Hari ke-16: Nirmana oh, Nirmana!


NIRMANA KERTAS
NIRMANA KERTAS

Pengertian Nirmana

Nirmana adalah sebuah ilmu yang mengajarkan mengenai elemen-elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang, dan tekstur yang dibentuk ke dalam satu kesatuan yang harmonis. Nirmana pun didefinisikan sebagai hasil imajinasi dalam bentuk dua dimensi (dwimatra) dan tiga dimensi (trimatra) yang memiliki keindahan.

Nirmana Dibagi Menjadi 2 Jenis

Secara konsep, nirmana dibagi menjadi 2 jenis, yaitu nirmana dwimatra dan nirmana trimatra.

  1. Nirmana dwimatra (dua dimensi) adalah sebuah bentuk karya seni yang terdiri dari dua dimensi, yaitu panjang dan lebar. Karya seni ini hanya memiliki kemampuan untuk menampilkan suatu bentuk secara planar atau bidang. Contohnya adalah lukisan, gambar, dan foto.
  2. Nirmana trimatra (tiga dimensi), atau yang biasa disebut sebagai seni rupa tiga dimensi, adalah sebuah bentuk karya seni yang memiliki tiga dimensi, yaitu panjang, lebar, dan tinggi. Karya seni ini dapat menampilkan suatu bentuk yang memiliki kedalaman, seperti patung atau skulptur. Contohnya adalah patung, model, dan arsitektur.

NIRMANA KERTAS
NIRMANA KERTAS

NIRMANA TEKSTUR
NIRMANA TEKSTUR

NIRMANA TEKSTUR
NIRMANA TEKSTUR

NIRMANA SEDOTAN (TRIMATRA)
NIRMANA SEDOTAN (TRIMATRA)
NIRMANA SEDOTAN (TRIMATRA)
NIRMANA SEDOTAN (TRIMATRA)

NIRMANA MIX MEDIA
Bagi saya, ini adalah sebuah mata kuliah yang merupakan "matematika-nya" DKV. Perhitungan yang rinci, detail yang nyaris sempurna, dan kreativitas yang out of the box. Ketika kamu tidak memenuhi ketiga indikator tadi, maka berhentilah berharap untuk nilai yang tinggi. Kingstruk, Korek Api, Sedotan, dan Mix Media adalah rentetan tugas-tugasnya (itu di kampus saya).

***

Nih buat jajan