Bagaimana Cara Jalani Hidup Apa Adanya Tanpa Syarat Ketentuan?

By Ardan - April 18, 2020

jalani-hidup-apa-adanya

Kapan terakhir kali kamu dapat tertidur tenang? Tak perlu memikirkan tentang apa yang akan datang di esok hari," Hindia.

Percaya tidak percaya, lagu berjudul Secukupnya yang dilantunkan oleh suara berat Baskara ini saban pagi mengalun di kepala saya. Saya sering kali kepikiran mengenai satu hal. Bagaimana cara jalani hidup apa adanya tanpa syarat dan ketentuan? 😏

Semua bermula dari banyak hal yang kita lihat di media sosial setiap harinya.

Keberadaan telepon genggam dan media sosial memang sudah merupakan bagian tak terpisahkan dari hidup. Setiap kali bangun pagi bukannya kuterus mandi dan menggosok gigi; yang ada malah saya menghabiskan bermenit-menit di layar telepon genggam.

Melihat foto seorang kawan yang sedang bercengkrama dengan pasangannya, menyukai swafoto teman yang istrinya baru saja melahirkan anak pertama mereka, hingga menonton video seorang sahabat yang traveling di luar negeri.

Di akhir, kita tidak jarang melemparkan sebuah pertanyaan ke diri sendiri, “Kok saya gini-gini aja, ya?”

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, saya akan membagikan beberapa tips yang saya pelajari sendiri selama menjalani hidup yang sungguh menakjubkan ini.

Buka Mata, Lihat di Sekeliling


Saya selalu percaya apa yang terjadi di dunia maya tidak sama dengan apa yang terjadi di dunia nyata. Di dunia maya setiap orang bisa menjadi siapa saja dengan berpura-pura. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa setiap orang perlu membuka mata terhadap apa yang sebenarnya terjadi di sekelilingnya.

Tau ga? Otak manusia itu luar biasa. Dia bisa mengambil jalan pintas dan membangun teori dengan cepat terhadap apa yang dilihatnya. Dengan begini, informasi yang diterima bisa bias dan salah. Yang tampak hanya permukaannya saja.

jalani-hidup-apa-adanya

Jangan Terlalu Berekspektasi

“Rendahkan ekspektasimu atau jangan berekspektasi apa-apa terhadap sesuatu, maka kamu tidak akan kecewa.”

Saya lupa siapa yang bilang. Yang jelas, hal ini benar adanya, tetapi bukan berarti kamu tidak boleh berekspektasi sama sekali, loh ya. Ekspektasi itu harus dikelola agar kita tidak benar-benar terpuruk jika apa yang diinginkan berbeda dengan apa yang sebenarnya terjadi.

Ingat, ekspektasi yang tidak terpenuhi memicu emosi dan kemarahan sehingga dapat berdampak buruk pada kondisi mental dan kesehatan tubuh.

Cukupkan Segala Hal

Terkadang kita di suatu hari kita disuruh hidup dan menanggap bahwa hari tersebut adalah hari terakhir kita. Dari situ nanti bakal ditanya, “Bagaimana cara kamu menghabiskan 24 jam terakhir yang sangat berharga itu?”

Dengan berprinsip demikian, maka kita bisa fokus pada satu hal. Soalnya, di dalam hidup ini kita sering kali melewatkan dan tidak menghiraukan hal-hal kecil yang sesungguhnya bakal sangat berharga. Kita pun bisa mencukupkan segala hal yang menjadi banyak keinginan kita.

Kenapa perasaan cukup ini menjadi pentingnya? Karena manusia terlahir sebagai makhluk hidup yang tidak pernah puas 😆

Jadi Seorang yang Positif

Kebayang ga sih setiap pagi kita ikut kelas yoga atau melakukan terapi dan minum obat-obatan serta multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh? Bagi saya hal-hal seperti itu sebenarnya tidak masuk akal.

Saya melihat mama meminum banyak obat-obatan serta melakukan banyak hal demi mendapatkan tidur yang nyenyak setiap malamnya. Sayangnya, tidak semua dari apa yang dikerjakannya berhasil. Di tengah malam toh dia sering terbangun.

Dari banyak jurnal penelitian yang saya baca, kuncinya sebenarnya cuma satu. Fokus pada hal-hal positif yang ada di keseharianmu. Mama menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan banyak hal. Pertanyaan “Bagaimana Jika” bukan merupakan barang langka saat saya mengobrol dengannya.

Tidak peduli seberapa buruk sebuah keadaan, berusahalah untuk mencari hal-hal kecil yang positif di dalam hidup.

***

Jika sudah begini, kamu pun bisa jalani hidup apa adanya, tanpa syarat dan ketentuan. Dari situ, tidak ada salahnya untuk membagikan hal-hal positif yang kamu punya dalam bentuk karya. Karya tersebut bisa apa saja, termasuk foto dan caption di Instagram.

Dunia maya adalah tempat bermain yang luas.


Untuk mengaksesnya kamu bisa menggunakan IM3 Ooredoo dengan beragam paket internetnya yang tanpa syarat dan ketentuan. IM3 Ooredoo pun melengkapinya dengan menghadirkan produk telekomunikasi yang mudah dan bebas dari syarat serta ketentuan seperti Freedom Internet.

Ingat, di dunia maya setiap orang bisa jadi siapa saja. Selama kamu tidak berbohong, menyebarkan kebencian, tidak tipu-tipu, dan tidak modus, maka hidupmu akan baik-baik saja. Iya ‘kan? 😉

***

  • Share:

Baca Post Ini Juga

0 komentar

Saya akan senang jika kamu meninggalkan komentar tanpa tautan hidup 😊