Rupa-Rupa Rumah Impian di Indonesia Properti Expo

February 05, 2019

Indonesia Properti Expo

Sebagai seorang milenial dan perantau di Jakarta, saya selalu dibayang-bayangi dengan istilah tempat tinggal atau rumah.

Rumah bisa di mana saja, tapi kemampuan untuk membeli rumah ini yang tidak membiarkan kita untuk memilih di mana saja.
Pertengahan tahun lalu saya baru saja menikah. Ade dan saya menikah di Makassar, tapi kami harus kembali ke Jakarta sesudah akad dan resepsi.

Iya, kami berdua menjadikan Jakarta sebagai tempat berlabuh dan meninggali sebuah kamar kos sebagai tempat beradu. Ashiapp!

Setelah merasakan nikmatnya berbulan madu di Jakarta dan Bali, menyongsong tahun baru kami menyatukan tekad, memadukan harapan agar #2019PunyaProperti.

Logikanya begini, jika kami menghabiskan 2 juta rupiah setiap bulannya selama 12 bulan untuk ngekos, bukankah total jumlahnya ini hanya akan memperkaya si empunya kos yang tiap tanggal 10 selalu berkirim pesan Whatsapp, "Jangan lupa ditransfer, ya mbak."

Toh, ngekos juga tidak akan membantu kami kaya raya. Jadi, ya sudah, kami memilih untuk punya properti berupa rumah di tahun ini. Maka dari itu, kami menyusun daftar tentang hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli rumah.

Nah, berikut beberapa di antaranya:

Lokasi yang Tepat

Jarak antara tempat tinggal kami dan kantor merupakan hal utama untuk dipertimbangkan. Selain menghemat ongkos, kedekatan jarak tempat tinggal dengan kantor akan menghemat waktu.

Hasilnya, kami akan punya banyak waktu untuk ehm..

Eh, kamu tahu sendiri kan macetnya Jakarta kian tak terduga?

Oiya, saya mengingat seorang kawan yang memilih tempat tinggal berdasarkan argo ojek daring. "Pokoknya maksimal sepuluh ribu aja."

Fasilitas-fasilitas umum lainnya seperti akses transportasi umum (halte atau stasiun), rumah sakit atau klinik kesehatan, kantor pemerintahan, sekolah, serta pasar juga patut diperhatikan.

Semua itu kalau bisa, harus dekat dari rumah untuk menghindari kerepotan suatu saat nanti.

Fasilitas yang Ditawarkan

Bukan hanya lokasi, pilihan fasilitas perlu kami perhatikan. Pasalnya, setiap developer menawarkan fasilitas yang berbeda-beda.

Sebagai contoh, developer ABC menawarkan rumah dengan kolam renang umum dan tempat gym, sedangkan developer XYZ memberikan supermarket, ATM Center, dan jogging track.

Nah, kalau ada yang menawarkan semuanya, kenapa tidak? Iya gak?

Intinya, jangan lelah riset 🤔

Perbandingan Harga

Kalau sudah ada yang klop dua hal sebelumnya, maka kami baru bisa bicara harga.

Membandingkan harga rumah yang satu dengan rumah yang lainnya juga sangat penting. Ya iyalah, kita bayarnya pakai uang 💸

Trus, kami tidak mau jika suatu saat nanti ada teman yang juga milenial bilang, "Eh, rumahku lebih murah dan punya beragam fasilitas dong."

Oiya, satu lagi! Biaya-biaya lainnya yang harus dibayarkan.

Misalnya nih, iuran bulanan, uang keamanan, serta tambahan biaya administrasi saat pembayaran. Maka dari itu, jangan malu bertanya adalah kunci.

Rumah yang Instagramable

Hm.. kalau yang ini sudah tidak perlu dijabarkan lagi. Sebagai milenial, impian rumah kami adalah yang jika di foto setiap sudutnya, akan tampak artsy di beranda Instagram dan bikin betah untuk tinggal.

Salah satu gaya yang kami idam-idamkan adalah rumah berdesain dan berdekorasi minimalis. Gaya yang satu ini memang tengah digandrungi oleh banyak orang.
Beberapa kelebihan desain rumah minimalis antara lain tampak elegan dan modern, jumlah barang lebih sedikit, serta pencahayaan alami yang melimpah.
Mbokya, selama ini saya tinggal dan dibesarkan di rumah orang tua yang sebenarnya luas, tapi karena terlalu banyak lemari, kursi, meja dan kamar-kamar yang tidak terpakai, makanya tampak sempit dan minim pencahayaan.

Eh tapi, seorang teman juga pernah nyeletuk kayak gini, "Kamu cari rumah minimalis atau memang anggarannya yang terbatas?"

Duh, mulut-mulut ini memang paling mengerti ya 😅

Nah, setelah daftar-daftar tersebut telah terpenuhi, maka sebulan terakhir ini kami menghabiskan lebih banyak waktu dengan mencari-cari rumah yang cocok.

Karena waktu kami yang terbatas dan apa-apa sekarang sudah digital, pencarian melalui internet pun kami lakukan.

Trus hasilnya gimana?

Hingga sekarang masih nihil 😕

Indonesia Properti Expo

Jalan Keluar Itu Bernama Indonesia Properti Expo

Kepada siapa pun yang punya ide Indonesia Properti Expo (IPEX), Ade dan saya berterima kasih.

Begini, jika sedang mencari rumah atau apartemen atau rumah toko (ruko), maka ada baiknya kamu mengunjungi pameran properti terbesar dan terlengkap di Indonesia ini.

Indonesia Properti Expo

Kenapa?

Seperti namanya, ajang ini merupakan pameran properti terbesar di Indonesia.

Tidak sekadar ajang pamer, kamu bisa memilih, melelang, dan membeli properti sesuai dengan kebutuhanmu.

Kamu tahu sendiri kan kalau harga properti kian merangkak dari waktu ke waktu. Membeli perumahan di awal tahun ini tentu merupakan langkah tepat.

Saya pun selalu percaya dengan kalimat Feni Rose, "Senin harga naik!"

Bukankah itu merupakan sebuah kata kunci agar kita tidak lagi menunda?

Indonesia Properti Expo
IPEX melibatkan 150 developer dengan menampilkan 600 proyek properti yang tersebar di seluruh Indonesia.
Mulai dari Bali, Balikpapan, Bandung, Serang, Banten, Bekasi, Bogor, Garut, Depok, Karawang, Jakarta, Tangerang, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Kendari, Manado, Makassar, Medan, hingga Samarinda.

Alternatif harga yang beragam juga menjadi alasan kenapa IPEX wajib untuk kamu kunjungi.

Pilihan harga ini dimulai dari Rp 130 juta dengan jangka waktu kredit hingga 30 tahun.

Indonesia Properti Expo

Eh, harga tersebut pun ternyata masih mendapatkan promo khusus selama pameran berlangsung seperti suku bunga KPR mulai 6,69% serta uang muka 1%.

Belum lagi, kamu akan terbebas dari biaya provisi, biaya administrasi, serta bebas pengendapan dana.

Bagi kamu yang belum punya asuransi jiwa, maka kamu akan mendapatkan diskon asuransi jiwa sebesar 20%.

Nah, loh? Kurang apa coba? Daripada kamu membeli langsung ke developer tanpa mendapatkan potongan harga apa-apa, iya kan?

Karena salah satu tuan rumah Indonesia Properti Expo adalah PT. Bank Tabungan Negara (BTN) Persero Tbk, maka pameran ini pun dibuat dengan tajuk Pesta KPR BTN.

indonesia properti expo

Bagi para milenial seperti Ade dan saya, kita berkesempatan untuk mendapatkan program KPR Gaeess yang menjanjikan kemudahan cicilan dan uang muka serta pelayanan KPR yang bisa dilakukan via online melalui situs www.btnproperti.co.id yang terus menerus diperbarui fitur-fiturnya sehingga lebih memudahkan kita dalam bertransaksi.

Indonesia Properti Expo

Indonesia Properti Expo

Masuk ke sini bayar gak sih?

Gratis! Setiap pengunjung tidak dikenakan biaya masuk apapun. Kamu hanya perlu mengisi form yang tersedia di sebuah LCD yang tersedia di depan ruang pamer.

Setelah itu, cetak dan masukkan tiketmu ke dalam sebuah kotak kaca.

Nah, di akhir pameran nanti tiket tersebut akan diundi sehingga kamu berhak untuk mengikuti undian berhadiah satu unit Daihatsu Ayla.

Beh, masuk-masuk gratis. Pulang-pulang bawa mobil 😍

Indonesia Properti Expo

Acaranya di mana dan sampai kapan?

Hehe.. Hampir lupa kasih tahu kalau pagelaran ini diadakan di Hall A dan B Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta dan berlangsung mulai dari 2 - 10 Februari 2019.

Sebenarnya, IPEX akan digelar sebanyak tiga kali selama 2019 ini, yakni di bulan Februari, Juli, dan November.

Namun saran saya, ada baiknya jika kamu datang dulu yang di Februari ini. Mumpung masih berlangsung ye kan?

Indonesia Properti Expo

Nanti kalau belum ada yang sreg, boleh datang lagi di dua waktu berikutnya. Tapi masa' iya dari 600 proyek properti itu tidak ada yang nyangkut?

Untuk mendukung Indonesia Properti Expo 2019, ada berbagai acara lain yang digelar, seperti seminar yang berkaitan dengan milenial, properti, dan perencanaan keuangan, talkshow Fengshui, atraksi barongsai, lomba menggambar dan mewarnai bagi anak-anak, opera anak, lomba foto Instagram, beberapa live music, hingga bincang-bincang dekorasi rumah ala Instagram.

Indonesia Properti Expo

Agar Rumah Lebih Instagramable

Nah, yang terakhir ini tidak kalah menarik nih! Pasalnya, para pembicaranya yakni Adelya Vivin Kumidaninggar dan Irma Alaydrus  memang merupakan seorang praktisi.

Hal ini bisa kamu selidiki dari feed Instagram mereka. Sungguh sangat menyerupai foto-foto rumah ala Pinterest.

Indonesia Properti Expo

Lah, kok bisa sih? Bukannya yang ginian hanya ada di negara Jepang dan Skandinavia sana?

Bisa dong! Adel dan Irma membagikan beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar rumahmu dapat tampil lebih Instagramable. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:
  1. Tentukan dulu tema rumah. Tema-tema tersebut antara lain minimalis, Japanese, bohemian, serta industrial.
  2. Pakai warna-warna netral atau lembut untuk cat rumah dan warna perabotan.
  3. Manfaatkan pencahayaan alami
  4. Jangan malas untuk mengubah tata letak barang-barang yang ada di dalam ruangan
  5. Letakkan tanaman hidup seperti rubber tree, fiddle leaf, palm tree, atau monstera
Oiya, yang paling penting selalu sesuaikan budget yang ada ketika akan membeli perabotan atau dekorasi rumah, ya!


Dengan rumah yang nyaman, saya tidak perlu lagi menghabiskan banyak uang untuk nongkrong cantik di kafe.

Bayangkan, tiap Sabtu Minggu, Ade dan saya selalu menjadikan kafe sebagai tempat kerja dan ngumpul dengan teman-teman.

Padahal, jika punya rumah yang nyaman dengan pengaturan sedemikian rupa, bukan tidak mungkin kami justru bisa mengajak teman-teman untuk nongkrong di rumah. Iya gak?

Indonesia Properti Expo

Indonesia Properti Expo

Atau jika tidak ingin repot-repot, ada banyak kok rupa-rupa rumah impian yang sudah ditata sedemikian rumah sehingga tampak Instagramable yang tersedia di Indonesia Properti Expo 2019.

Tinggal pilih!

***

You Might Also Like

2 komentar

Hi! I'd greatly appreciate it if you kindly give me some thoughts on this post 😊