Cara Berinvestasi Bagi Pemula

cara-berinvestasi-bagi-pemula

Meski belum dapat apa-apa dari investasi, saya hingga hari ini masih menyesal karena terlambat mulai berinvestasi.

Saya baru tahu cara berinvestasi bagi pemula dua tahun belakangan.

Cara berinvestasi sebagai pemula ini saya pelajari dari:

  1. Menonton video-video di YouTube yang di dalamnya membahas secara komprehensif cara mulai berinvestasi sesuai tujuan.
  2. Membaca berbagai artikel yang menerangkan semua hal spesifik terkait investasi, serta penggunaan istilah-istilahnya.
  3. Mengikuti akun-akun Financial Planner yang tersertifikasi mengingat banyaknya akun di Instagram yang membicarakan hal ini.
  4. Mengikuti berbagai webinar yang membahas tentang investasi; yang dibawakan oleh Financial Planner tersertifikasi.
  5. Mulai berinvestasi dengan nominal kecil terlebih dahulu di aplikasi investasi yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jenis Investasi untuk Pemula

Bagi kamu para pemula yang ingin mulai berinvestasi, ada baiknya jika kamu paham terlebih dahulu mengenai jenis-jenis investasi yang tersedia di pasaran.

Dilansir dari situs web OJK, jenis investasi antara lain:

  • Saham adalah surat yang menunjukkan kepemilikan suatu perusahaan dan cocok untuk memenuhi kebutuhan jangka panjangmu.
  • Obligasi adalah surat utang jangka panjang yang diterbitkan oleh perusahaan atau pemerintah dengan nilai nominal serta waktu jatuh tempo tertentu. 
  • Reksa Dana adalah produk investasi yang cocok bagi kanu yang punya keterbatasan; seperti waktu terbatas, dana terbatas, informasi terbatas, serta pengetahuan investasi yang terbatas.

Kenapa Kita Harus Mulai Investasi?

cara-berinvestasi-bagi-pemula

Dalam rentang usia seseorang, kita biasanya dihadapkan oleh beberapa milestone. Firman Mariho, Group Head of Probiz Dev PT Mega Capital Sekuritas, dalam webinar kolaborasi Komunitas ISB dan InvestasiKu "Cerdas Berinvestasi", menjelaskan bahwa biasanya:

  • Usia 21 tahun orang memulai karir
  • Mencicil rumah di usia 27 tahun
  • Menikah di usia 28 tahun
  • Usia 29 membeli mobil
  • Menyiapkan dana pendidikan anak di usia 33 tahun
  • Pensiun di usia 55 tahun

Dalam rentang waktu tersebut, inflasi atau kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu terus terjadi. Ambil contoh semangkuk mie ayam.

  • Harga mie ayam di tahun 2002 sebesar Rp 10.000 per mangkuk
  • Pada tahun 2022 harga mie ayam sudah ada di angka Rp 25.000 per mangkuk

Artinya, harga mie ayam tahun 2002-2022 naik hingga 150%.

Firman melanjutkan bahwa pengeluaran sehari-hari di 2022 yang Rp 5 juta per bulan bisa menjadi Rp 30 juta per bulan di 2032. Untuk biaya kuliah misalnya, pada 2022 biayanya hanya Rp 80 juta dan pada 2032 meningkat sebesar Rp 250 juta.

Hal inilah yang dimaksud dengan inflasi. Kondisi yang jarang kita sadari bersama 😓

Solusi Investasi untuk Pemula

Di tengah kecanggihan teknologi dan kemudahan hidup hari ini, kamu sebagai pemula tidak usah bingung mengenai cara berinvestasi. Soalnya, ada aplikasi finansial super yang siap bantu kamu untuk mencapai tujuan finansialmu, yakni InvestasiKu.

Ingat, tujuan finansial setiap orang itu beda-beda, ya. Ada yang berinvestasi untuk masa pensiun, ada juga yang berinvestasi untuk dana pendidikan anak.

Semua tujuan finansial itu, bisa kamu capai dengan bantuan InvestasiKu yang punya produk unggulan saham, reksa dana, dan obligasi.

Kenapa InvestasiKu?

Ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa InvestasiKu bisa jadi teman kamu memula perjalanan sebagai investor pemula, di antaranya:

  1. InvestasiKu berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perlu dipahami bahwa di luar sana ada banyak aplikasi atau lembaga yang mengaku sebagai penyedia layanan investasi, tapi banyak juga yang bodong. Jika sudah berinvestasi di layanan investasi bodong, uangmu bisa hilang begitu saja. Jadi, hati-hati, ya!
  2. Eduvest. Di situs web InvestasiKu ada section Eduvest. Di dalamnya ada berbagai konten, mulai dari artikel, podcast, hingga video yang bisa kamu manfaatkan sebagai referensi belajar investasi sebagai pemula.
  3. InvestasiKu tersambung dengan ekosistem CT-Corp. Sebagai informasi, CT-Corp adalah salah satu kelompok perusahaan yang bergerak di berbagai bisnis industri di Indonesia.
  4. Berinvestasi di InvestasiKu akan memberikanmu point di mana point tersebut bisa kamu gunakan untuk berinvestasi lagi atau digunakan di semua unit bisnis di bawah CT-Corp.
  5. Ada kupon potongan belanja yang bisa bikin kamu hemat belanja.

Untuk mulai menggunakan InvestasiKu, kamu bisa download dengan menggunakan Kode Referral saya di sini. Selamat mencoba 😘

cara-berinvestasi-bagi-pemula
Kode Referral InvestasiKu

***

Nih buat jajan