Cara Benar Memilih Laptop

cara-memilih-laptop-yang-benar
foto oleh: jeshoots.com

"Mas, laptopnya udah lemot banget."

"Ya, tambah RAM aja."

"Kirain lembiru!"

Begitu percakapan saya dengan seorang kawan yang fasih urusan teknis laptop.

Ketika laptop menyala dan saya membuka satu per satu aplikasi, mulai dari Windows Explorer, Chrome, dan Notepad, kursor mouse bergerak perlahan, seolah menyaksikan peluru bergerak slow motion di film The Terminator.

Oiya, kamu tentu tahu saat membuka Chrome tentu kita tidak hanya membuka satu Tab kan? 😂

***

Urusan memilih laptop memang tidak boleh dianggap sepele. Kamu harus paham betul cara memilih laptop yang benar sebelum menjatuhkan pilihan.

"8GB ama 16GB beda 250 ribu aja, mas. Mending sekalian 16GB."

"Nggak deh mba. 8GB aja."

Perbincangan yang selalu tergiang dan bikin saya menyesal saat melihat laptop yang saya gunakan ini melambat. Alasannya? Selisih 250 ribu itu kemudian saya gunakan untuk online di coffee shop seharian dan mentraktir seorang kawan.

Maksud saya uang 250 ribu itu terbuang percuma. Padahal saya harusnya memilih laptop yang RAMnya sudah 16GB, sehingga tidak perlu lagi pusing dengan drama laptop lemot saat menuliskan ceritanya ini.

Nah, belajar dari pengalaman saya ini, berikut beberapa saya bagikan cara memilih laptop yang benar. Penasaran? 🤔

Bagaimana Cara Memilih Laptop yang Benar?

1. Cari Tahu Sistem Operasi yang Cocok

Cara pertama memilih laptop yang benar adalah dengan mencari tahu sistem operasi mana yang cocok untuk kamu gunakan setiap hari.

Istri saya sejak mahasiswa sudah menggunakan Macbook dengan sistem operasi MacOS, sedangkan saya waktu itu masih pengguna Windows bajakan yang saban waktu harus memasukkan Product Key.

Urusan cinta kita mungkin sehati, tapi urusan sistem operasi kita begitu berbeda 💔

Buat yang belum tahu, sistem operasi  laptop yang rame dipakai di Indonesia terbagi ke dalam 3 jenis, yakni:

  • Windows
  • MacOS
  • Linux

Sama seperti manusia, sistem operasi ini punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pelajari sistem operasinya dan sesuaikan dengan kebutuhanmu.

2. Paham Jenis Prosesor

Setelah tahu sistem operasi mana yang bakal dipilih, selanjutnya kamu harus paham jenis prosesor atau CPU. Ada dua perusahaan yang membuat prosesor laptop:

  • Intel
  • AMD

Tips memilih prosesor yang baik adalah seperti ini. Jika kamu adalah pengguna laptop yang hanya untuk keperluan browsing, Microsoft Office Suite, serta software pengedit foto, maka pilihlah laptop dengan prosesor Intel Core i5 generasi kedelapan atau yang lebih baru.

Sementara kalao kamu lebih sering mengedit foto, video, atau bermain game, maka pilihanmu bisa ke laptop dengan prosesor AMD yang grafisnya jauh lebih baik dibandingkan dengan Intel.

3. Mengerti Kebutuhan RAM

Selanjutnya, cara memilih laptop yang benar adalah dengan mengerti kebutuhan RAM. RAM (Random Access Memory) adalah  hardware di laptop yang berfungsi menyimpan data sementara dan berbagai instruksi program.

Seakin besar kinerja laptop untuk multitasking mengerjakan banyak hal, maka semakin besar pula RAM yang kamu butuhkan. Tapi tentu saja, RAM berkapasitas besar lebih cenderung menguras kantongmu.

Jadi, pastikan kamu mengetahui kebutuhanmu, ya!

Hanya itu saja? Bagaimana cara memilih laptop yang benar? Apa lagi yang harus dilihat sebelum membeli laptop?

Untuk jeroan laptop. Cukup sampai di sini~

Sebab kesempurnaan bisa kamu temukan di HP Laptop 14s-fq0011AU. Lah kok bisa? 🤔

Rekomendasi Laptop Murah 2022

rekomendasi-laptop-murah-dan-terbaik

Jika kamu bingung memilih laptop yang benar dan ingin langsung to the point ke rekomendasi laptop terbaik tahun ini, maka pilihanmu sudah tepat. 

HP Laptop 14s-fq0011AU bisa jadi rekomendasi laptop murah dan terbaik 2022 di kelasnya.

Secara umum, HP Laptop 14s-fq0011AU punya performa tinggi untuk memenuhi kebutuhan komputasimu sehari-hari. Harganya sekitar Rp 8 juta-an dan paling kencang di kelasnya.

Spesifikasi HP 14s-fq0011AU

Hewlett Packard Indonesia meluncurkan HP 14s-fq0011AU dengan prosesor AMD Ryzen 5 4500U yang arsitekturnya dibentuk dari Zen 2 dengan Instruction Per Clock (IPC).

GPU yang terintegrasi dengan AMD Radeon RX Vega 6 iGPU mampu membantu kamu mengerjakan desain grafis atau gaming kasual.

Untuk urusan penyimpanan, HP 14s FQ0011AU dengan media penyimpanan berupa SSD (Solid State Drive) PCIe M.2 NVMe berkapasitas 512GB

Layar HP 14s-fq0011AU berukutan standar 14 inci jenis IPS (In-Plane Switching) LCD dengan HD BrightView WLED (White Light Emiting Diode) backlight resolusi full HD 1920 x 1080 piksel.

Jelas, spesifikasi ini akan memberikanmu kenyamanan saat bekerja di depan laptop atau hanya sekadar menonton Netflix dengan kecerahan 250 nits dan warna cemerlang dengan 45% NTSC Color Gamut.

Kalau untuk urusan speaker, HP 14s-fq0011AU sudah dual stereo speaker, sehingga memanjakan telinga kamu banget.

Nah, bezelnya yang tipis berupa microEdge bakal membuat kamu percaya diri membawanya ke coffee shop karena tampak kekinian dengan dimensi yang lebih simple dibandingkan laptop di kelasnya; dan berat yang hanya 1,47 kg.

Windowsnya harus masukin Product Key dan mutar masukin crack-an ga? 🤔

Nggak perlu!

Soalnya, HP 14s FQ0011AU sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 10 Home Edition x64 + Microsoft Office Home & Student 2019 pre-installed di dalamnya.

Jadi, kamu tidak perlu repot-repot beli lisensi atau menginstal sistem operasi lagi.

Spesifikasi HP 14s-fq0011AU

  • AMD Radeon™ Graphics
  • AMD Ryzen™ 5 processor
  • Windows 10 Home Single Language 64
  • 8 GB DDR4-2666 SDRAM (2 x 4 GB)
  • 512 GB PCIe® NVMe™ M.2 SSD
  • 1 SuperSpeed USB Type-C® 5Gbps signaling rate; 2 SuperSpeed USB Type-A 5Gbps signaling rate; 1 HDMI 1.4b; 1 AC smart pin; 1 headphone/microphone combo
  • 14" diagonal, FHD (1920 x 1080), IPS, micro-edge, BrightView, 250 nits, 45% NTSC
  • 2 years limited parts and labour Warranty

Di Meora Prima Solusindo kamu bisa mendapatkannya seharga Rp 8.795.000. Coba deh cek 😉

Pilihan Printer Terbaik HP

rekomendasi-printer-terbaik-hp

Buat kamu nih yang butuh print invoice dan ngirim dokumennya ke klien. HP ternyata punya pilihan printer terbaik. Atau, kamu adalah seorang pelaku UMKM yang mau ngeprint label produk,  HP juga punya solusinya.

Tinggal pilih:

  1. Printer HP LaserJet Pro M404dn: Printer laser HP yang legendaris paling terjangkau
  2. Printer HP Ink Tank 415 Wireless: Mudah diisi ulang dan pencetakan dalam jumlah banyak yang murah
  3. Printer HP Color LaserJet Pro M454nw:  Printer laser HP paling terjangkau
  4. Printer HP ScanJet Pro 2000 s2: Printer sehari-hari yang mudah digunakan

Bagaimana? Sudah tahu cara memilih laptop yang benar? ☝

***

Nih buat jajan