5 Pahlawan IDN dari IDN Media. Siapa Saja?

pahlawan-idn-media

Kita tentu sepakat bahwa definisi pahlawan bisa dikembalikan ke masing-masing individu. Siapa yang menjagokan siapa karena berbuat apa itu terserah kita.

Di tataran negara misalnya, kita mengenal Bung Tomo sebagai pahlawan nasional karena perannya dalam Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Karenanya juga, tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai Hari Pahlawan Nasional.

Meski Bung Tomo bukanlah satu-satunya sosok di balik berdirinya negara ini.

Di era teknologi dan informasi ini, definisi pahlawan pun bukan lagi mereka yang mengangkat senjata dan berdiri paling depan untuk menghadapi musuh. Pahlawan bisa siapa saja, termasuk mereka yang aktif berkarya dan berkontribusi terhadap masyarakat.

IDN Media sebagai perusahaan media platform untuk milenial dan gen z di Indonesia dengan lebih dari 70 juta monthly active users ini baru-baru saja menggelar program Pahlawan IDN.

Apa Itu Program Pahlawan IDN?

Pahlawan IDN pada dasarnya merupakan program independen yang dilaksanakan oleh IDN Media yang bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada figur-figur Millennial & Gen Z yang inspiratif dari seluruh Indonesia.

Anak-anak muda yang memberikan dampak positif bagi masyarakat ini berkarya di berbagai bidang, misalnya Pendidikan, Lingkungan, Kesehatan, Ekonomi, Teknologi, Proyek Kreatif dan Komunitas.

Siapa Saja Pahlawan IDN?

Dari hasil penilaian berupa orisinalitas dan keunikan ide, tujuan kegiatan, hasil dan sebaran dampak kegiatan di sektor terkait, serta keberlanjutan inisiatif mereka dalam jangka panjang, maka pihak juri memilih 5 orang dengan latar belakang berbeda, yakni:

Riliv

Isu kesehatan mental yang saat ini semakin ramai dibicarakan ternyata sudah punya platform konseling bernama Riliv.

Konseling dan meditasi online ini bertujuan sebagai one-stop aplikasi kesehatan mental pertama di Indonesia dengan misilnya untuk memberikan kemudahan kepada semua orang dalam mengakses layanan kesehatan mental yang terintegratif.

Riliv sendiri diwakili oleh Audrey Maximillian Herli sebagai salah salah seorang pemenang utama program Pahlawan IDN.

Plana (Plastic for Nature)

Dari Plana ada Joshua Christopher Chandra yang menjadi salah seorang pemenang lainnya.

Kalau kamu mengetik Plana (Plastic for Nature) di Google, maka akan ketahuan kalau Plana merupakan gerakan untuk mengubah limbah plastik menjadi produk untuk digunakan sekali lagi.

Misi mulianya agar kita bisa menggunakan dan merawat plastik untuk masa depan yang berkelanjutan memang patut diacungi jempol.

Mataharikecil Indonesia

Selanjutnya, ada Yasser Muhammad Syaiful yang menjadi salah seorang pemenang utama program Pahlawan IDN.

Di bio Instagramnya kita bisa mengetahui kalau Mataharikecil Indonesia ini merupakan LSM yang menjadi wadah generasi muda Indonesia untuk menyebarkan kebaikan di bidang pendidikan & pemberdayaan ekonomi.

Dikemas dengan lebih fun, saya rasa bakal banyak anak muda yang ke depannya akan ikut ambil bagian dari gerakan-gerakan yang dilakukan oleh Mataharikecil Indonesia.

BecomeMore Indonesia

Berikutnya, ada Agalia Sakanti Ardyasa dari BecomeMore Indonesia. Kiprahnya ternyata Agalia ini ternyata sudah dimulai sejak dia kuliah di University of Wisconsin-Madison, Amerika Serikat.

BecomeMore Indonesia pun kemudian didirikan sebagai sebuah komunitas siswa SMP & SMA se-Indonesia yang mendorong proses pengembangan diri melalui berbagai program.

Mulai dari yang berhubungan dengan Mental Health, Physical Health, nutrisi, pertanian, pemberdayaan perempuan, dan masih banyak lagi.

Literasi Anak Banua

Terakhir, ada Alvian Wardhana dari Literasi Anak Banua yang juga jadi salah satu Pahlawan IDN.

Kalau keempat orang tadi punya platform yang bisa diakses oleh semua anak muda dari seluruh Indonesia, maka Literasi Anak Banua sedikit berbeda. Soalnya, komunitas ini fokus membangun pendidikan di daerah terpencil di Kalimantan Selatan serta fokus meningkatkan literasi di daerah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal).

Tapi tentu saja, program pemberdayaan pemuda yang dan kerelawanan sosialnya dijalankan di seluruh Indonesia di mana hingga saat ini telah menjangkau lebih dari 14 desa di 3 kabupaten, dengan lebih dari 1800 anak-anak yang terdampak.

Menarik ya profil dan kontribusinya? 😎

Apa Kata Juri tentang Pahlawan IDN?

pahlawan-idn-media

Uni Lubis, Editor-in-Chief IDN Times

"Semoga, dengan anugerah ini, kalian dapat terus menjaga komitmen kalian untuk terus menjaga keberlanjutan organisasi, membangun komunitas yang solid, serta semakin menjamin transparansi dan akuntabilitas kalian. Dengan demikian, peluang-peluang yang lebih baik pun akan terbuka."

Najelaa Shihab, Pendidik & Pendiri Semua Murid Semua Guru

"Teruslah berfokus pada dampak dan keberlanjutan dari kegiatan ini. Memberdayakan pihak lain juga harus dimulai dengan memberdayakan diri kita sendiri, jadi saya harap, akan ada lebih banyak orang yang sadar bahwa diri kita sendiri, adalah perubahan yang selama ini kita nanti-nantikan."

William Hendradjaja, Chief of Business Skilvul & Managing Partner of SIAP

"Terima kasih atas partisipasi teman-teman dan akan apa yang sudah kalian lakukan sejauh ini. Perjalanan kalian masih sangat panjang. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mencari support system yang dapat mendukung hal-hal baik yang telah teman-teman inisiasi."

Sampai di sini saya, jujur, terharu. Masih banyak ada muda di luar sana yang masih mengusahakan masa depan yang lebih baik untuk generasi muda lainnya dan yang akan datang 😎

***