Habiskan Cuti dengan 7 Event Akhir Tahun 2022 Ini

rekomendasi-event-akhir-tahun
Foto: freepik.com/author/jcomp

"Tolong habiskan cutinya, ya. Submit sekarang terserah mau kapan."

Siapa yang tidak senang dengan kalimat di atas? Ini adalah potongan chat atasan saya di kantor bulan Oktober kemarin. Di tim saya, hampir semua anggota masih punya banyak sisa cuti di 2022 ini.

Bagi saya, mengapa hal ini terjadi, karena kantor masih membolehkan kami untuk WFH dan semuanya wajib menggunakan paket internet cepat yang terpasang di rumah. Hampir semua pekerjaan bisa diselesaikan dari mana saja. Hasilnya, jatah cuti pun banyak yang belum terpakai. 

Nah, salah satu tips terbaik untuk bekerja dari rumah adalah terletak pada koneksi internet. Beruntungnya, ada Paket 3P dari IndiHome yang memang mengusung semangat aktivitas tanpa batas.

Apa itu Paket 3P? Jadi, dengan Paket 3P kamu sudah bisa terhubung dengan internet cepat di rumah, beragam siaran channel televisi, serta telepon rumah.

Balik ke permasalahan cuti tadi. Jadi, ya, buat apa ambil cuti? Ya 'kan? ๐Ÿ˜…

Anyway, setelah bekerja selama setahun, waktu yang terbaik memang untuk liburan adalah akhir tahun. Selain untuk berefleksi melihat apa saja yang sudah kita kerjakan di dalam hidup ini selama 365 hari terakhir, waktu ini juga bisa dipakai untuk menikmati hal-hal yang terlewatkan selama setahun terakhir.

Pertanyaannya, ke mana kita menghabiskan cuti untuk liburan cuti akhir tahun? ๐Ÿค”

Berikut ini akan saya jabarkan beberapa event hiburan akhir tahun terbaik di beberapa kota. Mulai dari event belanja ide, festival musik terbesar, hingga festival kebudayaan.

Beberapa sudah pernah saya kunjungi, beberapa masih di angan-angan. Penasaran? Yuk, simak sampai habis ๐Ÿ˜

7 Rekomendasi Event Akhir Tahun

IDEAFEST

rekomendasi-event-akhir-tahun
Foto: ideafest.id/

Dari namanya saja, saya sudah tertarik. Di pikiran saya waktu pertama kali tahu event ini adalah "Wah, bisa belanja idea nih!"

IdeaFest pada dasarnya merupakan festival industri kreatif terbesar di Indonesia. Event ini menghubungkan dan memberdayakan orang-orang serta komunitas kreatif se-Indonesia agar bisa menunjukkan pertumbuhan mereka sudah sejauh mana.

IdeaFest 2022 mengusung tema Reality Re:defined. Tujuannya, agar bisa menjadi wadah bagi orang-orang untuk kembali terhubung, melihat, dan mendefinisikan ulang semangat perubahan yang dibawanya.

IdeaFest 2022 yang bakal berlangsung dari tanggal 24-27 November di Jakarta Convention Center dikemas dalam 5 kategori program: Conference, IdeaTalks, Blok:verse, IdeaFest Music, dan Lucu Fest.

SOUNDRENALINE

soundrenaline-event-musik-akhir-tahun
Foto: pophariini.com/

Bagi para pencinta musik, Soundrenaline  tentu sudah masuk checklist wajib festival musik yang wajib didatangi. Sempat vakum selama dua tahun karena pandemi Covid-19, Soundrenaline 2022 hadir dengan tema Comeback Live & Louder dan menjanjikan pengalaman event terbesar dalam sejarah festival musik pop culture terkini.

Di mana lokasi Soundrenaline? Soundrenaline 2022 akan diadakan di Allianz Ecopark Ancol Jakarta tanggal 26-27 November 2022. Hal inilah yang membedakan event akhir tahun yang satu ini di mana sebelumnya hanya digelar di Garuda Wisnu Kencana, Bali.

Jakarta dipilih sebagai tempat pelaksanaan mengingat kota ini menjadi tempat berkumpulnya musisi-musisi sekaligus sebagai kota pertama yang menyelenggarakan Soundrenaline pada November 2002 silam.

Ada 18 musisi internasional dan ratusan musisi Indonesia yang siap mengisi festival musik hiburan akhir tahun.

DJAKARTA WAREHOUSE PROJECT

dwp-event-musik-akhir-tahun
Foto: mixmag.asia/

Mau festival musik ajeb-ajeb? Djakarta Warehouse Project (DWP) jawabannya.

DWP pertama kali diadakan pada 2008 dan waktu itu namanya Blowfish Warehouse Project. Di awal, konsepnya adalah festival Electro Dance Music (EDM) yang umum di kalangan Disk Jockey (DJ) atau lebih dikenal sebagai musik ajeb-ajeb.

Nah, seiring perkembangannya, DWP memberi ruang ke genre lain dan menyediakan panggung bernama Garuda Land yang terinspirasi dari lambang negara: Garuda Pancasila.

DWP 2022 akan dihelat di  JIExpo Kemayoran, Jakarta dari tanggal 9-11 Desember 2022. Sederet musisi ternama dalam dan luar negeri juga siap meramaikan panggung festival musik yang pernah dinobatkan sebagai The Best EDM Festival of 2015 oleh EDM Sauce.

ROCK IN CELEBES

rock-in-celebes-event-musik-akhir-tahun

Tidak sempat ke Soundrenaline dan DWP? Tenang saja, ada satu lagi event musik akhir tahun yang bisa kamu kunjungi: Rock in Celebes.

Kalau Soundrenaline dan Djakarta Warehouse Project digelar di Jakarta, maka Rock in Celebes diadakan di Makassar, Sulawesi Selatan.

Rock in Celebes akan berlangsung di tanggal 10-11 Desember di Parking Lot Ambalat Trans Studio Makassar. Ada ratusan musisi dalam dan luar negeri yang akan mentas di sini. Berbeda dengan festival musik lainnya, Rock in Celebes 2022 membuka audisi langsung untuk bisa tampil di panggung utama.

Jadi, selain menikmati penampilan musisi favoritmu, kamu juga bisa sekalian healing di Makassar! Ada banyak spot wisata yang bisa kamu kunjungi; lengkap dengan kulinernya yang wajib kamu coba. Aih!

LOVELY DECEMBER

lovely-december-toraja-event-akhir-tahun
Foto: indonesiakaya.com

Selagi di Makassar, kamu bisa ikutan Lovely December di Toraja loh!

Lovely December Toraja sendiri sudah jadi event nasional tahunan di Indonesia yang menarik perhatian wisatawan mancanegara dan domestik. Selama sebulan penuh di Toraja, ada berbagai event kebudayaan dan ekonomi kreatif yang dihelat.

Ada Rambu Solo', upacara pemakaman adat suku Toraja, atau Ma'nene, ritual pembersihan jenazah yang tinggal tulang, yang bisa kamu saksikan secara langsung.

Atau kamu juga bisa menikmati Kopi Toraja yang mendunia itu. Slurppp!

PENGLIPURAN VILLAGE FESTIVAL

penglipuran-village-festival-bali
Foto: penglipuran.net/pariwisata/

Menyeberang ke Pulua Dewata, bagaimana kalau kita ke Desa Wisata Penglipuran di Kabupaten Bangli, Bali untuk wisata budaya sekaligus menikmati hiburan akhir tahun di sana?

Pada 6-17 Desember mendatang, Penglipuran Village Festival akan menghadirkan berbagai jenis kegiatan yang terkait dengan tradisi dan budaya. Ada lomba Mebat (lomba masak masakan Bali), lomba Bapang Barong, serta aktivitas Krama Penglipuran.

Desa Penglipuran sendiri sudah dikenal luas oleh wisatawan mancangera dan domestik sebagai salah satu desa terbersih di dunia dan menjadi desa tradisional di Bali dengan hasil kerajinan tangannya berupa anyaman bambu berupa tempat kue, tempat buah, tempat sampah, hingga miniatur penglipuran.

DENPASAR FESTIVAL

denpasar-festival-bali-event-akhir-tahun
Foto: denpasarfestival.id/

Masih di Pulau Dewata, kamu bisa menikmati Denpasar Festival 2022 yang digelar dari tanggal 16 hingga 23 Desember 2022. Ada apa di Denpasar Festival 2022?

Tahun ini, Denpasar Festival akan menyuguhkan pameran produk, kuliner, pesta budaya, aktivitas komunitas, konser musik, seni tabuh dan tari tradisional yang merupakan hasil keragaman dan kekayaan ekspresi serta kreativitas warga Kota Denpasar.

Soalnya nih, Denpasar sebagai ibu kota Provinsi Bali mengalami pergerakan kebudayaan lokal-global yang terus berkembanga secara dinamis. Masyarakatnya, makin ke sini makin multikultur dan didominasi oleh generasi yang berada di usia produktif.

Makanya, Denpasar kini menjadi sebuah ekosistem kebudayaan berbasis generasi muda yang berkepribadian open-minded, ekspresif dan berani, terutama dalam melestarikan warisan budaya. Jadi, tidak sabar menikmati atmosfernya di #DenFest2022.

Tips Menghadiri Event Akhir Tahun

tips-mengikuti-event-akhir-tahun

Sebelum mengemas tas dan koper untuk menghadiri event akhir tahun di atas, ada baiknya jika kamu mengecek beberapa tips liburan berikut ini:

Tentukan Jadwal

Sebagai orang kantoran yang hanya punya cuti 12 hari dalam setahun, dua hal ini tentu tidak akan saya anggap sepele. Ajukan cuti jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan event, saya sih biasanya mengajukan cuti 2 minggu sebelum hari H.

Dengan begini, saya bisa menyelesaikan dan memprediksi kerjaan yang akan datang. Biar tidak ada orang kantor yang ngontak pas hari cuti. Apalagi di libur akhir tahun. Tentu, teman-teman kantor juga berlomba mengajukan cuti.

Tentukan Destinasi

Dari jadwal yang kamu punya, saatnya mengatur ke daerah mana kamu ingin liburan. Mau ke Jakarta? Ke Makassar? Atau ke Bali? Semuanya harus ditentukan destinasi liburan dengan baik, ya ๐Ÿ˜Ž

Oiya, karena 2022 kita masih dalam kondisi pandemi, jangan lupa untuk mengecek syarat dan ketentuan perjalanan; baik yang melakukan perjalanan darat maupun menggunakan transportasi udara, khususnya pesawat terbang. Cek apakah surat PCR/Antigen masih dibutuhkan, cek juga syarat vaksinasi.

Siapkan Anggaran

Setelah dua tadi beres, saya biasanya beralih ke anggaran. Saat mengunjungi satu tempat, kamu perlu membuat pos-pos anggaran, misalnya untuk transportasi, penginapan, makan dan minum, tiket masuk, serta oleh-oleh. Siapkan juga dana darurat demi menghindari hal-hal di luar pengaturan kita.

Demi meminimalisir anggaran, tidak ada salahnya untuk berburu promo. Konser musiknya biasanya menyediakan tiket Early yang harganya bisa setengah dari harga normal. Untuk makan dan minum atau bayar penginapan, e-wallet tertentu biasanya memberi diskon.

Jadi, jangan ragu untuk memanfaatkannya!

Perhatikan Kesehatan

Bulan lalu saya harusnya ke Bali selama seminggu untuk liburan, tapi beberapa jam sebelum jadwal keberangkatan saya tiba-tiba demam tinggi. Hasil antigen sih, negatif. Tapi, saya benar-benar tidak bisa berbuat banyak. Bergerak saja susah. Jadinya, liburan ke Bali batal, saudara-saudaraku!

Seminggu jelang keberangkatan saya memang bekerja siang hingga larut malam. Mendatangi banyak tempat dan bertemu banyak orang. Saya lupa bahwa saya harus jaga kesehatan agar bisa liburan dengan maksimal. Makanya, buat kamu yang mau ikutan di event-event akhir tahun di atas, jangan pernah menyepelekan kesehatanmu.

Atur Semuanya dengan IndiHome

Lah? Kenapa tipsnya ada IndiHome? Tenang, saudara-saudara ๐Ÿ˜—

Jadi, kamu tentu saja tidak akan menemukan event terbaik akhir tahun untuk liburan tanpa adanya internet kencang. Internet sebenarnya sudah menyediakan seluruh informasi yang kamu butuhkan; baik itu harga tiket, cara ke lokasi, menu kuliner wajib, sampai berbagai trik.

Pertanyaannya, kamu mau berburu informasi tersebut nggak? Kalau iya, pastikan kamu menggunakan IndiHome.

IndiHome adalah layanan digital yang menyediakan Paket Internet Cepat di Indonesia untuk aktivitas tanpa batas dengan beragam pilihan paket. Yang paling penting, IndiHome yang merupakan bagian dari Telkom Group ini tersedia hingga pelosok negeri.

Kok bisa IndiHome punya Paket Internet Cepat dan mudah diakses? ๐Ÿค”

Soalnya, teknologi yang digunakan adalah teknologi Fiber Optic. Fiber Optic sendiri merupakan salah satu jenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus. Teknologi ini memberikan akses maupun transfer data dengan kecepatan yang tinggi.

Fiber Optic juga terbukti lebih resisten dan tahan terhadap gangguan elektromagnetik, misalnya gangguan cuaca. Transmisi data dan akses pun dapat dilakukan dengan kecepatan optimal.

Terakhir, IndiHome dengan yang terkenal dengan Paket Internet Cepat Cepat ternyata juga punya layanan Fixed Broadband yang tidak hanya menyediakan internet saja, tapi juga ada telepon dan TV Interaktif.

Begitu kira-kira rekomendasi event akhir tahun yang bisa kamu kunjungi dan tips mengatur semuanya bersama IndiHome.

Nah, kira-kira event akhir tahun mana yang bakal kamu datangi? ๐Ÿ˜

***

Nih buat jajan