Bukan 3, tapi 4 Podcast Terbaik Indonesia Ini yang Belakangan Saya Dengarkan

By Ardan - March 09, 2018

podcast-Indonesia

Sesaat setelah jam kantor usai Kamis dua minggu kemarin, seorang teman yang hendak pulang melintas di samping saya dan tiba-tiba berhenti lalu menyapa. Kami ngalor ngidul hingga kemudian tiba pada perbincangan podcast terbaik Indonesia.

"Hai Ardan, tulisanmu di blog menarik," dia menarik kursi di sebelah kanan saya, meletakkan tasnya di meja dan kami memulai membicarakan pelbagai hal tentang tulis menulis.

Walaupun di awal saya kikuk karena tidak terbiasa mengobrol di kantor, belakangan kemudian cair. Ada seorang teman yang bergabung, kami mengobrol bertiga.

Pembicaraan yang mengalir tiba di Soundcloud dan sesekali ke Youtube. Belakangan, saya memang mengunduh kembali Soundcloud setelah lama terhapus di gawai. Jika diibaratkan sebuah hubungan, saya dan Soundcloud berada di love-hate relationship. Saya mengunduhnya pertama kali di kitaran 2013.

Sesudah di unduh, saya mendengarkan banyak sekali musik. Tidak lama setelahnya saya bosan dan lebih senang mendengar-menonton lagu di Youtube. Pada 2015 Soundcloud kembali saya unduh, namun, lagi—dihapus.

Saya menyukainya karena setiap mencari lagu, selalu ada dan gratis. Itu masa di mana Spotify dan JOOX belum sesemarak sekarang. Sayangnya, tidak semua lagu itu adalah lagu dari penyanyi aslinya. Kebanyakan di cover oleh orang lain dan tidak sedikit yang jelek. Soundcloud memungkinkan semua orang membuat mengunggah file audio.

***

2016, saya belajar melatih pendengaran bahasa Inggris dengan mendengarkan podcast-podcast menarik. Inilah kali pertama saya berkenalan dengan program audio yang memuat banyak sekali informasi. Fokus saya saat itu adalah mendengarkan berita yang kebanyakan temanya adalah kejadian global serta percaturan politik luar negeri. Saya mendengarkannya di aplikasi BBC Podcasts.

Sewaktu memasuki 2017 saya mulai bosan dan seketika berhadapan dengan pertanyaan, "Memangnya tidak ada podcast terbaik dengan bahasan yang ringan?"

Podcast Awal Minggu

podcast-Indonesia

Entah bagaimana saya menemukan saluran Youtube Paguyuban Pamitnya Meeting yang di episode pertamanya menghadirkan seorang stand up comedy-an, Adriano Qalbi.

Pertanyaan saya menemukan jawabannya. Si Adriano ternyata memiliki podcast dengan nama Podcast Awal Minggu (PAM) . Sesuai namanya, media ini dia rilis setiap awal minggu. Ada waktu laki-laki brewok ini mengundang seorang tamu di salurannya untuk dikupas habis-habisan. Di waktu lain, dia mengoceh sendirian.

Pengalaman saya mendengarkan podcast pun berubah total. Jika sebelumnya saya menikmatinya dengan suara musik pengantar di awal dan di akhir dengan suara podcasternya yang lembut, maka PAM mendobrak semua dan semaunya.

Kamu bisa membayangkan, Adriano yang baru saja bangun dan belum mandi pagi memulai podcastnya sendirian dengan suara yang serak sambil sesekali batuk keras. Pembicaraan pun akan ngalor ngidul selama kurang lebih sejam. Di akhir, dia akan menutupnya dengan kalimat, "Dee.. Tali Lu Semua!"


Saya tidak terlalu mendengarkan yang bagian itu. Kesukaan saya adalah Podcast Awal Minggu dengan Tamu. Pelawak tunggal ini mengobrol dengan orang lain, siapa saja. Tidak sedikit dari mereka yang seniman atau pekerja seni.

Ada banyak sekali obrolan menarik tentang proses berkarya, quater-life crisis, penemuan passion, kegelisahan akan diri sendiri dan masyarakat, hingga pencarian keyakinan. Sekali waktu akan ada judul musik, film, atau judul buku bagus yang mereka singgung. Saya yang gatal, sering kali mencari judul-judul tersebut.

Suarane Podcast

podcast Indonesia
Kadung mengunduh Soundcloud, saya beberapa kali melakukan refresh di berandanya dan dua bulan kemarin menemukan Suarane Podcast. Kamu tahu kan di Soundcloud ada bagian Artists You Should Know?

Nah, Suarane Podcast dengan tampilan logonya menggangu saya untuk mengklik dan mendengarkan salah satu episodenya, Kepo Buku - Dari Panama Papers, Logical Fallacies sampai Laut Bercerita. Ketika menunggu Transjakarta arah Grogol di halte Gatot Subroto Jamsostek, saya mulai mendengarkannya dengan anggapan, "Paling di skip lagi, logonya saja begitu."

Tapi tidak. Suarane Podcast yang dibawakan oleh seorang laki-laki sebagai pemandu dengan suara beratnya membuat saya tidak langsung menyetop. Pasalnya, buku-buku dibincangkan dari jarak jauh. Dua kawannya; yang satu di Ambon dan satunya di Singapura. Sementara si empunya sendiri berada di Bangkok, Thailand.

Karena malam itu lalu lintas sedang macet parah, tidak terasa episode ini habis. 52 menit 32 detik dan saya belum juga tiba di halte Harapan Kita. Padahal jika lancar, hanya butuh 20 menit. Jadilah saya mencari tahu siapa di belakang Suarane Podcast.

Adalah Rane Hafied, seorang karyawan di perusahaan global yang menetap di Bangkok (bang, folbek aku di Linkedin!), yang merupakan pembesut Suarane. Dia menyingkat namanya untuk nama podcastnya: Suara Rane (Suarane). Eh, iya gak sih, bang?


Episode yang paling menarik bagi saya adalah Susu, Telur, dan Bubur Kacang Hijau Sang Jendral. Sebab mengisahkan tentang seorang Jendral Jusuf dengan beberapa kali menirukan cara bicara jendral asal Sulawesi Selatan ini dengan logat yang terasa sangat Sulawesi Selatan. Apa iya kamu orang Makassar, bang? Tapi, di Linkedinmu menyebut Jawa Barat.

Suarane punya banyak segmen, mulai dari mengoceh sendiri, obrolan tentang buku, wawancara dengan orang lain, hingga obrolan Mput, anaknya. Dari saluran ini pula saya mengenal beragam podcast Indonesia lainnya.

Oiya, berbeda dengan PAM, Suarane punya plot yang jelas. Terang saja, Rane adalah seorang pencerita, pembicara, dan penghibur yang ulung. Belakangan saya tahu dia pernah bekerja sebagai seorang penyiar, telah lama di dunia kepenulisan, dan kini menyebut dirinya storyteller.

Inspigo

podcast Indonesia

Jika kamu adalah orang yang optimis dengan perasaan yang selalu positif, maka podcast ini cocok untuk kamu. Saya mengetahui saluran ini dari seorang teman kuliah yang memostingnya di insta story.

Di awal, salah satu podcast Indonesia ini hanya beredar di Soundcloud hingga kemudian meluncurkan aplikasi sendiri sehingga saya, kamu juga bisa mengunduhnya di Google Playstore. Ada beberapa sesi yang bisa dipelajari untuk mengembangkan diri. Semisal, skill to succeed, personal development, profil dan cerita inspiratif, healthy living, hingga life hacks.

Secara bergantian seorang laki-laki dan perempuan yang menjadi host akan mewawancarai orang dengan pelbagai latar belakang bidang. Pemandu-pemandu ini tidak pernah mampu saya hafalkan namanya, meski selalu disebutkan di awal. Yang menempel hanyalah slogan dengan latar belakang musik, "Inspigo, Inspirasi on The Go!"

Meskipun tiap waktu muncul di notifikasi tentang salah satu episodenya, saya tidak langsung mendengarkan. Diakses hanya ketika dua podcast sebelumnya tidak merilis episode terbarunya. Itupun saya pilih-pilih, seperti episode-episode tentang desain dan branding atau cerita Stephany Josephine mengenai blognya The Freaky Teppy.

Menariknya, Inspigo tidak sedikit mewawancara orang-orang yang sering nampang di televisi dan menanyai mereka pertanyaan-pertanyaan yang tidak pernah ditanyakan di televisi. Untuk membuktikannya, kamu harus mendengarkan sendiri.

Travel Tales From The Road

podcast Indonesia

Lembah Bada yang letaknya tak jauh dari Makassar adalah tempat yang sejak 2013 ingin saya kunjungi tapi tak pernah kesampaian. Saya penasaran dengan patung besar yang terpancang di dataran hijau.

Terlebih ketika di salah satu edisi majalah National Geographic menjelaskan tentang Pulau Paskah di selatan Samudra Pasifik. Iya, patung di Lembah Bada memiliki kemiripan dengan patung di Pulau Paskah.

Beruntung, Windy Ariestanty yang saya gemari tulisan-tulisan perjalanannya telah tiba di sana dan membuat podcast tentang ini pada awal Januari lalu. Cerita tentang Lembah Bada pun menjadi episode pertama podcast Travel Tales From The Road (TTFTR) yang diasuh Windy.

Meskipun baru dua episode, entah telah berapa kali saya mengulang episode-episode TTFTR. Kemampuan dan cara Windy bercerita adalah hal yang saya kagumi. Ini sejalan dengan karirnya sebagai salah satu penulis perjalanan di Indonesia.

Ade yang pertama kali menunjukkan saya perempuan ini. Saat itu Mbak W, sapaan akrabnya, mengisi workshop menulis cerita perjalanan di Makassar International Writers Festival (MIWF) 2014. Dan tulisannya tentang Kota Biru Chefchaouen di sebuah majalah adalah cerita perjalanan pertamanya yang saya baca. Menyusul kemudian Life Traveler dan seluruh isi blognya.

Pada akhir 2017 kemarin, saya menyempatkan waktu untuk melihat Windy mengisi salah satu diskusi yang digelar oleh I Was Here. Dia tampil sebagai teman perjalanan terakhir (begitu I Was Here menyebut pembicaranya) yang membagikan rujukan destinasi wisata 2018.

Baca juga: IWasHere: Destinasi Wisata 2018 

Dan seperti saat mendengarkan Mbak W bercerita di MIWF 2014, saya juga terhipnotis dengan cara berceritanya di I Was Here pun di podcastnya. Mendengarkan perempuan ini bercerita seperti sedang mendengarkan dongeng pengantar tidur—jelas, runut, dan indah sekali.
***

Keempat podcast Indonesia terbaik tadi menemani saya di beraktivitas sehari-hari, belakangan saya juga mendengarkan Podcast Postinor besutan Amel dan Vinsen serta podcast dari Ario Pratomo. Eh, jika kamu punya podcast Indonesia kesukaan, beritahu saya di kolom komentar!

Terima kasih 😁

  • Share:

Baca Post Ini Juga

25 komentar

  1. Replies
    1. Hehe iya, Koh! Mereka para jagoan bercerita melalui audio.

      Delete
  2. Aku penikmat inspigo. Kalau podcast bisa diunduh di google play; tapi hanya bisa mendengarkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inspigo pun kini ada episode yang berbayar, mas haha

      Delete
  3. Coba dengerin podcast Subjectivenya Iqbal Hariadi deh. Bagus

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. here is another article about "Take advantage of Podcast as a Media Sharing Knowledge and Experience" kindly check our website http://news.unair.ac.id/2019/06/05/manfaatkan-podcast-sebagai-media-berbagi-ilmu-dan-pengalaman/

    ReplyDelete
  6. Suarane memang menarik untuk didengerin...

    ReplyDelete
  7. SAYA MENYAMBUT ANDA SEMUA DI PAGE INI
    INI IALAH CERITA SAYA

    Saya MURNI SANTI, seorang wanita, ibu, kakak dan rakan dari (Bekasi), Indonesia, saya seorang PENGURUS ESTATE SEBENAR dan saya mengalami banyak tekanan kewangan baru-baru ini, tidak ada yang mahu meminjam wang kepada kami untuk menyelesaikan projek komersial kami yang telah dibina dalam beberapa bulan sekarang. Saya telah ditipu oleh beberapa syarikat pinjaman palsu yang menuntut sejumlah besar wang daripada saya tanpa kami menerima pinjaman.

    Saya kecewa, suami saya berusaha sebaik mungkin dan menolong, saya akan membunuh diri kerana kesakitan, terlalu berat untuk ditanggung dan saya kehilangan harapan, sehingga saya diperkenalkan kepada SEMUA PINJAMAN GRANT GLOBAL sebuah syarikat pinjaman yang ditaja oleh bank dunia itu sendiri.

    Saya memutuskan untuk memohon pinjaman dan menghubungi syarikat itu, pegawai pinjaman mereka yang benar-benar memberi saya harapan dan memberitahu saya jangan bimbang syarikat itu akan meminjamkan wang kepada saya, walaupun jumlah yang saya perlukan sangat besar, dan semua yang saya dapat berikan kepada mereka keperluan yang merupakan beberapa maklumat peribadi, yang saya lakukan.

    Saya melalui semua proses, mereka berjanji akan meminjamkan wang yang saya minta setelah mengesahkan saya layak untuk mendapat pinjaman, saya diminta untuk menunggu, yang paling mengejutkan adalah pinjaman yang dimasukkan ke dalam akaun saya dan saya mengesahkannya .. Kami syarikat kembali dari segi kewangan dan keluarga saya berjaya dengan baik ini menjadikan hidup saya lebih baik, saya bersyukur kepada Allah dan semua PINJAMAN PEMBERIAN GLOBAL
    GMAIL ..... allglobalgrantloan@gmail.com

    UNTUK MENGHUBUNGI SAYA
    NAMA Syarikat: SEMUA PINJAMAN GRANT GLOBAL
    EMAIL Syarikat: allglobalgrantloan@gmail.com.
    Whatsapp Syarikat: +1(304)997-4034
    Nama Saya: MURNI SANTI
    E-mel Saya: murnisanti55@gmail.com

    ReplyDelete
  8. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    ReplyDelete
  9. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete
  10. Keajaiban tidak akan pernah berakhir, saya berdoa untuk allah untuk memberkati Nyonya Esther Patrick, saya kehilangan Ewita warga negara Indonesia, saya tinggal di JL.kutisari selatan geng ekonomi No. 13-G, Indonesia. Ibu saya mengatakan kepada saya bahwa dia akan melalui internet dan datang ke publikasi Nyonya Esther Patrick, mengatakan bahwa fasilitas kredit telah memberinya pinjaman kepada masyarakat umum dengan suku bunga sangat rendah 2% persen, Anda dapat menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com].

    Jadi, saya memberi tahu teman saya tentang pandangan meminjam dari Nyonya Esther Patrick, dan dia mengatakan dia tidak akan memberi tahu saya bahwa saya tidak meminjam dari Nyonya Esther Patrick, tetapi saya perlu meminjamkan sejumlah kecil untuk memeriksa apakah perusahaannya adalah perusahaan.

    Jadi, saya bertindak atas sarannya dan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com] yang diposkan oleh ibu saya, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp200.000.000. Nyonya Esther Patrick menanggapi saya dan mengirimi saya semua syarat dan ketentuan perusahaannya yang saya baca dan saya menyetujui persyaratannya.Setelah persetujuan permohonan pinjaman, saya menerima pemberitahuan dari bank saya bahwa jumlah Rp200.000.000 dikreditkan ke rekening bank saya dari perusahaan Nyonya Esther Patrick.

    Saya sangat senang dan berbagi kabar baik dengan ibu saya dan teman saya yang menyarankan saya untuk terus maju.Ia menyelesaikan pembayaran kembali pinjaman tersebut pada 07 Juli 2018, dan saya meminta sejumlah Rp550.000.000 yang juga saya terima di rekening bank saya setelah prosedur itu dilakukan.

    Jadi, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk memberi tahu siapa saja yang mencari pemberi pinjaman pribadi di Internet yang pasti akan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui e-mail {ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM}Anda dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan bantuan atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapat pinjaman.Ini email saya: [ewitayuda1@gmail.com]Terima kasih, pengikut saya

    ReplyDelete
  11. "Assalaamu 'Alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh"

    ISKANDAR LENDERS"::Apakah Anda menjadi real estat, apakah Anda seorang influencer, dan Anda memerlukan uang untuk meningkatkan bisnis Anda, sejauh mana Anda melangkah dengan status keuangan Anda dan seberapa yakin Anda dengan masa depan finansial, kami juga memiliki pinjaman untuk tagihan rumah sakit , pinjaman untuk pinjaman insinyur teknologi tinggi untuk proyek mulai dari pinjaman miliaran untuk keluarga, semua ini dan banyak lagi<< >>
    {Kantor Indonesia}
    ☎::::::::::::>+62 822-7404-5059
    W/A :::::::>+62 822-7404-5059
    e_mail::::::[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    ReplyDelete
  12. saudara-saudara
    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya

     .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..«´ ONE BILLION RISING FUND¨`»(onebillionrisingfund@gmail.com)  
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com   
    Hubungi Says::+62 857 1997 9422
    Whatsapp::+62 857 1997 9422

    ReplyDelete
  13. Helo semua di luar sana, saya harap anda semua baik-baik saja ??? Nama saya Puan Elodie Yannick, saya berasal dari Belgium Liege, beberapa minggu yang lalu saya terperangkap dalam keadaan kewangan yang buruk dan saya memerlukan pinjaman segera untuk membayar bil saya dan kembali bangkit secara kewangan kerana keadaan kewangan bank saya sekarang enggan memberikan pinjaman kepada saya, jadi saya tidak mempunyai pilihan lain selain mencari pinjaman tanpa jaminan dalam talian, dalam proses penyelidikan saya, saya menjadi mangsa penipuan dan saya kehilangan hampir € 1,250 dan saya menghadapi lebih banyak masalah dan saya hampir berputus asa untuk mendapatkan pinjaman sehingga saya menjumpai catatan dalam talian, pos itu adalah keterangan bersama dari Puan Melissa Nicholas dari Kansas States yang memberi keterangan bagaimana dia mendapat $ 350,000.00 dari Kathy Finance Inc. setelah membaca siaran itu, saya memutuskan untuk menghubungi Kathy Finance Inc. melalui e-mel: (kathyrichardfinance@hotmail.com) kenalan yang dikongsi dalam siaran, permintaan pinjaman tanpa jaminan saya sebanyak € 120,000.00 telah disetujui dalam 48 jam dari permintaan saya dan kadar faedah pinjaman mereka adalah 2% pinjaman saya dibayar ke dalam akaun bank saya tanpa sebarang peninggalan .

    Saya ingin mengucapkan terima kasih yang mendalam dan juga menasihati para pencari pinjaman di luar sana untuk sangat berwaspada kerana terdapat banyak penipu di luar sana dengan tujuan untuk menipu pencari pinjaman yang tidak bersalah, jadi anda harus berhati-hati dan waspada .. bagi mereka yang memerlukan pinjaman saya cadangkan Kathy Finance Inc, anda boleh menghubungi syarikat melalui e-mel: (kathyrichardfinance@hotmail.com)

    Terima kasih kerana membaca kesaksian saya, saya mengucapkan semoga berjaya.

    Anda,
    Elodie Yannick.

    ReplyDelete
  14. Helo semua di luar sana, saya harap anda semua baik-baik saja ??? Nama saya Puan Elodie Yannick, saya berasal dari Belgium Liege, beberapa minggu yang lalu saya terperangkap dalam keadaan kewangan yang buruk dan saya memerlukan pinjaman segera untuk membayar bil saya dan kembali bangkit secara kewangan kerana keadaan kewangan bank saya sekarang enggan memberikan pinjaman kepada saya, jadi saya tidak mempunyai pilihan lain selain mencari pinjaman tanpa jaminan dalam talian, dalam proses penyelidikan saya, saya menjadi mangsa penipuan dan saya kehilangan hampir € 1,250 dan saya menghadapi lebih banyak masalah dan saya hampir berputus asa untuk mendapatkan pinjaman sehingga saya menjumpai catatan dalam talian, pos itu adalah keterangan bersama dari Puan Melissa Nicholas dari Kansas States yang memberi keterangan bagaimana dia mendapat $ 350,000.00 dari Kathy Finance Inc. setelah membaca siaran itu, saya memutuskan untuk menghubungi Kathy Finance Inc. melalui e-mel: (kathyrichardfinance@hotmail.com) kenalan yang dikongsi dalam siaran, permintaan pinjaman tanpa jaminan saya sebanyak € 120,000.00 telah disetujui dalam 48 jam dari permintaan saya dan kadar faedah pinjaman mereka adalah 2% pinjaman saya dibayar ke dalam akaun bank saya tanpa sebarang peninggalan .

    Saya ingin mengucapkan terima kasih yang mendalam dan juga menasihati para pencari pinjaman di luar sana untuk sangat berwaspada kerana terdapat banyak penipu di luar sana dengan tujuan untuk menipu pencari pinjaman yang tidak bersalah, jadi anda harus berhati-hati dan waspada .. bagi mereka yang memerlukan pinjaman saya cadangkan Kathy Finance Inc, anda boleh menghubungi syarikat melalui e-mel: (kathyrichardfinance@hotmail.com)

    Terima kasih kerana membaca kesaksian saya, saya mengucapkan semoga berjaya.

    Anda,
    Elodie Yannick.

    ReplyDelete
  15. Helo semua di luar sana, saya harap anda semua baik-baik saja ??? Nama saya Puan Elodie Yannick, saya berasal dari Belgium Liege, beberapa minggu yang lalu saya terperangkap dalam keadaan kewangan yang buruk dan saya memerlukan pinjaman segera untuk membayar bil saya dan kembali bangkit secara kewangan kerana keadaan kewangan bank saya sekarang enggan memberikan pinjaman kepada saya, jadi saya tidak mempunyai pilihan lain selain mencari pinjaman tanpa jaminan dalam talian, dalam proses penyelidikan saya, saya menjadi mangsa penipuan dan saya kehilangan hampir € 1,250 dan saya menghadapi lebih banyak masalah dan saya hampir berputus asa untuk mendapatkan pinjaman sehingga saya menjumpai catatan dalam talian, pos itu adalah keterangan bersama dari Puan Melissa Nicholas dari Kansas States yang memberi keterangan bagaimana dia mendapat $ 350,000.00 dari Kathy Finance Inc. setelah membaca siaran itu, saya memutuskan untuk menghubungi Kathy Finance Inc. melalui e-mel: (kathyrichardfinance@hotmail.com) kenalan yang dikongsi dalam siaran, permintaan pinjaman tanpa jaminan saya sebanyak € 120,000.00 telah disetujui dalam 48 jam dari permintaan saya dan kadar faedah pinjaman mereka adalah 2% pinjaman saya dibayar ke dalam akaun bank saya tanpa sebarang peninggalan .

    Saya ingin mengucapkan terima kasih yang mendalam dan juga menasihati para pencari pinjaman di luar sana untuk sangat berwaspada kerana terdapat banyak penipu di luar sana dengan tujuan untuk menipu pencari pinjaman yang tidak bersalah, jadi anda harus berhati-hati dan waspada .. bagi mereka yang memerlukan pinjaman saya cadangkan Kathy Finance Inc, anda boleh menghubungi syarikat melalui e-mel: (kathyrichardfinance@hotmail.com)

    Terima kasih kerana membaca kesaksian saya, saya mengucapkan semoga berjaya.

    Anda,
    Elodie Yannick.

    ReplyDelete
  16. Helo semua di luar sana, saya harap anda semua baik-baik saja ??? Nama saya Puan Elodie Yannick, saya berasal dari Belgium Liege, beberapa minggu yang lalu saya terperangkap dalam keadaan kewangan yang buruk dan saya memerlukan pinjaman segera untuk membayar bil saya dan kembali bangkit secara kewangan kerana keadaan kewangan bank saya sekarang enggan memberikan pinjaman kepada saya, jadi saya tidak mempunyai pilihan lain selain mencari pinjaman tanpa jaminan dalam talian, dalam proses penyelidikan saya, saya menjadi mangsa penipuan dan saya kehilangan hampir € 1,250 dan saya menghadapi lebih banyak masalah dan saya hampir berputus asa untuk mendapatkan pinjaman sehingga saya menjumpai catatan dalam talian, pos itu adalah keterangan bersama dari Puan Melissa Nicholas dari Kansas States yang memberi keterangan bagaimana dia mendapat $ 350,000.00 dari Kathy Finance Inc. setelah membaca siaran itu, saya memutuskan untuk menghubungi Kathy Finance Inc. melalui e-mel: (kathyrichardfinance@hotmail.com) kenalan yang dikongsi dalam siaran, permintaan pinjaman tanpa jaminan saya sebanyak € 120,000.00 telah disetujui dalam 48 jam dari permintaan saya dan kadar faedah pinjaman mereka adalah 2% pinjaman saya dibayar ke dalam akaun bank saya tanpa sebarang peninggalan .

    Saya ingin mengucapkan terima kasih yang mendalam dan juga menasihati para pencari pinjaman di luar sana untuk sangat berwaspada kerana terdapat banyak penipu di luar sana dengan tujuan untuk menipu pencari pinjaman yang tidak bersalah, jadi anda harus berhati-hati dan waspada .. bagi mereka yang memerlukan pinjaman saya cadangkan Kathy Finance Inc, anda boleh menghubungi syarikat melalui e-mel: (kathyrichardfinance@hotmail.com)

    Terima kasih kerana membaca kesaksian saya, saya mengucapkan semoga berjaya.

    Anda,
    Elodie Yannick.

    ReplyDelete
  17. Helo semua di luar sana, saya harap anda semua baik-baik saja ??? Nama saya Puan Elodie Yannick, saya berasal dari Belgium Liege, beberapa minggu yang lalu saya terperangkap dalam keadaan kewangan yang buruk dan saya memerlukan pinjaman segera untuk membayar bil saya dan kembali bangkit secara kewangan kerana keadaan kewangan bank saya sekarang enggan memberikan pinjaman kepada saya, jadi saya tidak mempunyai pilihan lain selain mencari pinjaman tanpa jaminan dalam talian, dalam proses penyelidikan saya, saya menjadi mangsa penipuan dan saya kehilangan hampir € 1,250 dan saya menghadapi lebih banyak masalah dan saya hampir berputus asa untuk mendapatkan pinjaman sehingga saya menjumpai catatan dalam talian, pos itu adalah keterangan bersama dari Puan Melissa Nicholas dari Kansas States yang memberi keterangan bagaimana dia mendapat $ 350,000.00 dari Kathy Finance Inc. setelah membaca siaran itu, saya memutuskan untuk menghubungi Kathy Finance Inc. melalui e-mel: (kathyrichardfinance@hotmail.com) kenalan yang dikongsi dalam siaran, permintaan pinjaman tanpa jaminan saya sebanyak € 120,000.00 telah disetujui dalam 48 jam dari permintaan saya dan kadar faedah pinjaman mereka adalah 2% pinjaman saya dibayar ke dalam akaun bank saya tanpa sebarang peninggalan .

    Saya ingin mengucapkan terima kasih yang mendalam dan juga menasihati para pencari pinjaman di luar sana untuk sangat berwaspada kerana terdapat banyak penipu di luar sana dengan tujuan untuk menipu pencari pinjaman yang tidak bersalah, jadi anda harus berhati-hati dan waspada .. bagi mereka yang memerlukan pinjaman saya cadangkan Kathy Finance Inc, anda boleh menghubungi syarikat melalui e-mel: (kathyrichardfinance@hotmail.com)

    Terima kasih kerana membaca kesaksian saya, saya mengucapkan semoga berjaya.

    Anda,
    Elodie Yannick.

    ReplyDelete
  18. Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

    Contact Details:

    e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
    WhatsApp:::+6282274045059
    Company::"""""Iskandar Lenders"""""
    Loan Amount:::Rp.700juta
    Name:::::Angga Annisa
    Country::::Indonesia
    Occupation:Trader
    Year:April,2020

    Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
    Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

    ReplyDelete
  19. Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

    Contact Details:

    e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
    WhatsApp:::+6282274045059
    Company::"""""Iskandar Lenders"""""
    Loan Amount:::Rp.700juta
    Name:::::Angga Annisa
    Country::::Indonesia
    Occupation:Trader
    Year:April,2020

    Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
    Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

    ReplyDelete
  20. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete
  21. Halo
    Kami adalah trader profesional, menghasilkan valas dan biner untuk investor setiap minggu, akan dengan senang hati memberi tahu Anda lebih banyak tentang platform investasi kami di mana Anda dapat menginvestasikan dana sesedikit $ 200 dan mulai menghasilkan $ 2000 setiap minggu, banyak orang telah mendapat manfaat dari penawaran investasi ini sebelum dan selama virus convid-19 ini, jika Anda melewati kesulitan keuangan karena coronavirus ini dan Anda perlu bantuan membayar tagihan, cukup pilih rencana investasi yang cocok untuk diri Anda sendiri dan mulailah menghasilkan keuntungan setiap minggu.

    $ 500 untuk menghasilkan $ 5.000 dalam 7 hari
    $ 1000 untuk menghasilkan $ 10.000 dalam 7 hari
    $ 5000 untuk menghasilkan $ 50.000 dalam 7 hari

    Untuk Mulai investasi Anda sekarang, hubungi Via whatsapp: (+12166263236)
    email: carlose78910@gmail.com

    ReplyDelete
  22. Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya Yeyes Ristintares tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini agar semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah benar-benar mendukung saya melalui kebaikan Ibu Ny. Helen Wilson. Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan lebih dari 32 juta Rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda setelah membayar beberapa biaya dan tidak mendapatkan pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Helen Wilson, pemberi pinjaman di perusahaan, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari ibu Helen, jadi saya memanggil keberanian dan menghubungi Ibu Helen.

    Saya mengajukan pinjaman 900 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dibuat pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa Allah akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga ALLAH memberkati Ny. Helen Wilson untuk membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ny. Helen melalui email: (helenwilson719@gmail.com) atau Whatsapp: +1-585-326-2165 untuk Anda pinjaman

    Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, harap berhati-hati terhadap orang-orang ini. Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Allah akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya Yeyes Ristintares, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: yristintares@gmail.com

    ReplyDelete
  23. Keajaiban tidak akan pernah berakhir, saya berdoa untuk allah untuk memberkati Nyonya Esther Patrick, saya kehilangan Ewita warga negara Indonesia, saya tinggal di JL.kutisari selatan geng ekonomi No. 13-G, Indonesia. Ibu saya mengatakan kepada saya bahwa dia akan melalui internet dan datang ke publikasi Nyonya Esther Patrick, mengatakan bahwa fasilitas kredit telah memberinya pinjaman kepada masyarakat umum dengan suku bunga sangat rendah 2% persen, Anda dapat menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com].

    Jadi, saya memberi tahu teman saya tentang pandangan meminjam dari Nyonya Esther Patrick, dan dia mengatakan dia tidak akan memberi tahu saya bahwa saya tidak meminjam dari Nyonya Esther Patrick, tetapi saya perlu meminjamkan sejumlah kecil untuk memeriksa apakah perusahaannya adalah perusahaan.

    Jadi, saya bertindak atas sarannya dan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com] yang diposkan oleh ibu saya, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp200.000.000. Nyonya Esther Patrick menanggapi saya dan mengirimi saya semua syarat dan ketentuan perusahaannya yang saya baca dan saya menyetujui persyaratannya.Setelah persetujuan permohonan pinjaman, saya menerima pemberitahuan dari bank saya bahwa jumlah Rp200.000.000 dikreditkan ke rekening bank saya dari perusahaan Nyonya Esther Patrick.

    Saya sangat senang dan berbagi kabar baik dengan ibu saya dan teman saya yang menyarankan saya untuk terus maju.Ia menyelesaikan pembayaran kembali pinjaman tersebut pada 07 Juli 2018, dan saya meminta sejumlah Rp550.000.000 yang juga saya terima di rekening bank saya setelah prosedur itu dilakukan.

    Jadi, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk memberi tahu siapa saja yang mencari pemberi pinjaman pribadi di Internet yang pasti akan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui e-mail {ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM}Anda dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan bantuan atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapat pinjaman.Ini email saya: [ewitayuda1@gmail.com]Terima kasih, pengikut saya

    ReplyDelete

Saya akan senang jika kamu meninggalkan komentar tanpa tautan hidup 😊