Peran Ayah dalam Berbagi Tugas Rumah Tangga

peran-ayah-berbagi-tugas-rumah-tangga

Sebenarnya, cerita-cerita mengenai peran ayah dalam berbagi peran di rumah tangga ini adalah bahasan dari Selasa Sharing Komunitas ISB di Selasa, 17 Januari kemarin ini.

Hal ini bermula saat teh Ani yang waktu itu share materi Instagram malam-malam di grup Admin ISB yang saya timpali dengan ucapan terima kasih. Setelah itu, teh Ani kembali bertanya kenapa belum tidur, padahal di Makassar sudah hampir pukul 12 malam.

Say bilang saja bahwa saya baru saja menyapu dan mengepel. Biar besok langsung set sat set ngerjain yang lain. Soalnya, persoalan domestik rumah tangga tanpa ART tuh aduhai banget.

Jadi, kenapa saya rela berbagi peran? Aslinya ini kejebak sih. Istilah kejebak ini bahkan sempat diulang sama Ade di satu percakapan.

Balik ke cerita, pas lockdown Maret 2020 Ade masuk kerja lagi setelah cuti lahiran; dia perawat. Di saat yang bersamaan saya full WFH atau bekerja dari rumah. Rencana kami untuk menitipkan anak 3 bulan saat jam kerja di daycare gagal. Sayalah yang mau tidak mau harus megang anak sambil WFH.

Di awal-awal, saya pikir gampang karena bayi belum bisa ngapai-ngapain, nyatanya tidak sama sekali, sodara-sodara!

Apalagi waktu itu si bayi 'dipaksa' nyapih karna mamanya harus kerja. Saya yang tidak punya pengalaman sama sekali megang anak; dari jam 6 pagi ke jam 3 siang mandi keringat.

Bingung, tegang kalo si bayi nangis 😵‍💫

Waktu itu, kami statusnya ngontrak bertiga di daerah Slipi, Jakarta Barat.

Singkat cerita, sampai ekarang, sampai si bayi tadi usianya pas 3 tahun bulan ini dan sekarang punya adek yang bulan depan 1 tahun; saya masih sering mandiin, nyebokin, dan nyuapin mereka.

Hingga tulisan ini dibuat,  saat ini saya serumah dengan mertua dan tinggal bertiga, berlima dengan anak pertama dan anak kedua. Pembagiannya seperti ini: mertua yang masak, urusan nyapu, nyuci ngepel adalah urusan saya; dan urusan anak adalah urusan istri 📌

Karena kantor masih hybrid dan belum mewajibkan WFH, saya mau tidak mau masih remote dari Makassar. Jadilah, bekerja, ngeblog, dan mengasuh membesarkan anak semuanya dari rumah. Kebayang 'kan stresnya? Saya sampe pitak, eh botak, bapak ibu kakak-kakak 🙃

Pertanyaannya, bagaimana mengatur kerjaan? 🤔

Karena semua kerjaan ada deadlinennya, jadi kerjaan tuh dikerjain di malam hari ato subuh hari. Siangnya, nyambi meeting dan ngurus anak.

Pertanyaan lagi, kok mau sih ngerjain pekerjaan yang identik dengan perempuan?

Jujur sejujur jujurnya, saya lelah dgn urusan patriarki semacam ini. Saya kebetulan suku Bugis, suku Bugis tuh menjunjung tinggi sistem patriarki di mana contohnya adalah kalo makan pagi/siang/malam keluarga tuh yang didahuluin adalah laki-laki (gimana angka stunting mau turun kalo gini~).

Satu lagi, sebelum punya anak saya sempet baca buku Chimamanda Ngozi Adichie - We should all be Feminists https://www.chimamanda.com/we-should-all-be-feminists/

ada TED TALKnya juga https://www.youtube.com/watch?v=hg3umXU_qWc

[19:28, 17/01/2023] Ardan: Eh, udah sih kayaknya 😅

Ayo cerita-cerita, saya sebenernya cuman butuh support system, soalnya orang tua-orang tua kami cara ngasuhnya beda banget. Jadi, kami memilih untuk ngurus anak sendiri.

Nih buat jajan