Menjaga Kesehatan Anak Lahir Caesar

kesehatan-anak-lahir-caesar

Tahukah kamu bahwa sekarang lebih dari satu dari lima anak (21%) lahir melalui operasi caesar?Jumlah ini terus meningkat dari tahun ke tahun, bahkan diprediksi akan terus meningkat di masa depan.

Di Indonesia sendiri, angka persalinan caesar naik dua kali lipat hanya dalam waktu 5 tahun terakhir. Dari 8,2% di tahun 2013 menjadi 17,6% di tahun 2018 menurut data Riset Kesehatan Dasar.

Kondisi ini pun menjadi masalah kesehatan yang perlu diperhatikan oleh semua pihak.

Ada banyak faktor yang memengaruhi peningkatan angka persalinan caesar, baik yang bersifat klinis maupun non-klinis. Namun, yang perlu kita ingat adalah operasi caesar memiliki risiko kesehatan jangka pendek dan jangka panjang bagi ibu dan anak.

Dampak Melahirkan Caesar

Salah satu risiko kesehatan bagi anak yang dilahirkan melalui metode caesar adalah terjadinya ketidakseimbangan mikrobiota dalam ususnya. Artinya, jumlah bakteri baik di usus Si Kecili lebih sedikit dan bakteri jahat lebih banyak. Akibatnya, ia bisa mengalami disbiosis usus dan masalah sistem kekebalan tubuhnya.

Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A (K), dokter spesialis anak konsultan gastrohepatologi, menjelaskan bahwa bakteri di saluran pencernaan sangat penting dalam perkembangan sistem kekebalan tubuh sejak awal kehidupan.

Ternyata, cara lahir juga memengaruhi jenis bakteri di saluran pencernaan. Anak yang lahir melalui operasi caesar cenderung memiliki lebih banyak bakteri berbahaya dan kurangnya bakteri baik jika dibandingkan dengan anak yang lahir secara normal. Kondisi ini disebut disbiosis usus, dan bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti gangguan sistem kekebalan, alergi, dan pertumbuhan anak yang tidak optimal.

Solusi Kesehatan Anak Lahir Caesar

Dokter Ariani menyarankan bahwa memberikan ASI secara eksklusif adalah cara terbaik untuk menyeimbangkan jenis bakteri di saluran pencernaan anak. Selain itu, ASI juga mengandung sinbiotik, yaitu kombinasi prebiotik dan probiotik, yang membantu membentuk sistem kekebalan yang baik dengan meningkatkan interaksi antara sistem kekebalan dan bakteri di saluran pencernaan.

Makanya, penting untuk memahami pentingnya ASI dan bagaimana hal ini bisa bantu menjaga kesehatan anak lahir caesar di masa depan.

Zivanna Letisha Siregar, seorang figur publik dan ibu dari tiga anak, berbagi pengalamannya tentang menjalani persalinan caesar dan pentingnya pengetahuan tentang dampak operasi ini pada anak.

Ia menekankan pentingnya konsultasi dengan dokter selama kehamilan dan setelah melahirkan untuk memahami nutrisi yang dibutuhkan ibu dan anak serta mendukung tumbuh kembang anak.

Zivanna juga mengajak para ibu yang menjalani persalinan caesar untuk tetap percaya diri dan berusaha melakukan yang terbaik untuk kesehatan ibu dan anak dengan belajar dari tenaga kesehatan dan bergabung dengan komunitas untuk mendapatkan dukungan yang baik. Momen C-section Awareness Month ini menjadi kesempatan untuk meningkatkan kesadaran tentang persalinan caesar dan pentingnya pengetahuan tentang dampaknya pada kesehatan anak.

Peran Danone Bagi Anak Lahir Caesar

kesehatan-anak-lahir-caesar

Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, Direktur Medis dan Ilmiah dari Danone Indonesia, menekankan pentingnya peningkatan promosi kesehatan terkait risiko persalinan caesar. Danone Indonesia memang komitmen pada kesehatan anak-anak Indonesia, termasuk mereka yang lahir melalui operasi caesar.

Dalam rangka Bulan Kesadaran C-section pada bulan April, Danone Indonesia mengambil langkah konkret untuk meningkatkan kesadaran mengenai dampak caesar pada kesehatan anaki melalui pendidikan multichannel bagi para ibu di seluruh Indonesia.

Hal ini termasuk kegiatan webinar 'Bicara Gizi' yang membahas tema "Kunci Kesehatan Jangka Panjang Anak Kelahiran Caesar”, kampanye digital di aplikasi kesehatan, Instagram, TikTok, Zoom, dan YouTube, serta situs web khusus yang akan dirilis pada pertengahan April 2023 yang berisi informasi lengkap tentang C-section.

Konten edukasi ini pun dikemas khusus dalam berbagai gaya penyampaian, misalnya artikel kesehatan, infografis, video, webinar langsung, sharing langsung, dan video edukasi kesehatan yang lebih interaktif.

Danone Indonesia ingin memberikan akses mudah pada informasi yang valid dan tepercaya yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan setiap orang tua.

***

Nih buat jajan