Sebelum Belanja, Ada yang Lebih Penting Dari Sekadar Harga & Tanggal Kedaluwarsa

By Ardan - September 14, 2019


“Tidak boleh makan sembarang! Karena kita tidak tahu kandungannya apa,” tegur Ade satu kali saat saya menawarinya minum jamu.

Wajar saja dia menghindari makanan dan minuman sembarangan. Soalnya, dia sedang hamil muda, trimester pertama belum lewat dan setiap produk yang dikonsumsinya harus diawasi lebih ketat.

Dia akan membaca baik-baik setiap label produk yang akan dibeli. Mulai dari informasi gizi, tanggal kedaluwarsa, waktu produksi, label halal, hingga mencari peringatan boleh atau tidaknya produk tersebut dikonsumsi atau digunakan oleh ibu hamil.

Berkebalikan dengan Ade saya hanya fokus pada dua hal saat akan membeli sebuah produk. Harga dan tanggal kadaluarsa. Selama angkanya menunjukkan yang paling rendah dan tanggal kedaluwarsa masih lama, maka produk tersebut akan masuk keranjang belanja.

Teman saya Dani lebih parah lagi. Sebagai anak kos-kosan garis keras, dia hanya memberi satu perhatian lebih saat beli barang yakni harga.

via GIPHY

Tanggal kedaluwarsa tak jadi soal karena dia berpegang teguh pada pendapat yang entah dari mana, “Tanggal kedaluwarsa hanya pengingat, butuh 2 bulan bagi sebuah produk hingga benar-benar tidak bisa dikonsumsi.”

Beginilah manusia tiga tipe manusia memperlakukan sebuah produk.

Bagaimana dengan kamu? 😐

Cek KLIK Sebelum Belanja


Di suatu Sabtu malam yang cerah (agak sulit menyebut malam Minggu karena hampir seluruh pembaca blog ini belum punya pasangan) saya bergabung di antara kerumunan orang di Star Avenue, Lippo Mal Kemang.

Kala itu tengah berkumpul orang-orang dari berbagai latar belakang, namun punya benang merah yang sama, yakni produk barang.

Ada Penny K. Lukito sebagai Kepala Badan BPOM RI, Ojak S. Manurung dari Kementerian Perdagangan, Tulus Abdi yang merupakan Ketua YLKI, Fathurrahman dari APRINDO, dan Ussy Sulistiawaty selaku konsumen.

Dalam diskusi tersebut ada prinsip yang menarik untuk diimplementasikan saat membeli barang, baik itu obat apotek, obat tradisional, suplemen kesehatan, kosmetik, hingga makanan dan minuman. Prinsip tersebut adalah Cek KLIK Sebelum Belanja.

KLIK apaan? Lagunya Ussy Sulistiawaty?

Bukan dong 😒


Jadi, KLIK sebenarnya akronim. Kamu tidak boleh beli barang hanya dengan membaca harga produk atau tanggal kadaluarsanya. Kamu wajib melakukan 4 hal ini!

Kemasan: Pastikan kemasan produk dalam kondisi baik, tidak berlubang, sobek, karatan, penyok, dan lain sebagainya.

Label: Baca informasi produk yang tertera pada labelnya dengan cermat.

Izin Edar: Pastikan memiliki Izin Edar dari Badan POM. Izin Edar dapat dicek melalui aplikasi Android Cek BPOM.

Kedaluwarsa: Pastikan tidak melebihi kedaluwarsa.

Kenapa harus Cek KLIK Sebelum Belanja? Jawabannya sederhana, saya tidak mau mati konyol.

Bagaimana dengan kamu? 😀

via GIPHY

Jika cek KLIK sebelum belanja sulit dilakukan, coba pasang aplikasi BPOM Mobile di smartphone kamu deh. Aplikasi ini bisa digunakan di Android maupun iPhone, jadi tak perlu khawatir. Dengan menggunakan BPOM Mobile, kamu hanya perlu memindai barcode produk yang akan dibeli.


Apabila barcode tersebut tidak terdeteksi, kamu bisa memasukkan Nomor Izin Edar. Gampang kan?

Masih kesulitan untuk menggunakan aplikasi BPOM Mobile? Atau kamu ragu dengan produk yang dikonsumsi?


Hubungi saja HALOBPOM di nomor telepon 1-500-533 untuk memudahkan kamu memperoleh informasi atau menyampaikan pengaduan terhadap semua produk.


Jika BPOM, Kementerian Perdagangan, dan APRINDO sudah berkolaborasi sedemikian rupa untuk melindungi konsumen di seluruh Indonesia, kenapa kamu tidak mau mencoba menerapkan prinsip Cek KLIK Sebelum Belanja? 😆

***

  • Share:

Baca Post Ini Juga

3 komentar

  1. SAYA MENYAMBUT ANDA SEMUA DI PAGE INI
    INI IALAH CERITA SAYA

    Saya MURNI SANTI, seorang wanita, ibu, kakak dan rakan dari (Bekasi), Indonesia, saya seorang PENGURUS ESTATE SEBENAR dan saya mengalami banyak tekanan kewangan baru-baru ini, tidak ada yang mahu meminjam wang kepada kami untuk menyelesaikan projek komersial kami yang telah dibina dalam beberapa bulan sekarang. Saya telah ditipu oleh beberapa syarikat pinjaman palsu yang menuntut sejumlah besar wang daripada saya tanpa kami menerima pinjaman.

    Saya kecewa, suami saya berusaha sebaik mungkin dan menolong, saya akan membunuh diri kerana kesakitan, terlalu berat untuk ditanggung dan saya kehilangan harapan, sehingga saya diperkenalkan kepada SEMUA PINJAMAN GRANT GLOBAL sebuah syarikat pinjaman yang ditaja oleh bank dunia itu sendiri.

    Saya memutuskan untuk memohon pinjaman dan menghubungi syarikat itu, pegawai pinjaman mereka yang benar-benar memberi saya harapan dan memberitahu saya jangan bimbang syarikat itu akan meminjamkan wang kepada saya, walaupun jumlah yang saya perlukan sangat besar, dan semua yang saya dapat berikan kepada mereka keperluan yang merupakan beberapa maklumat peribadi, yang saya lakukan.

    Saya melalui semua proses, mereka berjanji akan meminjamkan wang yang saya minta setelah mengesahkan saya layak untuk mendapat pinjaman, saya diminta untuk menunggu, yang paling mengejutkan adalah pinjaman yang dimasukkan ke dalam akaun saya dan saya mengesahkannya .. Kami syarikat kembali dari segi kewangan dan keluarga saya berjaya dengan baik ini menjadikan hidup saya lebih baik, saya bersyukur kepada Allah dan semua PINJAMAN PEMBERIAN GLOBAL
    GMAIL ..... allglobalgrantloan@gmail.com

    UNTUK MENGHUBUNGI SAYA
    NAMA Syarikat: SEMUA PINJAMAN GRANT GLOBAL
    EMAIL Syarikat: allglobalgrantloan@gmail.com.
    Whatsapp Syarikat: +1(304)997-4034
    Nama Saya: MURNI SANTI
    E-mel Saya: murnisanti55@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete
  3. Keajaiban tidak akan pernah berakhir, saya berdoa untuk allah untuk memberkati Nyonya Esther Patrick, saya kehilangan Ewita warga negara Indonesia, saya tinggal di JL.kutisari selatan geng ekonomi No. 13-G, Indonesia. Ibu saya mengatakan kepada saya bahwa dia akan melalui internet dan datang ke publikasi Nyonya Esther Patrick, mengatakan bahwa fasilitas kredit telah memberinya pinjaman kepada masyarakat umum dengan suku bunga sangat rendah 2% persen, Anda dapat menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com].

    Jadi, saya memberi tahu teman saya tentang pandangan meminjam dari Nyonya Esther Patrick, dan dia mengatakan dia tidak akan memberi tahu saya bahwa saya tidak meminjam dari Nyonya Esther Patrick, tetapi saya perlu meminjamkan sejumlah kecil untuk memeriksa apakah perusahaannya adalah perusahaan.

    Jadi, saya bertindak atas sarannya dan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com] yang diposkan oleh ibu saya, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp200.000.000. Nyonya Esther Patrick menanggapi saya dan mengirimi saya semua syarat dan ketentuan perusahaannya yang saya baca dan saya menyetujui persyaratannya.Setelah persetujuan permohonan pinjaman, saya menerima pemberitahuan dari bank saya bahwa jumlah Rp200.000.000 dikreditkan ke rekening bank saya dari perusahaan Nyonya Esther Patrick.

    Saya sangat senang dan berbagi kabar baik dengan ibu saya dan teman saya yang menyarankan saya untuk terus maju.Ia menyelesaikan pembayaran kembali pinjaman tersebut pada 07 Juli 2018, dan saya meminta sejumlah Rp550.000.000 yang juga saya terima di rekening bank saya setelah prosedur itu dilakukan.

    Jadi, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk memberi tahu siapa saja yang mencari pemberi pinjaman pribadi di Internet yang pasti akan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui e-mail {ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM}Anda dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan bantuan atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapat pinjaman.Ini email saya: [ewitayuda1@gmail.com]Terima kasih, pengikut saya

    ReplyDelete

Saya akan senang jika kamu meninggalkan komentar tanpa tautan hidup 😊