuat satu toko buku kecil bernama Le Mistral di Rue de la Bucherie.

Toko buku ini juga sebagai penghormatan terhadap Sylvia Beach, seorang Amerika di Paris yang sebelumnya juga memiliki toko buku dan terpaksa harus tutup karena pendudukan Jerman di Prancis yang menyebabkan depresi ekonomi.

toko-buku-indie-jakarta

Rue de la Bucherie berganti nama menjadi Shakespeare and Co pada 1964. George menjadikan toko bukunya juga sebagai tempat tinggal: makan dan tidur di situ. Beberapa orang pun bertamu ke tempat itu, termasuk para pemuda Amerika yang kabur dari wajib militer dan penulis-penulis yang saya sebutkan di atas.

Mereka menulis, membacakan puisi, dan menyanyi-nyanyi di tempat itu. Yang paling membuat anak George kesal adalah orang-orang juga menginap di Shakespeare and Co.

Toko Buku Indie di Jakarta

toko-buku-indie-jakarta

Berjarak 11.578 kilometer dari Paris, di daerah Jakarta Selatan dan Pusat tersebar beberapa toko-toko buku yang serupa. 5 di antaranya pernah saya kunjungi beberapa kali; baik untuk belanja buku, diskusi, nonton film, hingga sekadar mencari informasi.

Oiya, toko buku indie itu adalah yang dijalankan secara independen baik perorangan atau kelompok. Toko buku seperti ini sangat mudah ditemui di daerah Jakarta Selatan. Untuk memudahkan kamu, saya buat daftarnya mulai dari yang dulu terjauh hingga toko buku terdekat dari tempat saya tinggal di Slipi Kemanggisan, Jakarta Barat.

Baca juga: Jakarta Creative Hub

Kios Ojo Keos

toko-buku-indie-jakarta

Menarik ya namanya? Toko buku indie Kios Ojo Keos ini dikelola secara independen oleh keluarga Efek Rumah Kaca. Iya, band indie yang tersohor itu!

Jika dihitung-hitung saya sudah ke tempat ini 4-5 kali, hanya untuk menonton film dan mendengarkan orang main musik. Lokasinya yang berada di selatan Jakarta, tepatnya di daerah Lebak Bulus membuat kamu harus menumpang MRT kalau mau ke sini.

toko-buku-indie-jakarta

Kios Ojo Keos tidak hanya sebagai toko toko buku tapi juga kedai kopi dan toko kaset. Toko buku yang berada di deretan ruko ini mempunyai beberapa agenda kegiatan seru, mulai dari diskusi, nonton film, hingga open mic yang dilakukan setiap minggunya, jadi jika mau update segera follow Instagramnya.

Alamat: Bona Indah Plaza Blok A2 Nomor B11, Jalan Karang Tengah Raya, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan 11240.

Waktu Buka: Setiap Hari Pukul 10 pagi - 12 malam

Post Santa

toko-buku-indie-jakarta

Toko buku ini bisa disebut sebagai tempat nongkrongnya para penulis. Setiap ada buku yang baru terbit, Post Santa akan mengadakan diskusi terkait buku tersebut dengan mengundang penulisnya.

Baca juga: Tips Menulis Haruki Murakami

Saya sudah tidak bisa lagi menghitung jumlah kunjungan saya ke Post Santa.

toko-buku-indie-jakarta

Soalnya, mereka menggelar toko buku indie ini di lantai 3 Pasar Santa di Jakarta Selatan dan ada banyak tempat yang bisa saya kunjungi di sana.

Semua buku yang dijual di Post Santa adalah buku-buku yang tidak ditemukan di toko buku besar. Pemilik Post Santa—Teddy dan Maesy—mengkurasi dengan baik buku-buku yang dijual sehingga beberapa orang sering mendapatkan rekomendasi buku dari si empunya toko 😊

toko-buku-indie-jakarta

Beberapa majalah, zine, serta buku-buku yang diterbitkan secara independen pun bisa kamu temukan di tempat ini. Oiya, perlu dicatat Post Santa hanya buka pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu dari jam 3 sore hingga jam 8 malam, ya!

Baca juga: Bukan Lagi Koran

Alamat: Lantai 3 Pasar Santa, Jalan Cipaku I Nomor 121, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12170

Waktu Buka: Jumat, Sabtu, Minggu Pukul 3 sore - 8 malam

Gueari Galeri

toko-buku-indie-jakarta

Kalau Kios Ojo Keos dan Post Santa menjual buku-buku yang berisi teks, maka Gueari Galeri tampil beda dengan menjual buku-buku foto.

Di Indonesia, jumlah buku foto yang terbit setiap tahunnya sudah mulai banyak sehingga dibutuhkan ruang bagi para fotografer untuk menjual karya mereka agar keberlanjutan dokumentasi berupa buku bisa terus hidup.
toko-buku-indie-jakarta

Gueari Galeri sebagai toko buku indie yang bergerak di bidang visual juga sering menggelar diskusi-diskusi menarik tentang isu-isu yang dibahas di buku fotografer tersebut.

Oh, Gueari Galeri berada di bawah satu lantai dari Post Santa. Jadi bisa sekalian dong ya 😎

Alamat: Lantai 2 Pasar Santa, Jalan Cipaku I Nomor 121, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12170

Waktu Buka: Jumat & Sabtu Pukul 6 sore - 10 malam

Aksara Kemang

toko-buku-indie-jakarta

Masih berada di kawasan Jakarta Selatan, ada satu toko buku indie yang tidak boleh kamu lewatkan: Aksara Kemang. Dinamai Aksara Kemang karena letaknya yang memang berada di Kemang, tempat hits di Jaksel itu loh.

Di awal, Aksara sendiri sebenarnya punya banyak toko buku yang tersebar di berbagai tempat di Jakarta, seperti Cilandak Town Square dan Pacific Place. Usai berjuang selama 17 tahun, toko-toko tersebut harus tutup pada April 2018.

Bahkan Aksara Kemang ini sempat terpaksa harus tutup sebelum buka lagi dengan tampilan baru.

toko-buku-indie-jakarta

Saya rasa menjalankan bisnis toko buku di Indonesia memang tidak pernah mudah. Masyarakat Indonesia yang tidak suka membaca membaca menjadi salah satu alasan. Belum lagi perkembangan teknologi dan kecepatan internet membuat buku fisik harus berebut tempat dengan buku digital.

Baca juga: Jokowi Sedang Tidak Bercanda

Aksara Kemang ini tidak hanya berjualan buku seperti dulu, tapi mereka berkolaborasi dengan Post Santa untuk mengkurasi buku-buku apa saja yang baik untuk dijual. Ada juga rak khusus untuk buku-buku anak 👶

Sama dengan Post Santa mereka juga menjual majalah dan zine. Oh, ada juga buku foto!
"Selamat toko buku masih ada, selama itu pustaka bisa dibentuk kembali. Kalau perlu dan memang perlu, pakaian dan makanan dikurangi," Tan Malaka, Madilog.
toko-buku-indie-jakarta


Toko buku indie di Jaksel ini juga bisa menjadi one stop solution bagi kamu yang ingin baca-baca buku atau kerja atau duduk-duduk cantik sambil ngopi. Menarik kan? Tidak hanya itu, Aksara juga menyediakan ruang untuk komunitas sehingga kamu bisa berkegiatan atau berdiskusi di sana.

Alamat: Jalan Kemang Raya Nomor 8B, Bangka, Jakarta Selatan 12730

Waktu Buka: Setiap Hari Pukul 10 pagi - 9 malam

Toko Buku Jose Rizal Manua

toko-buku-indie-jakarta

Mari move on dari toko-toko buku indie di Jaksel. Yang paling dekat dari tempat tinggal saya adalah Toko Buku Jose Rizal Manua. Nama tokonya persis dengan nama pemiliknya. Doi adalah seorang pengarang dan pemain teater.

Lokasi toko buku indie yang satu ini berada di kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM). Berbeda dengan toko buku yang lain, toko ini punya koleksi buku-buku lama, baik sastra, sejarah, budaya, hingga politik. Beberapa buku bisa kamu tawar.

Oiya, kalau main ke toko buku ini seperti membawa kamu ke masa lalu. Buku-bukunya dibiarkan bertumpuk, beberapa di makan rayap dan tikus sehingga bau buku akan sangat tercium saat masuk.

toko-buku-indie-jakarta

Para pengunjung bebas mencari sendiri toko buku yang diinginkannya. Kalau lagi buru-buru atau kesulitan menemukan buku yang kamu cari, jangan ragu untuk bertanya ke yang jaga. Mereka dengan senang hati akan membantumu 😆

Kalau beruntung, kamu akan dilayani oleh Jose Rizal Manua sendiri dan bisa berbincang dengan dia dan kucing-kucingnya.

Alamat: Taman Ismail Marzuki, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat 10330

Waktu Buka: Setiap Hari 9 pagi - 11 malam



Gimana? Menarik kan? Siapa bilang toko yang menjual buku-buku bagus hanya ada di mall-mall? Sama seperti Shakespeare and Co di Paris, toko-toko buku indie di Jakarta ini juga memungkinkan kita untuk menambah wawasan dan memperluas pertemanan secara gratis.

Kalau kamu punya toko indie andalan yang juga bisa dijadikan tempat cari inspirasi di dekat tempat tinggalmu, boleh dong berkabar di kolom komentar 😀

***

  • Share:

Baca Post Ini Juga

0 komentar

Saya akan senang jika kamu meninggalkan komentar tanpa tautan hidup 😊