Film Koboy Kampus Bikin Ngakak Mampus

By Ardan - July 23, 2019

review-film-koboy-kampus

“Kampusmu adalah kampusmu, tetap yang terbaik. Orang-orang harus tahu. Semuanya adalah romantisme, sisanya adalah perjuangan,” Pidi Baiq.
Siapa yang tidak kenal Pidi Baiq? Seniman tersohor asal Bandung yang menulis Dilan 1990. Satu sore di 2006 saya terbangun dengan televisi yang menyala.

Saya ingat betul salah satu televisi swasata kala itu tengah mewawancarai laki-laki bertopi dengan baju kaos. Laki-laki ini berseloroh dengan nyamannya sambil berkisah tentang aktivitas seni yang dia lakoni.

review-film-koboy-kampus

Belakangan saya mengenalnya dengan nama Pidi Baiq. Beberapa tahun berselang saya menemukan namanya tercetak di buku berjudul Drunken Monster. Hingga kemudian pada 2011 secara tidak sengaja saya menemukannya di sebuah grup band bernama The Panas Dalam band.

Begitulah kira-kira perkenalan saya dengan Pidi Baiq.

Salah satu lagu yang menempel di kepala saya adalah Koboy Kampus. Soalnya, lagu ini berkumandang di hampir setiap sudut di kampus tempat saya berkuliah, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar.
“Lalu kapan saya akan diwisuda? Adik kelas sudah lebih dulu. Hati cemas merasa masih begini, teman baik sudah di-DO.”
Secara tidak disangka lagu ini kemudian dibuatkan film oleh surayah; begitu panggilan sayang kami ke Imam Besar The Panas Dalam tersebut.

review-film-koboy-kampus

Adalah MNC Pictures yang berkolaborasi dengan 69 Production untuk memproduksi film Koboy Kampus. Bertindak sebagai sutradara dan penulis naskah Koboy Kampus yakni Pidi Baiq dan Tubagus Deddy.

Oiya, di jejeran para pemain MNC Pictures menunjukkan keseriusannya dalam menggarap film ini.

Pemain Film Koboy Kampus

review-film-koboy-kampus

Siapa sangka kalau Jason Ranti dan Danilla Riyadi main di film Koboy Kampus? Kedua musisi ini masing-masing berperan sebagai Pidi dan Nova. Baik Jason Ranti dan Danilla bermain apik di film ini.

Pemeran lainnya ada Ricky Harun, David John Schaap, Miqdad Addausy, Bisma Karisma, Steffi Zamora Husein, Vienny JKT48, dan the one and only Jennifer Lepas 😍

Cerita Film Koboy Kampus

review-film-koboy-kampus

Cerita Koboy Kampus berada di kisaran tahun 1997-1998. Masa di mana reformasi sedang dikumandangkan di seluruh penjuru tanah air, termasuk di Institut Teknologi Bandung (ITB). Sebagai seorang yang berkuliah di Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD ITB), Pidi muda menolak untuk bergabung dengan demonstran.

Alih-alih ambil pusing dengan turun ke jalan, Pidi dan teman-temannya di FSRD ITB mendirikan sebuah negara bernama Negara Kesatuan Republik The Panas Dalam. Luas negara tersebut hanya seukuran ruang studio di FSRD ITB.

Film Koboy Kampus dikemas dengan sangat menarik ala Pidi Baiq. Masih ingatkan bagaimana kisah Dilan yang difilmkan? 😅

Pidi Baiq dan Teddy Bagus mengemas film ini dengan sangat bagus. Bagaimana tidak, sepanjang film bertebaran lelucon-lelucon khas anak kuliahan. Setting film yang kebanyakan diambil di studio lukis dan kitaran kampus berhasil melempar saya ke ingatan-ingatan masa kuliah.

Alunan lagu-lagu The Panas Dalam bikin satu bioskop ikut bernyanyi dan tertawa bersama. Saya rasa bukan hanya saya yang bernostalgia.
“Perempuan tidak hanya dia, ada 3 Milyar 21.”
Belum lagi, kisah-kisah cinta zaman kuliah yang menjadikan film ini sangat sayang untuk dilewatkan. Oiya, bagi anak ITB dan UNPAD, Koboy Kampus harus kamu tonton. Masih ingatkan betapa gigihnya anak ITB menjalin hubungan dengan anak UNPAD?

review-film-koboy-kampus

Film ini akan tayang serentak di seluruh bioskop-bioskop kesayangan kamu tanggal 25 Juli 2019. Segera tonton trailernya berikut ini dan ajak teman-temanmu untuk menonton!


***

  • Share:

Baca Post Ini Juga

0 komentar

Saya akan senang jika kamu meninggalkan komentar tanpa tautan hidup 😊