5 Cara Gampang Optimasi SEO untuk Blogger

cara-optimasi-seo-untuk-blogger

Main-main di agensi digital sebagai SEO Content Writer selama hampir dua tahun mengajarkan saya banyak hal tentang dunia konten, khususnya website. Yang paling penting dan paling sering ditanyakan oleh banyak teman-teman blogger, yakni bagaimana cara gampang menerapkan SEO di blog? 🤔

Apa Itu SEO?

Search Engine Optimization (SEO) adalah langkah praktis untuk mendatangkan pengunjung ke website yang kita punya. Teknik ini menerapkan keyword (kata kunci) agar bisa diidentifikasi oleh mesin pencari.

Sependek pengalaman dan sepanjang obrolan saya dengan tim teknikal SEO di kantor yang pekerjaan utamanya mengutak-atik website, hal utama yang penting untuk kamu pahami tentang SEO adalah teknik ini pada dasarnya tidak hanya melayani Google sebagai mesin, tapi juga manusia sebagai entitas utama yang dilayani oleh Google.

cara-optimasi-seo-untuk-blogger

Secara berkala, Google setiap waktu memperbarui algoritmanya agar lebih manusiawi dan tidak terkesan robotik terhadap konten-konten yang muncul di halaman pencariannya. Pembaruan terakhir yang dilakukan yaitu BERT (Bidirectional Encoder Representations from Transformers) beberapa hari lalu.

Gampangnya, BERT tidak lagi melihat kata per kata dari sebuah konten website, tapi BERT berupaya untuk memahami konteks dari sebuah frasa atau kalimat pencarian. Nah, loh! Semakin pintar 'kan?

Belajar Jadi Content Writer di sini 🚀

2 Kategori SEO

Dalam dunia SEO, ada dua kategori utama yang biasanya dibedakan: SEO On-Page dan SEO Off-Page.
  • SEO On-Page adalah optimasi yang dilakukan di halaman website itu sendiri. Ini termasuk hal-hal seperti mengoptimalkan judul dan deskripsi halaman, menambahkan meta tags dan keywords, memperbaiki struktur dan navigasi website, dan memperbaiki kecepatan loading halaman.
  • SEO Off-Page adalah optimasi yang dilakukan di luar website. Ini termasuk hal-hal seperti memperoleh backlinks dari situs lain, meningkatkan brand awareness, dan meningkatkan interaksi di media sosial.
Kedua kategori SEO tersebut sangat penting untuk memastikan bahwa blogmu mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari. Jadi, jika kamu ingin sukses ngeblog dengan memanfaatkan SEO, maka penting untuk memperhatikan kedua kategori tersebut.

Pentingnya SEO untuk Blog

Implementasi SEO sangat penting untuk blog karena dapat membantu meningkatkan visibilitas blogmu di mesin pencari. Dengan menerapkan teknik SEO yang baik, blogmu akan lebih mudah ditemukan oleh orang-orang yang mencari informasi yang relevan dengan topik yang dibahas di blogmu.

Semua ini pun dapat meningkatkan traffik ke situsmu dan pada akhirnya akan meningkatkan popularitas dan pendapatan dari blog. Jadi, jika kamu ingin sukses ngeblog, sangat penting untuk memperhatikan SEO.

Follow Menjadi Content Writer di Instagram untuk info Content Writing 🚀

6 Cara Optimasi SEO

Meski algoritma Google berubah, kita tetap masih bisa menggunakan SEO untuk mendatangkan pengunjungnya. Lalu, bagaimana cara mengoptimasi SEO di blog? 😟

Permainan Judul dan URL

cara-gampang-seo-untuk-blogger

Di akhir 2017 saya keranjingan mendengarkan Podcast. Baru pada Maret 2018 saya merangkum konten-konten Podcast terbaik versi saya. Di judul saya menerapkan keyword Podcast Terbaik, pun di URLnya.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan dengan sebuah kata kunci yaitu menerapkannya di judul dan URL konten tersebut. Tidak usah panjang-panjang dan jangan membuat judul clik-bait. Kenapa?

Soalnya, belakangan kita sudah bosan melihat konten click-bait karena lebih sering berakhir pada laman zonk dan tidak menjawab judul.

Bikin Sub-Heading

cara-gampang-seo-untuk-blogger

Apabila selama ini kamu biasanya membuat tulisan panjang dan mengalir saja, maka setelah ini ada baiknya jika kamu membuat beberapa Sub-Heading di setiap tulisanmu.

Keberadaan Sub-Heading akan membantumu dalam memetakan tulisan sehingga alur berpikirnya jelas dan tidak ngalor ngidul. Pembacamu pun senang karena tidak dibuat bingung dengan tulisan yang tidak jelas juntrungannya.

Hal ini juga akan membuat kontenmu lebih mudah dibaca oleh Google karena lebih terstruktur.  Bayangkan jika tulisanmu lurus-lurus saja tanpa ada spasi. Membosankan banget ga sih? 😌

Mainkan Keyword di Awal

cara-gampang-seo-untuk-blogger

Menurut saya, yang paling menyenangkan dari SEO adalah keleluasaan untuk bermain dengan kata-kata. Kita ditantang untuk menempatkan keyword di bagian-bagian tertentu.

Salah satu bagian paling krusial yakni di 100 kata pertama sebuah blog post. Setiap pembaca tentu memiliki beragam hal untuk dikerjakan. Mereka nyasar di blog kamu hanya untuk mencari apa yang diinginkan sehingga kamu harus to the point dengan memberikan kata kunci yang dibutuhkan.

Dengan begini, mereka tidak akan langsung meninggalkan blogmu. Letakkan kata kunci senatural mungkin. Sulit? Jelas, namun di sinilah letak tantangannya.

Terhubung Backlink & Internal Link

cara-gampang-seo-untuk-blogger

Jagad internet ini sebenarnya seperti jaring laba-laba yang terhubung satu sama lain. Demi menguatkan blog kamu di mesin pencari, maka kamu wajib tau Backlink dan Internal Link.

Backlink diartikan sebagai tautan website yang masuk ke blogmu, sedangkan Internal Link adalah tautan blog post kamu yang masuk ke blog post kamu yang lainnya.

Jika blogmu mendapatkan Backlink dari blog lain yang lebih tinggi popularitasnya di mata Google, maka hal ini pun otomatis menaikkan kredibilitas blogmu. Ibaratnya, kamu mendapatkan rekomendasi dari para ahli.

Penerapan Internal Link pun diwajibkan untuk menguatkan jaring laba-labamu. Adanya tautan internal ini akan membuat pembaca tidak akan meninggalkan blogmu begitu saja. Oiya, saya rasa kita semua pernah ketemu dengan frasa “Baca Juga” atau “Read More” di sebuah website. Seperti itulah kira-kira tautan internal.

Yang jelas, Backlink dan Internal Link ini harus mempunyai kesamaan, misalnya tautan Travel dan Travel. Bukan tautan Travel dan Beauty. Kan ga nyambung 😛

Visual Wajib Punya

cara-gampang-seo-untuk-blogger

Kamu sudah tahu kan kalau minat baca masyarakat Indonesia ini rendah? Pada dasarnya kita lebih menyenangi visual dibandingkan verbal.


Maka dari itu, penerapan SEO di blog juga perlu memperhatikan aspek visual, minimal gambar kalau tidak sempat bikin video. Semakin ke sini, konten blog juga semakin kompleks. Blogger tidak hanya berkutat dengan kata-kata, tapi juga visual seperti gambar, infografis, hingga video.

Supaya kamu tidak lagi capek-capek menulis tanpa seorang pun yang membaca, ada baiknya jika menyelipkan dua tiga gambar di blog postmu.Syaratnya, namai gambar tersebut dengan keyword yang kamu incar. Manfaatkan juga alternative text dari gambar yang kamu unggah di blog dengan menamainya dengan keyword yang diincar.

Usahakan agar kapasitas setiap gambar tidak melebihi 100kb. Tujuannya agar blogmu tidak berat saat dibuka; agar pembacamu tidak langsung close kalau lalod.

Cara Cari Keyword

cara-gampang-seo-untuk-blogger

Trus, bagaimana sih menentukan atau mencari keyword yang tepat untuk sebuah blog post?

Tidak usah khawatir, Google ini merupakan teknologi yang komprehensif. Kalau kamu bingung mau menuliskan apa, manfaatkan saja Google Trend. Kalau sudah dapat ide tulisannya, carilah kata kunci yang tepat di Keyword Planner. Semua alat ini gratis.. tis.. tis 😉

Intinya, kamu tidak boleh malas untuk menciptakan sebuah konten. Maksimalkan semua fitur dan tools yang telah diberikan Google.

Memang sih, kelima cara gampang SEO untuk blogger ini hanyalah salah satu dari beragam faktor penting dalam dunia SEO. Ada beragam faktor lain yang menentukan sebuah blog post muncul di halaman pertama Google.

cara-gampang-seo-untuk-blogger

Saya yakin beberapa dari kita akan mengomel, “Alah, bikin satu postingan aja repotnya minta ampun! Saya cuma mau menulis. Titik.” Ya ga papa, sih. Hidup ini pilihan kok 😆

10 Tips Mengoptimasi SEO di Blog

Untuk meningkatkan peringkat blogmu di Google, ada beberapa tips yang bisa kamu coba, di antaranya:

  1. Buatlah judul yang menarik dan deskriptif untuk setiap postingan di blogmu.
  2. Gunakan kata kunci yang relevan dalam judul, subjudul, dan isi postingan.
  3. Buatlah postingan yang bermanfaat dan unik.
  4. Gunakan tag dan kategori yang tepat untuk setiap postingan.
  5. Optimalkan gambar dan media lainnya yang kamu gunakan dalam postingan.
  6. Buatlah postingan yang mudah dibaca dan dipahami.
  7. Gunakan internal linking dan external linking secara bijak.
  8. Pastikan blogmu punya desain yang responsif dan mudah digunakan.
  9. Buatlah sitemap dan submit di Google Search Console.
  10. Monitor dan analisis hasil dari optimasi SEO yang kamu lakukan, dan terus beradaptasi untuk meningkatkan hasilnya.

Tren SEO Terbaru

Tren SEO adalah bahwa peringkat situs blog akan terus berubah dari waktu ke waktu, tergantung pada banyak faktor, seperti perubahan algoritma mesin pencari, kualitas konten, dan kompetisi dari blog lain yang mencoba untuk mendapatkan peringkat yang sama. Makanya, penting untuk terus memantau dan mengoptimalkan blogmu untuk mendapatkan hasil terbaik di mesin pencari.

cara-gampang-seo-untuk-blogger

Terakhir, bagaimana pun saya cuma memilih untuk menulis dan mendatangkan pembaca. Saya tidak mau capek-capek membuat sebuah konten tanpa seorang pun yang baca. Bagaimana dengan kamu? 😗

***

Nih buat jajan

Nih buat jajan