Bagaimana Green Jobs Bisa Mengatasi Perubahan Iklim?

Green Jobs Bisa Mengatasi Perubahan Iklim
Protes Terhadap Global Warming dan Climate Change | Foto: Elmar Gubisch

Akhir-akhir ini, siapa sih yang tidak mengeluhkan lingkungan sekitar? Panas terik, polusi, hujan yang tidak jelas turunnya, sampai munculnya berbagai penyakit baru.

Kalau mengurai benangnya, kamu akan lihat kalau semua ini ternyata bermula pada perubahan. Orang-orang di dunia menyebutnya krisis iklim. 

Ketidakpastian cuaca menjadi salah satu contoh paling nyata.

Harusnya, musim hujan di Indonesia terjadi pada bulan Oktober sampai Maret. Hari ini, hujan turun seenak jidat.

Pagi hari mungkin terik matahari menyengat, namun siang hari langit biru bisa saja tiba-tiba kelabu, lalu hujan badai.

Atau sebaliknya, pagi hujan badai, jelang siang tiba-tiba terik.

Kondisi ini bukan hanya saya yang mengalaminya. Banyak teman dan keluarga yang merasakan hal serupa, bahkan orang-orang di medsos.

Apa Itu Perubahan Iklim?

Apa Itu Perubahan Iklim
Ilustrasi Perubahan Iklim | Foto: Getty Images

Sebenarnya, apa yang membuat kita sampai di titik ini?  Jawabannya: perubahan iklim. 

Perubahan iklim atau krisis iklim itu intinya adalah perubahan cuaca ekstrem yang terjadi karena aktivitas manusia, yang paling jelas adalah emisi gas rumah kaca. Apalagi itu emisi gas rumah kaca?

Bayangkan bumi kita ini seperti rumah dengan jendela-jendela yang tertutup rapat. Matahari memberikan cahaya ke rumah kita. Sebagian dari panas itu tertahan di dalam agar kita tidak kedinginan.

Yang membuat panas itu bisa “tertahan” di dalam rumah kita adalah gas-gas tertentu di atmosfer. Inilah yang namanya gas rumah kaca.

Jadi, gas rumah kaca itu bukan musuh.

Gas-gas itu bagaikan “selimut” untuk bumi, memberi kehangatan yang pas. Masalahnya, ketika manusia mulai banyak melakukan aktivitas, seperti menyetir mobil ke sana-kemari, membakar batu bara untuklistrik, sampaitebang pohon sembarangan, membuat“selimut” itu terlalu tebal.

Akibatnya,bumi menjadi lebih panas dari yang seharusnya.

Bayangkan, kamu tidur dengan selimut tebal di tengah cuaca panas. Pasti kegerahan. itulah  yang sekarang terjadi dengan bumi kita.

Efek kepanasan itu mulai dari cuaca yang tidak menentu seperti sekarang, musim yang berubah, es di kutub yang meleleh, naiknya permukaan air laut yang mengakibatkan banjir, sampai binatang-binatang yang kehilangan rumahnya. Semua itu tentu mengganggu kehidupan kita sebagai penghuni bumi.

Bagaimana Cara Mengatasi Krisis Iklim?

Cara Mengatasi Krisis Iklim
Ilustrasi Menjaga Bumi | Foto: Sukkasemsakorn

Mulailah dari diri sendiri. Mulai dari mengurangi penggunaan plastik, naik kendaraan umum atau bersepeda, sampai ke hal-hal lebih besar seperti mendukung kebijakan ramah lingkungan.

Selain itu, kita semua harus  lebih perhatian dengan lingkungan sekitar. Misalnya, ikut program penanaman pohon atau kampanye-kampanye pengurangan emisi karbon.

Intinya, krisis iklim menjadi masalah kita semua dan untuk mengatasinya dibutuhkan tindakan dari kita semua.

Green Jobs untuk Bumi yang Lebih Baik

Definisi Green Jobs
Menjaga Tanaman di Tengah Kemarau | Foto: Getty Images

Cara lain untuk mengurangi panas berlebih bumi sekaligus membuka peluang ekonomi adalah Green Jobs atau pekerjaan hijau.

Pekerjaan hijau ini merupakan jenis pekerjaan yang bertujuan bukan untuk memperoleh uang semata, tetapi juga mengurangi dampak buruk ke lingkungan, mengurangi emisi gas rumah kaca, dan pada akhirnya, mengatasi perubahan iklim yang sedang kita hadapi.

Contohnya? Banyak!

Mulai dari pekerjaan di bidang energi terbarukan, seperti yang mengurusi panel surya atau kincir angin,  peneliti yang membuat baterai lebih efisien dan ramah lingkungan, dan pekerjaan di bidang pertanian organik yang tidak hanya baik untuk bumi, tetapi juga untuk kesehatan kita.

Dengan bekerja di bidang yang membantu mengurangi emisi dan dampak negatif ke lingkungan, secara tidak langsung kita ikut berkontribusi dalam usaha global menyelamatkan bumi.

Makin banyak orang yang bekerja di bidang ini berarti makin banyak usaha yang dilakukan untuk mengatasi krisis iklim. 

#GoGreenJobs juga bisa jadi solusi mengatasi masalah pengangguran.

Investasi yang benar di sektor-sektor hijau bisa membuka banyak peluang kerja baru. Jadi, bukan bumi saja yang untung, tetapi juga banyak orang bisa mendapat pekerjaan yang layak dan bermakna.

Di Indonesia, potensi untuk pengembangan Green Jobs sangatlah besar. Dengan keanekaragaman hayati dan sumber daya alam yang melimpah, peluang untuk menciptakan pekerjaan yang tidak hanya menguntungkan secara ekonomi tapi juga ramah lingkungan terbuka lebar.

Pekerjaan Ramah Lingkungan di greenjobs.id

Green Jobs Pekerjaan Ramah Lingkungan
Cara Menjaga Lingkungan dan Menekan Climate Crisis | Foto: Umnat Seebuaphan

Untuk cari tahu tentang pekerjaan ramah lingkungan ini, kamu bisa main ke greenjobs.id.

Di greenjobs.id, kamu bisa memperoleh segala macam info baik untuk yang akan memulai maupun yang ingin memperdalam pekerjaan ramah lingkungan. 

Ada referensi, publikasi, dan FAQ buat kamu yang masih meraba-raba apa itu Green Jobs.

Selain itu, ada info mengenai kursus atau MOOC (Massive Open Online Courses) untuk menambah ilmu tentang lingkungan atau teknologi ramah lingkungan.

Ada juga info tentang lembaga pendidikan atau sertifikasi yang membantu kamu lebih siap terjun ke dunia pekerjaan ramah lingkungan ini.

Di greenjobs.id ada panduan video tentang Green Jobs, materi komunikasi yang bisa diunduh, dan yang paling seru: forum matchmaking.

Kamu bisa menemukan lowongan kerja, pemberi kerja, investor, sampai start-up yang bergerak di bidang hijau. Kamu juga bisa membaca cerita sukses mereka yang berhasil di bidang Green Jobs, sehingga memotivasi kamu untuk terus maju dan berinovasi.

Plus, ada komunitas Green Jobs yang terdiri dari berbagai pemangku kepentingan, mulai dari lembaga publik, akademisi, sektor swasta/industri, organisasi masyarakat sipil, dan media massa.

Intinya, greenjobs.id merupakan platform untuk kamu yang ingin berkarier dan berkontribusi pada perubahan yang berkelanjutan.

Kunjungi greenjobs.id dan mulailah perjalanan kamu di dunia Green Jobs. 

***

Nih buat jajan