Lawan Berita Hoax? Polda Metro Jaya Punya PMJnews

November 16, 2018

Tampilan web PMJnews
Maraknya berita bohong atau hoax akhir-akhir ini ternyata menjadi perhatian banyak orang, tak terkecuali Polda Metro Jaya.

Hal ini bukan tanpa alasan. Jumlah penduduk Indonesia menempati urutan keempat dalam daftar negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Secara otomatis, situasi ini berimbas kepada masifnya penggunaan teknologi terutama internet di kalangan masyarakat.

Dalam laporan We Are Social bekerjasama dengan Hootsuite mengenai perkembangan digital di Indonesia yang dirilis Januari 2018 kemarin menyebutkan bahwa ada 132,7 juta pengguna internet.

Sementara 130 juta di antaranya adalah pengguna aktif media sosial. Keberadaan hoax pun bak jamur di musim hujan.

Data We Are Social & Hootsuite tentang industri digital di Indonesia Januari 2018.
Yang lebih memprihatikan lagi adalah hoax kini menjadi konsumsi sehari-hari masyarakat dan malah telah dianggap sebagai informasi atau berita yang benar adanya. Sayangya, masyarakat tidak memiliki pengetahuan dan sumber yang jelas untuk membedakan informasi yang benar atau salah.

Hal inilah yang kemudian mendasari Polda Metro Jaya menghadirkan sebuah terobosan baru untuk melawan hoax, yakni dengan meluncurkan portal berita dan aplikasi bernama PMJnews.

Baca juga: Kacamata Kuda & Gerak #SebarkanBeritaBaik

Sambutan Kapolda Metro Jaya pada peluncuran PMJnews di Polda Metro Jaya

Apa itu PMJnews?

"Polda Metro Jaya harus mampu mengelola informasi dengan baik dan mengemas informasi menjadi sebuah berita yang bermanfaat untuk masyarakat," Kombes Pol Argo Yuwono, Kabid Humas Polda Metro Jaya.
Berkembangnya revolusi industri 4.0 membuat Polda Metro Jaya terus menghasilkan terobosan. Jika sebelumnya Polda Metro Jaya membuat sistem informasi dan dokumentasi berbasis elektronik bernama Si Doel, kali ini institusi yang berkantor di daerah Semanggi ini merilis PMJnews.

Sambutan Kabid Humas Polda MetroJaya
PMJnews hadir dengan tujuan untuk mengintegrasikan seluruh informasi di lingkungan Polda Metro Jaya untuk mendorong transparansi dan akuntabilitas pelayanan dari kepolisian. Hasilnya, informasi dan dokumentasi jauh lebih terencana dan terpercaya dengan format berita standar media nasional.

Dalam acara launching PMJnews (15/11) yang dihadiri oleh para pejabat kepolisian di dalam lingkup kepolisian daerah Metro Jaya ini, Kapolda mengharapkan inovasi terbaru Humas Polda Metro Jaya ini bisa dijadikan kekuatan penyebaran informasi.

Baca juga: #HormatiPerbedaan 4 Tokoh Lintas Agama Ikut Bukber Bareng Kapolda Metro Jaya


Nah, untuk menjaga akurasi dari portal berita dan aplikasi ini, maka kesesuaian akan kaidah-kaidah jurnalistik akan dikedepankan. PMJnews juga mendapat apresiasi dan dukungan dari Komisi Penyiaran (KPI) dan Dewan Pers sebagai lembaga yang memiliki konsen terhadap hal ini.


Humas Polda Metro Jaya tampaknya sadar betul bahwa penggunaan internet di Indonesia melalui smartphone tidak boleh dianggap sebelah mata. Pasalnya, PMJnews juga dihadirkan dalam bentuk aplikasi yang bisa kamu download di Playstore.

Hasilnya. berita-berita PMJnews bisa dapat dengan cepat diposting, diunggah, dan diakses oleh semua orang. Pembaruan informasi pun dapat kamu lakukan dengan cepat baik dari sisi konten maupun redaksional.

Mantap gak tuh? 😁

Tampilan PMJWnews di smartphone
***

You Might Also Like

0 komentar

Hi! I'd greatly appreciate it if you kindly give me some thoughts on this post 😊