Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2022

Indonesia-Millennial-and-Gen-Z-Summit-2022

Tahukah kamu bahwa komposisi penduduk Indonesia saat ini adalah kebanyakan dari Gen Z?

Pernyataan ini merujuk Hasil Sensus Penduduk 2020 Badan Pusat Statistik yang dirilis pada Januari 2021.

Data tersebut menunjukkan bahwa Gen Z atau mereka yang lahir dari tahun 1997 hingga 2012 mencapai angka 27,94%.

Di urutan kedua ada Milenial; orang-orang yang lahir tahun 1981 hingga 1996, dengan angka 25,87%.

Adapun total penduduk Indonesia saat ini mencapai 270,20 juta jiwa.

Menarik 'kan melihat angka-angka ini? 😍

Sejalan dengan besaran presentase ini, ternyata Pemerintah telah meluncurkan Visi Indonesia 2045.

Dalam visi ini, Indonesia diharapakan akan mencapai sejumlah sasaran di bidang ekonomi, teknologi, serta sosial dan budaya tepat saat 100 tahun Indonesia merdeka.

Bayangkan, jika Gen Z yang perkiraan usianya sekarang antara 8-23 tahun, maka bisa diprediksi bahwa tepat saat 100 tahun Indonesia merdeka generasi inilah yang akan mengisi pos-pos penting dalam kehidupan negara ini.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa kita tidak boleh menggangap remeh keberadaan mereka.

Indonesia-Millennial-and-Gen-Z-Summit

Salah satu institusi yang ngeh dengan keberadaan mereka adalah IDN Media.

Jika tahun-tahun sebelumnya IDN Media hanya fokus mengadakan Indonesia Millennial Summit, maka tahun ini IDN Media melebarkan sayap, berbagi inspirasi, menyebarkan semangat positif dan kolaborasi melibatkan Gen Z dengan mengadakan Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS).

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2022 akan digelar secara offline di The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta Selatan selama dua hari, 29-30 September 2022.

Ada beberapa catatan menarik dari platform untuk anak muda agar bisa bertukar pikiran dan saling menginspirasi ini. Beberapa di antaranya, yakni:

Indonesia-Millennial-and-Gen-Z-Summit-IDN-Media

Tema IMGS 2022

Indonesia Fast Forward adalah tema Indonesia Millennial and Gen-Z Summit tahun ini. Apa artinya?

Maksudnya, acara ini ditujukan menjadi tempat bagi anak muda untuk dapat saling menginspirasi melalui berbagai macam kontribusi positif yang bisa diberikan bagi Indonesia. IMGS 2022 akan menghadirkan berbagai sesi panel yang diisi oleh lebih dari 50 pembicara inspiratif.

3 Panggung IMGS 2022

Demi menyukseskan event ini, IMGS 2022 akan dibagi ke dalam 3 panggung utama: Visionary Leaders, Future is Female, dan Talent Trifecta.

Tidak hanya itu, akan ada pertunjukan hiburan di Entertainment Stage bagi para pengunjung.

Seperti apa sih ketiga panggung tersebut?

  1. Visionary Leaders: Menghadirkan para pemimpin dari sektor publik dan privat untuk membahas isu sosial, politik, dan ekonomi yang ada di Indonesia.
  2. Future Is Female: Menghadirkan tokoh perempuan Indonesia inspiratif untuk bertukar cerita mengenai pentingnya peranan dan kepemimpinan perempuan hari ini ini.
  3. Talent Trifecta: Memberikan kesempatan kepada public figure dan anak muda yang sukses di berbagai bidang untuk berdiskusi mengenai isu-isu terkini dan kontribusinya pada Indonesia. 

***

Menurut saya, dengan tema Indonesia Fast Forward yang diangkat, IMGS 2022 setidaknya menjadi langkah awal yang tepat untuk membangkitkan semangat kolaborasi para Millennial dan Gen-Z di Indonesia.

Apalagi selama 2 tahun terakhir, pandemi Covid-19 membatasi ruang gerak anak-anak muda yang haus akan kekaryaan dan kolaborasi. Iya 'kan? 😉

Yuk, jadi bagian anak muda penentu masa depan Indonesia dimulai dengan mengikuti IMGS 2022!

Nih buat jajan