Serunya Naik Skuter Listrik Grab Wheels Dari Benhil ke Menteng

By Ardan - September 19, 2019


Sesudah naik skuter listrik Grab Wheels dari Benhil ke Menteng. Sebuah ingatan tiba-tiba bangkit. Bertahun-tahun lampau sewaktu duduk di bangku kelas 5 SD seorang teman dengan bangganya naik skuter ke sekolah pada suatu hari.

Di depan kelas kami bergantian meraba dan memerhatikan setiap detailnya.

Mewah dan keren sekali!

Apa Itu Grab Wheels?

Grab-Wheels

Beberapa bulan lalu Grab resmi meluncurkan Grab Wheels di Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang Selatan. Grab Wheels sendiri adalah eScooter atau skuter elektrik yang dirilis oleh Grab Indonesia.

Tujuannya jelas; menjadi salah satu cara seru dan ramah lingkungan untuk jalan-jalan 😎

Di satu hari Sabtu yang cerah saya dan seorang kawan mencoba skuter listrik Grab Wheels Jakarta karena di Jakarta Pusat dan Selatan sudah banyak bertebaran parking spot-nya.

Berlokasi di Slipi, kami memilih tempat parkir skuter Grab terdekat yakni di Bebek Kepahiang Babase (BKB) Bendungan Hilir, Jakarta Pusat.

Cek di aplikasi Grab untuk mengetahui parking spot Grab Wheels terdekat.

Cara Menggunakan Grab Wheels

Grab-Wheels

Sesampainya di BKB Benhil, saya memeriksa baterai skuter yang ada.

Caranya bisa dicek melalui aplikasi Grab di mana kamu cukup membuka aplikasi Grab dan memilih fitur eScooter (electric Scooter).

Di fitur eScooter terdapat kode setiap Grab Wheels lengkap dengan level baterainya. Pilih skuter yang level baterainya masih banyak sehingga kamu tidak perlu khawatir kehabisan baterai saat berkendara.

Setelah itu, scan barcode skuter untuk membuka eScooter yang ada. Jika sudah, ambil dan pakai helm dengan benar. Kamu pun bersiap untuk meluncur di jalanan kota Jakarta.

Periksa Hal Ini Sebelum Naik Skuter Listik


Grab-Wheels

Bukan hanya baterai yang harus diperhatikan saat naik skuter listrik, ada beberapa hal penting lainnya untuk diperiksa yaitu antara lain:
  • Tombol gas
  • Rem tangan sebelah kiri dan rem belakang
  • Lampu depan jika berkendara di malam hari
Oiya, pastikan helmmu terpasang dengan benar dan terdengar bunyi klik seperti helm motor pada umumnya ya!

Cara Mengendarai Grab Wheels

Grab-Wheels-Jakarta

Skuter teman saya yang saya kagumi bertahun-tahun lalu itu masih manual.

Sebelah kakimu berpijak di skuter, sedangkan yang lainnya  (apa sih bahasanya) menolak aspal agar skuter bisa melaju.

Nah, untuk Grab Wheels ini kamu tidak perlu capek-capek karena digerakkan oleh listrik. Kamu tinggal menekan tombol gas yang posisinya berada di setir sebelah kanan.

Letaknya pas berada ibu jarimu.

grab-wheels-jakarta

Untuk rem depannya berada di tombol merah sebelah kiri setir. Sementara untuk memfungsikan rem belakangnya kamu cukup menginjak roda bagian belakang. Gampang kok!

Mulailah dengan pelan-pelan dan tingkatkan kecepatan secara berkala jika semuanya sudah aman. Skuter listrik Grab ini bisa melaju hingga 15km/jam.

Yang harus kamu pastikan adalah keseimbangan di awal. Jika sudah seimbang, skuter pun bisa melaju dengan mudah.

Satu hal yang membuat saya kesal selama berkendara adalah jalanan yang tidak mulus.

Dari Benhil ke Bundaran HI saya beberapa kali bertemu dengan jalan berbatu. Sebagai solusi, saya sesekali melaju di area pejalan kaki karena kondisinya yang lebar sehingga memungkinkan untuk dilalui tanpa menghalangi orang-orang yang berjalan kaki.

Grab Wheels Parkir Di Mana?

Grab-Wheels-Jakarta

Duh, saya berulang kali mengecek Google untuk mencari jawaban ini dan tidak menemukan apa-apa.

Di website Grab sih bilang kalau parkir skutermu di tempat parkir khusus Grab  Wheels. Memarkir skuter di sembarang tempat akan diinvestigasi oleh polisi.

Di kitaran Stasiun BNI, tepatnya di Mie Keriting Luwes saya bingung mencari tempat parkir. Jadilah saya menitip skuter ini di samping gerobak abang-abang penjual mie dan mereka bilang, "Oke, mas!"

Sejauh ini sih, kalau mau singgah baiknya cari pojokan yang aman dan tidak mengganggu orang. Jangan lupa menitipkannya ke yang punya tempat. Biar aman. Kalau saya sih mencari pojokan yang bisa saya lihat dari jauh.

Jika sudah selesai, kamu bisa memarkirnya di parking spot terdekat. Cek di aplikasi untuk letak persisnya. Untuk mengakhiri sewa skuter, cukup akses kembali aplikasi Grab dan pilih End Trip. Kamu akan diarahkan untuk meminda barcode agar bisa melakukan pembayaran.

Carilah barcode seperti ini di parking spot.

Grab-Wheels-Jakarta

Tips Aman Naik Grab Wheels

Berdasarkan pengalaman saya menggunakan Grab Wheels di Jakarta  saat pagi hingga siang, ada beberapa tips yang penting untuk kamu perhatikan. Hal ini bertujuan agar apa yang saya alami tidak terjadi di kamu.

  • Gunakan masker karena Jakarta masih polusi
  • Takut kulit terbakar? Jangan lupa pakai Sunscreen SPF tinggi
  • Pakai jaket jika tidak mau lengan hingga tanganmu hitam
  • Untuk pakaian, pilih kaos dan celana pendek agar tidak gerah
  • Jangan lupa pakai sepatu!
  • Pastikan seluruh komponen skuter bekerja dengan baik
  • Berkendaralah di pinggir jalan karena pengendara di Jakarta masih ugal-ugalan


Begitulah kura-kura pengalaman menjajal skuter listrik dari Grab! Setelah bertahun-tahun lamanya saya akhirnya punya kesempatan untuk menggunakan skuter. Hal ini jelas membawa keriaan tersendiri. Melihat isi kota dari dekat.

Trus naik Grab Wheels selama 2 jam lebih dari Benhil ke Menteng bayar berapa?

Grab-Wheels-Jakarta

Grab sebagai perusahaan transportasi (Transport Company) masih memberikan harga promo yakni Rp5.000 untuk 30 menit pemakaian. Karena saya menggunakannya selama 2 jam 24 menit, maka saya pun dikenakan biaya Rp25.000.

Proses pembayarannya pun menggunakan OVO, jadi tidak perlu lagi mengeluarkan uang cash.

Untuk harga segitu, saya dan seorang kawan lagi sungguh sangat puas.

Apabila kamu mau memaksimalkan sewa Grab Wheels ini, ada baiknya jika jamnya dipaskan. Tidak seperti saya yang masih ada sisa 36 menit. Mayan kan? 😅

Sebenarnya tujuan kami adalah Pasar Kenari, Salemba UI. Tapi di sana ternyata tidak ada area parkir Grab, jadi kami memilih kembali ke Menteng sebagai lokasi parkir terdekat.

Untuk menemukan tempat parkir terdekat, kamu cukup cek di aplikasi. Di sana tertera Find The Nearest Parking Spot. Soalnya, fitur eScooter Grab ini baru berjalan dua bulan sehingga mereka masih dalam proses penempatan lokasi-lokasi baru.

Ketika di Pasar Kenari, Salemba saya mencoba mencari lokasi parkir terdekat dan muncul pesan seperti ini.

grab-wheels-jakarta

Jadi, jangan khawatir! Selalu cek lokasi parkir terdekat jika kamu ingin merasakan pengalaman naik skuter listrik dari Grab Indonesia.

Saya pun merasa beruntung bisa merasakan naik skuter. Keinginan masa kecil yang baru bisa dirasakan hari ini 😎

***

  • Share:

Baca Post Ini Juga

0 komentar

Saya akan senang jika kamu meninggalkan komentar tanpa tautan hidup 😊