Taurine: Senyawa di Suplemen Kesehatan untuk Jaga Stamina

Suplemen-Kesehatan-Kratingdaeng-Red-Bull

Olahraga secara teratur, mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, menjaga tingkat stres, dan mendapatkan tidur yang cukup setiap hari tentu sudah menjadi prioritas selama masa pandemi Covid-19.

Tapi, tahukah kamu bahwa hal tersebut ternyata tidak cukup? 😕

Dilansir dari MedicalNewsToday, beberapa orang ternyata perlu suplemen kesehatan saat kesibukan tidak dapat dihindarkan.

Nah, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mendefinisikan suplemen kesehatan adalah produk yang tujuannya untuk melengkapi kebutuhan zat gizi, memelihara, meningkatkan, memperbaiki fungsi kesehatan, serta mempunyai nilai gizi dan/atau efek fisiologis.

Pertanyaannya sekarang, apa rekomendasi suplemen kesehatan yang cocok untuk dikonsumsi demi menjaga stamina tetap fit? 🤔

Saya sendiri selama lebih dari setahun pandemi rutin mengonsumsi kopi yang punya kandungan kafein tinggi demi menjaga fokus dan stamina. Saban pagi, saya akan bangun dan menyiapkan kopi sebelum duduk dan berhadapan dengan laptop.

Selain pagi hari, saya juga biasanya akan kembali ke dapur dan berlagak ala barista di sore menjelang malam hari demi mendapatkan asupan kafein sebagai salah satu suplemen kesehatan terbaik.

Namun, akhir-akhir ini, intensitas kerjaan meningkat dan saya bahkan beberapa kali tak punya waktu untuk menyeduh kopi. Lalu, apa solusinya? 😭

Baca juga: Pedoman Gizi Seimbang Selama di Rumah

Suplemen Kesehatan Taurine

suplemen-kesehatan-taurine

Sejak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) digelar, saya pun mencari cara mendapatkan suplemen kesehatan yang praktis agar tetap fokus dan berenergi.

Hasilnya, saya nyangkut dengan referensi kesehatan di Klikdokter yang menyatakan bahwa senyawa bernama taurin mampu mencegah peradangan dan meningkatkan metabolisme.

Menurut dr. Muhammad Isman S dalam artikel tersebut, taurin punya beragam fungsi, yakni antara lain:

  • Mempertahankan  hidrasi dan keseimbangan elektrolit sel
  • Pembentukan garam empedu
  • Regulasi mineral dan kalsium di sel
  • Membantu pembentukan sel saraf dan mata
  • Meningkatkan metabolisme otot supaya kinerjanya lebih keras dan lama

Pentingnya masalah ini tentu tidak membuat saya berhenti hanya pada beberapa referensi dong. Saya pun merambah referensi kredibel lainnya, yakni Healthline yang menyatakan bahwa untuk mendapatkan senyawa ini, taurin sering kali dijadikan bahan utama dalam minuman berenergi.

Sampai di sini kamu mungkin kepikiran pertanyaan, "Apakah taurin ini bisa dimanfaatkan oleh pasien Covid-19?

Untuk menjawabnya, mari merujuk kembali ke argumen dr. Muhammad Isman S di Klikdokter. Sebetulnya hingga saat ini belum ada satu pun jenis obat yang mampu menangani pasien Covid-19, baik yang OTG maupun yang kondisinya parah.

Khusus taurin, sifat antiinflamasinya ternyata diduga mampu mencegah inflamasi berlebihan pada mereka yang positif Covid-19. Kok bisa sih? 🤔

Pada dasarnya, salah satu penanganan virus SARS-CoV-2 ini bisa dengan mencegah badai sitokin. Nah, badai sitokin ini sebenarnya merupakan proses peradangan yang tidak terkendali pada mereka yang positif Covid-19.

Terapi yang bisa dilakukan untuk membantu meredakan badai sitokin ini, yaitu Interleukin-6 inhibitor (IL-6 inhibitor) atau penghambat interleukin-6. Obat ini akan bekerja dengan cara menghambat produksi berlebihan dari berbagai sitokin pro-inflamasi selama infeksi virus corona.

Dari sinilah, peran antiinflamasi pada taurin ini dimaksudkan, sehingga secara tidak langsung taurin bisa dijadikan salah satu pilihan terapi untuk perawatan pasien COVID-19.

Baca juga: Masa Depan Kita Berawal Dari Urusan Belakang

Kratingdaeng Red Bull

kratingdaeng-red-bull

Setelah berteori panjang lebar, sampailah kita pada pertanyaan, "Gimana cara dapetin taurine?"

Sebelumnya saya sudah menyinggung sebenarnya bahwa taurine ini bisa didapatkan di minuman berenergi. Tapi lagi, minuman berenergi seperti apa?

Jawabannya ada pada Kratingdaeng Red Bull sebagai salah satu pilihan suplemen kesehatan yang bisa kamu konsumsi setiap hari demi mencegah peradangan dan meningkatkan metabolisme selama pandemi Covid-19 ini.

Di dalam sebotol atau sekaleng Kratingdaeng Red Bull itu terdapat taurine sebesar 1000 mg. Selain taurine, juga terdapat senyawa suplemen kesehatan lainnya, seperti:

  • Caffeine 50 mg
  • Choline 50 mg
  • Inositol 50 mg
  • Lysine 50 mg
  • dsb.

Tips Mengonsumsi Kratingdaeng Red Bull

suplemen-kesehatan-adalah

Adapun tips mengonsumsi yang saya lakoni, yaitu antara lain:

  • Tidak mencampurnya dengan minuman beralkohol atau minuman lainnya

Yha, harus diakui kalau saya memang tidak minum minuman beralkohol. Kedua, saya juga tidak suka mencampur-campur minuman karena rasanya bakal beda.

  • Hindari mengonsumsi Kratingdaeng Red Bull sebelum dan selama aktivitas fisik berat

Sebelum dan selama berolahraga, saya tidak mengonsumsi Kratingdaeng Red Bull sebab saya lebih senang mengonsumsi air putih setelah aktivitas fisik dengan kategori berat.

  • Tidak melebihi aturan yang dianjurkan

Saya sih biasanya minum satu botol sehari. Tidak lebih sebab biasanya yang berlebihan itu tidak baik. Tapi saya suka minum Kratingdaeng Red Bull selagi dingin. Itu rasanya benar-benar menyegarkan badan.

Baca juga: Atezolizumab, Obat Kanker Termutakhir

 

suplemen-kesehatan-terbaik

Begitu kira-kira tips dari saya. Kalau kamu gimana? 😏

Tapi, yang tidak kalah penting sebenarnya adalah selalu perhatikan tanggal kadaluarsanya, ya!

Untuk mendapatkan produk Kratingdaeng Red Bull, kamu bisa mengunjung supermarket atau minimarket terdekat, seperti Alfamart atau Indomaret. Kalau mau beli online, kamu bisa mendapatkannya di E-commerce, seperti Tokopedia, Blibli, Lazada, serta Shopee yang ada tulisan Official Store.

***