5 Cara Gampang Optimasi SEO untuk Blogger

By Ardan - November 01, 2019

cara-optimasi-seo-untuk-blogger

Main-main di agensi digital sebagai SEO Content Writer selama hampir dua tahun mengajarkan saya banyak hal tentang dunia konten, khususnya website. Yang paling penting dan paling sering ditanyakan oleh banyak teman-teman blogger yakni bagaimana cara gampang menerapkan SEO di blog?


Search Engine Optimization (SEO) pada dasarnya adalah langkah praktis untuk mendatangkan pengunjung ke website yang kita punya. Teknik ini menerapkan keyword (kata kunci) agar bisa diidentifikasi oleh mesin pencari.

Sependek pengalaman dan sepanjang obrolan saya dengan tim teknikal SEO di kantor yang pekerjaan utamanya mengutak-atik website, hal utama yang penting untuk kamu pahami tentang SEO adalah teknik ini pada dasarnya tidak hanya melayani Google sebagai mesin, tapi juga manusia sebagai entitas utama yang dilayani oleh Google.

cara-optimasi-seo-untuk-blogger

Secara berkala, Google setiap waktu memperbarui algoritmanya agar lebih manusiawi dan tidak terkesan robotik terhadap konten-konten yang muncul di halaman pencariannya. Pembaruan terakhir yang dilakukan yaitu BERT (Bidirectional Encoder Representations from Transformers) beberapa hari lalu.

Gampangnya, BERT tidak lagi melihat kata per kata dari sebuah konten website, tapi BERT berupaya untuk memahami konteks dari sebuah frasa atau kalimat pencarian. Nah, loh! Semakin pintar kan?

Lalu, apa yang bisa kita lakukan?

Meski algoritma Google berubah, kita tetap masih bisa menggunakan SEO untuk mendatangkan pengunjungnya. Caranya?

Permainan Judul dan URL

cara-gampang-seo-untuk-blogger

Di akhir 2017 saya keranjingan mendengarkan Podcast. Baru pada Maret 2018 saya merangkum konten-konten Podcast terbaik versi saya. Di judul saya menerapkan keyword Podcast Terbaik, pun di URLnya.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan dengan sebuah kata kunci yaitu menerapkannya di judul dan URL konten tersebut. Tidak usah panjang-panjang dan jangan membuat judul clik-bait. Kenapa?

Soalnya, belakangan kita sudah bosan melihat konten click-bait karena lebih sering berakhir pada laman zonk dan tidak menjawab judul.

Bikin Sub-Heading

cara-gampang-seo-untuk-blogger

Apabila selama ini kamu biasanya membuat tulisan panjang dan mengalir saja, maka setelah ini ada baiknya jika kamu membuat beberapa Sub-Heading di setiap tulisanmu.

Keberadaan Sub-Heading akan membantumu dalam memetakan tulisan sehingga alur berpikirnya jelas dan tidak ngalor ngidul. Pembacamu pun senang karena tidak dibuat bingung dengan tulisan yang tidak jelas juntrungannya.

Hal ini juga akan membuat kontenmu lebih mudah dibaca oleh Google karena lebih terstruktur.  Bayangkan jika tulisanmu lurus-lurus saja tanpa ada spasi. Membosankan banget ga sih? 😌

Mainkan Keyword di Awal

cara-gampang-seo-untuk-blogger

Menurut saya, yang paling menyenangkan dari SEO adalah keleluasaan untuk bermain dengan kata-kata. Kita ditantang untuk menempatkan keyword di bagian-bagian tertentu.

Salah satu bagian paling krusial yakni di 100 kata pertama sebuah blog post. Setiap pembaca tentu memiliki beragam hal untuk dikerjakan. Mereka nyasar di blog kamu hanya untuk mencari apa yang diinginkan sehingga kamu harus to the point dengan memberikan kata kunci yang dibutuhkan.

Dengan begini, mereka tidak akan langsung meninggalkan blogmu. Letakkan kata kunci senatural mungkin. Sulit? Jelas, namun di sinilah letak tantangannya.

Terhubung Backlink & Internal Link

cara-gampang-seo-untuk-blogger

Jagad internet ini sebenarnya seperti jaring laba-laba yang terhubung satu sama lain. Demi menguatkan blog kamu di mesin pencari, maka kamu wajib tau Backlink dan Internal Link.

Backlink diartikan sebagai tautan website yang masuk ke blogmu, sedangkan Internal Link adalah tautan blog post kamu yang masuk ke blog post kamu yang lainnya.

Jika blogmu mendapatkan Backlink dari blog lain yang lebih tinggi popularitasnya di mata Google, maka hal ini pun otomatis menaikkan kredibilitas blogmu. Ibaratnya, kamu mendapatkan rekomendasi dari para ahli.

Penerapan Internal Link pun diwajibkan untuk menguatkan jaring laba-labamu. Adanya tautan internal ini akan membuat pembaca tidak akan meninggalkan blogmu begitu saja. Oiya, saya rasa kita semua pernah ketemu dengan frasa “Baca Juga” atau “Read More” di sebuah website. Seperti itulah kira-kira tautan internal.

Yang jelas, Backlink dan Internal Link ini harus mempunyai kesamaan, misalnya tautan Travel dan Travel. Bukan tautan Travel dan Beauty. Kan ga nyambung 😛

Visual Wajib Punya

cara-gampang-seo-untuk-blogger

Kamu sudah tahu kan kalau minat baca masyarakat Indonesia ini rendah? Pada dasarnya kita lebih menyenangi visual dibandingkan verbal.


Maka dari itu, penerapan SEO di blog juga perlu memperhatikan aspek visual, minimal gambar kalau tidak sempat bikin video. Semakin ke sini, konten blog juga semakin kompleks. Blogger tidak hanya berkutat dengan kata-kata, tapi juga visual seperti gambar, infografis, hingga video.

Supaya kamu tidak lagi capek-capek menulis tanpa seorang pun yang membaca, ada baiknya jika menyelipkan dua tiga gambar di blog postmu.Syaratnya, namai gambar tersebut dengan keyword yang kamu incar. Manfaatkan juga alternative text dari gambar yang kamu unggah di blog dengan menamainya dengan keyword yang diincar.

Usahakan agar kapasitas setiap gambar tidak melebihi 100kb. Tujuannya agar blogmu tidak berat saat dibuka; agar pembacamu tidak langsung close kalau lalod.

Cara Cari Keyword

cara-gampang-seo-untuk-blogger

Trus, bagaimana sih menentukan atau mencari keyword yang tepat untuk sebuah blog post?

Tidak usah khawatir, Google ini merupakan teknologi yang komprehensif. Kalau kamu bingung mau menuliskan apa, manfaatkan saja Google Trend. Kalau sudah dapat ide tulisannya, carilah kata kunci yang tepat di Keyword Planner. Semua alat ini gratis.. tis.. tis 😉

Intinya, kamu tidak boleh malas untuk menciptakan sebuah konten. Maksimalkan semua fitur dan tools yang telah diberikan Google.

Memang sih, kelima cara gampang SEO untuk blogger ini hanyalah salah satu dari beragam faktor penting dalam dunia SEO. Ada beragam faktor lain yang menentukan sebuah blog post muncul di halaman pertama Google.

cara-gampang-seo-untuk-blogger

Saya yakin beberapa dari kita akan mengomel, “Alah, bikin satu postingan aja repotnya minta ampun! Saya cuma mau menulis. Titik.”

Ya ga papa, sih. Hidup ini pilihan kok 😆

cara-gampang-seo-untuk-blogger

Saya cuma memilih untuk menulis dan mendatangkan pembaca. Saya tidak mau capek-capek membuat sebuah konten tanpa seorang pun yang baca. Bagaimana dengan kamu? 😗

***

  • Share:

Baca Post Ini Juga

4 komentar

  1. Mencari-cari bagaimana algoritma google saat ini ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau blogger mau belajar SEO, penting juga tau dikit-dikit tentang algoritma google.

      Delete
  2. Mau tanya kak. Kan di tulisannya tertera "beberapa sub heading" , nah yg jadi pertanyaan Saya, berarti di dalam tulisan bisa buat sub heading di setiap judul baru dalam 1 laman tulisan? Dan penggunaan minor heading itu baiknya penggunaannya kapan kak? Krn saya blm begitu paham bagian subheading dan minor heading ini. Masih salah penempatan kayanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pakainya blogspot gunakan pilihan Sub-Heading saja. Kalau wordpress pakai H2. Minor Heading tidak usah dipakai.

      Delete

Saya akan senang jika kamu meninggalkan komentar tanpa tautan hidup 😊