Lomba Menulis Novel & Webtoon Terbaru Oleh KWIKKU

By Ardan - April 25, 2020

sayembara-novel

Kabar gembira bagi para pencinta novel dan webtoon tanah air! Mulai April 2020 mereka punya alternatif bacaan terbaru yang kualitasnya tidak main-main. Kini telah hadir Kwikku.com; sebuah platform media sosial yang menunjang kebutuhan bacaan para milenial dan Gen Z.

Sementara bagi para penulis novel dan webtoon yang ingin mengikuti lomba menulis, maka Kwikku pun tengah memberikan kesempatan emas ini hingga 23 Juli 2020. Temanya sendiri adalah #BERKARYADIRUMAHAJA. Seperti apa syarat dan ketentuannya? 😏


Syarat & Ketentuan

  • Menginstal aplikasi Kwikku di handphone
  • Mengikuti seluruh akun media sosial Kwikku

Ketentuan Umum

Sementara bagi kamu yang ingin mengikuti lomba menulis novel dan webtoon ini, berikut beberapa hal umum yang wajib diperhatikan:
  • Setiap orang diperbolehkan mengirim lebih dari 1 karya
  • Baik novel dan webtoon harus bersifat original & tidak menjiplak
  • Tidak mengandung unsur SARA & konten dewasa
  • Kwikku punya first option bagi hak terbit dan hak eksplorasi untuk novel atau webtoon yang menjadi pemenang
  • Jika novel  atau webtoon yang telah dipublikasi di platform lain atau telah diikutkan pada kompetisi sebelumnya, maka karya tersebut tetap dapat mengikuti kompetisi ini

Ketentuan Lomba Novel

Khusus untuk lomba menulis novel ini terdapat beberapa ketentuan yang harus dipatuhi, seperti:

  • Panjang novel minimal 25.000 kata
  • Novel harus selesai seluruh chapter hingga batas akhir kompetisi
  • Seluruh naskah yang dipublikasi bakal dikurasi oleh tim kurator

Ketentuan Lomba Webtoon

Adapula ketentuan yang secara spesifik mengatur lomba webtoon, antara lain sebagai berikut:
  • Minimal ada 5 episode dan minimal 20 panel per episode
  • Webtoon yang terpilih harus menyelesaikan seluruh episode
  • Webtoon yang menjadi pemenang akan menjadi ekslusif di platform Kwikku

Hadiah Lomba Novel & Webtoon

Nah, yang paling menarik dari lomba menulis novel dan webtoon ini adalah hadiahnya. Total hadiah yang dilombakan, yakni Rp500.000.000 yang dibagi ke dalam beberapa juara:


Juara Utama

Kategori Novel
Juara 1 Rp200.000.000
Juara 2 Rp50.000.000
Juara 3 Rp25.000.000

Kategori Webtoon
Juara 1 Rp100.000.000
Juara 2 Rp50.000.000
Juara 3 Rp25.000.000


Juara Harapan

Kategori Novel
Juara 1 Rp5.000.000
Juara 2 Rp5.000.000
Juara 3 Rp5.000.000

Kategori Webtoon
Juara 1 Rp5.000.000
Juara 2 Rp5.000.000
Juara 3 Rp5.000.000


Juara Favorit

Kategori Novel
10 juara pilihan Rp1.000.000 per orang

Kategori Webtoon
10 juara pilihan Rp1.000.000 per orang

Semua peserta lomba akan mendapatkan E-Sertifikat


Dewan Juri

Lomba ini pun akan dinilai oleh para juri yang tidak diragukan lagi karya-karyanya.

Untuk juri lomba menulis novel ada para penulis bestseller A.Fuadi, Dee Lestari, Faradita, Bayu Permana, serta Luluk Hf yang siap untuk memberikan penilaian.

Untuk juri lomba webtoon ada kreator muda berbakat seperti Faza Meonk, Sweta Kartika, HelloDitta, serta para komikus legendaris seperti Gerdi WK dan Lan Kelana siap memberikan penilaian mereka.

Tentang Kwikku


kompetisi-menulis-novel-dan-webtoon

Diinisiasi pada 26 September 2013 oleh para mahasiswa di Malang. Kwikku pada awalnya dirancang oleh Hamdi Musaad beserta timnya, demi bisa menciptakan sebuah aplikasi digital yang mampu bersaing dan dibanggakan oleh anak negeri.

Platform media sosial ini meluncurkan 4 fitur terbaru yang dapat diakses sejak 23 April 2020 lalu. Fitur-fitur tersebut antara lain sebagai berikut:


Media Sosial

Kamu tahu kan bahwa sebagai fitur awal dan bagian terpenting dari sebuah platform, setiap media memerlukan media sosial agar bisa lebih dikenal banyak orang. Nah, Kwikku pun menjadikan media sosialnya sebagai tempat bertemunya generasi milenial dan Gen-Z. Lewat fitur ini juga, para pengguna bisa terhubung satu sama lain, berkomunikasi, serta bertukar informasi.


Novel

Bagi kamu sedang membutuhkan bacaan menarik dapat melihat fitur baru Kwikku ini. Soalnya, Kwikku bekerja sama dengan para penerbit besar; seperti Mizan Publishing, Noura Publishing, Bentang Pustaka, Melvana Group, serta Falcon Publishing, fitur ini menjamin dapat membunuh rasa bosan.

Tidak hanya itu, melalui fitur novel ini, Kwikku juga membuka peluang kepada para penulis untuk menuangkan bakatnya dan mendapatkan penghasilan dari tulisan mereka. Untuk penulis baru, jangan takut mengunggah naskahnya ke platform Kwikku sebab bakal ada editor khusus yang membantu dalam proses penulisan novel barunya.


Webtoon

Selain novel, ada juga beragam cerita seru di fitur Webtoon. Tersedia berbagai komik digital yang bisa diakses para pengguna setiap harinya, baik dari kreator lokal maupun luar negeri. Sama seperti fitur Novel, Webtoon Kwikku juga menyediakan fasilitas bagi kamu kreator muda yang ingin menunjukkan karyanya dan menghasilkan pundi-pundi rupiah. Menarik 'kan?


KNOW (Kwikku Now)

Terakhir, hadirnya fitur ini bertujuan untuk membantu para pengguna agar bisa mendapatkan berbagai informasi menarik yang sedang viral. Tak perlu khawatir soal kebenaran atau validitas beritanya sebab setiap berita dan artikel bersumber dari official media partner yang telah bekerja sama dengan Kwikku.

Bacaan dalam fitur Novel dan Webtoon di Kwikku dapat diakses secara gratis, kecuali untuk judul-judul di dalam section pay for no delay dan premium, ya! Kalau kamu ingin membeli judul-judul dalam section tersebut pun, prosesnya punsangat mudah. Kamu hanya perlu membayar dengan menggunakan dompet digital via Gopay, Ovo, Dana, serta Link Aja!

***
Jadi tunggu apalagi? Selama kamu di rumah aja, jangan sampai kamu melewatkan kesempatan emas ini. Bingung cari inspirasi? Segera download aplikasi Kwikku dan temukan ide-ide ceritamu di sana. Yuk!

***

  • Share:

Baca Post Ini Juga

0 komentar

Saya akan senang jika kamu meninggalkan komentar tanpa tautan hidup 😊